Pertanyaan
Bu Aulin sedang menyusun modul ajar Penpelolan Sumber kalles NII bagian awal dituliskan capaian pembelajaran pada bagian persiapas pembelajaran dituliskan : ketenagakerjan prosedur administras perencanaan, perchasilan pengenthanga karyawan Selain itu juga ditulis tentang asesmen dingmostik tersebut, apaka Tepat karena dituliskan capaine penibelajaran manik regulasi sebagai dasar pelaksanan kemudian perencanan sampe mengetahui kondisi anwal peserta didik aga pembelajaran lehil bermakas
Jawaban
1. Capaian Pembelajaran:
* Kejelasan: Capaian pembelajaran harus dirumuskan dengan jelas dan spesifik. Contohnya, "Peserta didik mampu menjelaskan prosedur administrasi perencanaan ketenagakerjaan" lebih baik daripada "Ketenagakerjaan prosedur administrasi perencanaan".
* Keterkaitan: Capaian pembelajaran harus terkait dengan materi yang akan dipelajari dalam modul.
* Tingkat Kesulitan: Pertimbangkan tingkat kesulitan capaian pembelajaran sesuai dengan level peserta didik.
2. Persiapan Pembelajaran:
* Keterkaitan: "Ketenagakerjaan prosedur administrasi perencanaan, perchasilan pengenthanga karyawan" terlihat seperti daftar poin yang tidak terhubung. Usahakan untuk membuat kalimat yang lebih koheren dan menjelaskan hubungan antar poin.
* Asesmen Diagnostik: Asesmen diagnostik penting untuk mengetahui kondisi awal peserta didik. Namun, perlu dijelaskan bagaimana asesmen diagnostik tersebut akan dilakukan (misalnya, melalui tes tertulis, observasi, atau wawancara).
3. Regulasi dan Perencanaan:
* Keterkaitan: Menjelaskan regulasi sebagai dasar pelaksanaan dan perencanaan adalah langkah yang tepat. Namun, perlu dijelaskan secara spesifik regulasi apa yang akan dibahas dan bagaimana kaitannya dengan materi modul.
* Kondisi Awal Peserta Didik: Menentukan kondisi awal peserta didik sangat penting untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Jelaskan bagaimana Bu Aulin akan mengidentifikasi kondisi awal peserta didik dan bagaimana informasi tersebut akan digunakan dalam proses pembelajaran.
Saran:
* Struktur Modul: Struktur modul ajar harus jelas dan mudah dipahami. Pertimbangkan untuk menggunakan format yang lebih terstruktur, seperti:
* Pendahuluan: Menjelaskan tujuan, manfaat, dan ruang lingkup modul.
* Materi Pembelajaran: Membahas materi secara sistematis dan terstruktur.
* Kegiatan Pembelajaran: Menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan peserta didik selama proses pembelajaran.
* Penilaian: Menjelaskan metode penilaian yang akan digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran.
* Bahasa: Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik.
* Contoh dan Ilustrasi: Gunakan contoh dan ilustrasi yang relevan untuk memperjelas materi.
Kesimpulan:
Modul ajar Bu Aulin memiliki potensi yang baik, namun perlu diperbaiki agar lebih terstruktur, jelas, dan mudah dipahami. Dengan melakukan revisi berdasarkan saran di atas, modul ajar akan lebih efektif dalam membantu peserta didik mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.
Pertanyaan Panas lebih
Penulisan singkatan sampai dengan yang benar adalah. . . A: Baca halaman 11 s/d 20 buku ini! B: Baca halaman 11 s.d. 20 buku ini! C: Baca halaman 11 s
Sing kalebu jinis tembang dolanan yaiku... A: Gambuh B: Gajah-gajah C: Megatruh D: Kinanthi
Laporan Hasil Reviu (LHR) disajikan dalam bentuk surat yang intinya memuat.. A: Pernyataan reviu B: Opini LK C: Kendala yang dihadapi selama reviu D:
Cermati ilustrasi berikut! (1) Ponco: Bi, modal untuk jualan besok masih kurang, pinjami aku ya. Aku janji tepat waktu untuk mengembalikannya. (2) Rob
Cermati kutipan berikut! Sudah dua hari ini hati Alya berbunga-bunga. Setiap ketemu temannya dia selalu menyapa terlebih dahulu. Semua temannya heran
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 10! Kelelawar Pengecut Di sebuah padang rumput ada seekor singa sedang menyantap daging. Tiba-tiba,
16.Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur surat pribadi adalah… A. Tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, tujuan surat, salam pembuka, isi
Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk A: Cerita B: Kisah C: Kehidupan D: Narasi E: Deskripsi
Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat pasif! Naura membeli baju di sebuah toko. A: Toko dibeli baju oleh Naura. B: Naura di sebuah toko membeli
Cermati ilustrasi proposal berikut! Untuk mengisi liburan, teman-teman satu kelas akan melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pasar murah di desa.
Ing ngisor iki unsur instrinsik crita legendha, kajaba.... A: Irah-irahan B: Tema C: Paraga D: Alur
Struktur teks cerpen yang lengkap yaitu .... A: orientasi - rangkaian peristiwa - komplikasi - resolusi B: orientasi - komplikasi - resolusi - koda C:
Cerprn adalah ... . A: cerita pendek yang merupakan teks fiksi, yang biasanya mempunyai satu tokoh utama sebagai pusat dalam cerita, dan panjang cerit
Model mobil-mobilan sederhana dibuat dari .... A: papan triplek B: papan plastik C: kardus bekas D: sedotan bekas
Bacalah kalimat rumpang berikut! Mana mungkin engkau yang malas bisa masuk sekolah unggulan, hal itu seperti engkau sedang .... Peribahasa yang tepat