Pertanyaan
Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran - Lalu apa arti SEM dalam pembelajaran PJOK dilihat dari sudut pandang Bapak/Ibu Guru? C Apa manfaat pembelajaran SEM untuk peserta didik? C Apa manfaat pembelajaran SEM untuk guru peserta didik dan-pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran SEM kedepannya/kehidupan sehari-hari Apa peran Bapak/Ibu dalam pembelajaran PJOK melalui SEM? Apa peran murid dalam pembelajaran PJOK melalui SEM?
Jawaban
Diskusi tentang SEM dalam Pembelajaran PJOK
1. Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran?
* Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi: SEM mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penerima informasi. Hal ini meningkatkan motivasi belajar dan rasa memiliki terhadap materi.
* Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: SEM menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran, dengan guru sebagai fasilitator. Siswa dapat belajar dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
* Mengembangkan Keterampilan Berharga: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan penting seperti komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir kritis. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
* Pembelajaran yang Menyenangkan dan Bermakna: SEM dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna dengan melibatkan aktivitas yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa.
* Evaluasi yang Lebih Komprehensif: SEM memungkinkan guru untuk menilai pemahaman siswa secara lebih komprehensif, tidak hanya melalui tes tertulis, tetapi juga melalui observasi, portofolio, dan presentasi.
2. Arti SEM dalam pembelajaran PJOK dari sudut pandang Bapak/Ibu Guru:
* Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aktif: SEM dalam PJOK dapat melibatkan siswa dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang, seperti permainan, olahraga, dan aktivitas luar ruangan.
* Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Pengalaman: SEM memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung, seperti bermain, berlatih, dan berkompetisi.
* Mengembangkan Keterampilan Motorik dan Kesehatan: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik, koordinasi, keseimbangan, dan kebugaran fisik.
* Mempromosikan Kerja Sama dan Sportivitas: SEM mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim, menghargai lawan, dan menunjukkan sportivitas.
3. Manfaat pembelajaran SEM untuk peserta didik:
* Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Kebugaran: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik, koordinasi, keseimbangan, dan kebugaran fisik.
* Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Emosional: SEM mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan mengatasi tantangan.
* Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Keberanian: SEM memberikan kesempatan bagi siswa untuk mencoba hal baru, mengatasi ketakutan, dan meningkatkan rasa percaya diri.
* Meningkatkan Kesenangan dan Motivasi Belajar: SEM membuat pembelajaran PJOK lebih menyenangkan dan bermakna, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa.
4. Manfaat pembelajaran SEM untuk guru, peserta didik, dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran SEM kedepannya/kehidupan sehari-hari:
* Guru: SEM membantu guru untuk lebih memahami kebutuhan dan minat siswa, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
* Peserta Didik: SEM membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan penting yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
* Pihak-pihak yang terlibat: SEM dapat membantu membangun komunitas yang lebih sehat dan aktif, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
5. Peran Bapak/Ibu dalam pembelajaran PJOK melalui SEM:
* Memfasilitasi dan Membimbing: Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, membantu siswa dalam memahami konsep, mengembangkan keterampilan, dan menyelesaikan masalah.
* Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman dan Menyenangkan: Guru bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan mendukung bagi semua siswa.
* Memilih dan Merancang Aktivitas yang Relevan: Guru harus memilih dan merancang aktivitas yang relevan dengan kebutuhan dan minat siswa, serta mendukung tujuan pembelajaran.
* Mengevaluasi dan Memberikan Umpan Balik: Guru harus mengevaluasi kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka belajar dan berkembang.
6. Peran murid dalam pembelajaran PJOK melalui SEM:
* Aktif Berpartisipasi: Siswa harus aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, bertanya, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas.
* Bekerja Sama dalam Tim: Siswa harus bekerja sama dalam tim, saling mendukung, dan menghargai kontribusi masing-masing anggota.
* Menunjukkan Sportivitas: Siswa harus menunjukkan sportivitas, menghormati lawan, dan menerima kekalahan dengan lapang dada.
* Menjadi Pembelajar yang Mandiri: Siswa harus belajar untuk menjadi pembelajar yang mandiri, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, dan terus belajar dan berkembang.
Kesimpulan:
SEM merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran PJOK. SEM dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mengembangkan keterampilan penting, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermakna. Peran guru dan siswa sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran SEM. Dengan kerja sama yang baik, SEM dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.
Pertanyaan Panas lebih
Menurut lafal tersebut, Allah Swt. akan meninggikan derajat orangorang yang.... a. beriman dan berilmu b. menunaikan shalat dan membayar zakat c. meng
Konstimsi wahin bakar di Indonesta mengalami peningkatan. Peningkatan tni terjadi seiring meningkatnya jumlah kendaraan pribadi. Keadaan tersebut tent
erhatikan pernyataanpernyataan berikut ! Adanya faktor tertentu pokok Terdapat pola perilaku Perilaku anggota memengaruhi anggota lain 4) Memiliki str
Pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan perilakuroja' adalah... A. Pak Dadang selalu selalu berdoa dan berharap kepada Allah agar usahanya terus
Sebutkan ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia! Jawab: Jelaskan maksud perkembangan sistem teknologi dan derasnya g
Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa cara yang tepat adalah melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu Unesco mencana
Berikut yang bukan menjadi penyebab suatu kolektivitas menjadi agresif adalah ..... a. diperakukan tidak adil b. ada ancaman dari luar c. frustasi dal
Apa yang dimaksud dengan Vedanta dalam konteks Upanișad? (A) Kitab suci Upaniṣad B Brahman yang tak terpikirkan C Sumber kebahagiaan sesungguhnya (D)
yang adil dan makmur, merupakan pengamalan sila .... 8. Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu merupakan pengamalan sila 9. Bagus adalah pemeluk agam
berangkat ke puncak gunung. Mereka tiba di sana di waktu malam hari. Alangkah kagetnya mereka ketika mereka mengintip bukan ular yang dilihatnya, teta
Perhatikan hal-hal berikut! (1) Menjadi awal tumbuhnya kesadaran untuk hidup berbangsa dan bernegara. (2) Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa p
A. Berilah tanda sllang (x) pada huruf a,b,c , atau d di depan jawaban yang paling benar! Menurut asal katanya, kata globalisasi "sendiri Eerasal darí
Perhatikan pernyataan berikut ini ! Perzinaan terjadi secara terang-terangan. Minuman keras merajalela Al-Qur'an lenyap dari mushaf dan hati umat manu
(17) Bacalah cerita berikut! A)ah mengumpulkan semaa anggota keluarga. Avah menyampaikan kepada semua anggota keluarga terutama kepada anak-anaknya ba
Soal 30. Perkembangan globalisasi membuat persebaran informasi menjadi sangat cepat dan tidak terkontrol. Masyarakat sulit membedakan mana informasi y