Pertanyaan
3. Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu: 1)sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, 2)unggulan atau sekolah nasional dasar luar biasa (SDLB) dan4) sekolah dasar inklusi. Coba saudara evaluasi bentuk penyelenggaraan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar luar biasa (SDLB)!
Jawaban
Evaluasi Bentuk Penyelenggaraan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)
1. Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah:
Kelebihan:
* Aksesibilitas: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya mudah diakses oleh masyarakat luas, baik dari segi lokasi maupun biaya.
* Kurikulum: Kurikulum yang diterapkan umumnya terstruktur dan terstandarisasi, sehingga memberikan dasar pendidikan yang kuat bagi siswa.
* Sumber Daya: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya memiliki sumber daya yang memadai, seperti tenaga pengajar, fasilitas, dan buku pelajaran.
* Tradisi: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah memiliki tradisi yang kuat dalam pendidikan, sehingga dapat memberikan nilai-nilai budaya dan moral yang positif kepada siswa.
Kekurangan:
* Keterbatasan Individual: Kurikulum yang terstandarisasi mungkin tidak dapat mengakomodasi kebutuhan individual siswa yang beragam.
* Kurangnya Perhatian Terhadap Kebutuhan Khusus: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah mungkin tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus.
* Keterbatasan Inovasi: Sistem pendidikan yang terstruktur dapat menghambat inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran.
2. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB):
Kelebihan:
* Fokus pada Kebutuhan Khusus: SDLB dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas, sehingga dapat memberikan pendidikan yang lebih efektif dan terarah.
* Tenaga Pengajar Spesialis: SDLB umumnya memiliki tenaga pengajar yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani siswa dengan kebutuhan khusus.
* Fasilitas Khusus: SDLB dilengkapi dengan fasilitas khusus yang mendukung pembelajaran siswa dengan disabilitas, seperti alat bantu belajar, ruang terapi, dan aksesibilitas.
* Dukungan Sosial: SDLB dapat memberikan dukungan sosial dan emosional yang penting bagi siswa dengan disabilitas, sehingga mereka dapat merasa diterima dan dihargai.
Kekurangan:
* Aksesibilitas Terbatas: SDLB mungkin tidak tersedia di semua daerah, sehingga siswa dengan disabilitas di daerah terpencil mungkin kesulitan mengakses pendidikan.
* Biaya: Biaya pendidikan di SDLB mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah, sehingga tidak semua orang tua mampu membiayainya.
* Stigma: Siswa dengan disabilitas mungkin menghadapi stigma sosial di masyarakat, sehingga mereka merasa terisolasi dan tidak percaya diri.
Kesimpulan:
Kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah memberikan akses pendidikan yang luas dan terstruktur, sementara SDLB memberikan pendidikan yang lebih terfokus pada kebutuhan khusus siswa dengan disabilitas. Penting untuk memilih bentuk penyelenggaraan pendidikan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
Saran:
* Peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan di SDLB untuk memastikan bahwa semua siswa dengan disabilitas dapat mengakses pendidikan yang berkualitas.
* Pengembangan kurikulum yang lebih inklusif di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah untuk mengakomodasi kebutuhan individual siswa yang beragam.
* Peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan inklusif untuk mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap siswa dengan disabilitas.
Pertanyaan Panas lebih
5. Keimanan yang kuat merupakan benteng utama agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, Berikan alasannya!
18.Berikut isi kandungan Al qur'an Al karim yakni ? a ratapan jamaah b. pembersihan Jiwa raga dari nafsu dunia c. sucikan hari sabat d. jangan meningi
21. Potongan Q.S al-Isrâ: 55 tersebut menjelaskan tentang __ 1) Allah Swt.menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as 2) Allah Swt.menurunkan kitab Za
16. "tanda-tanda bagi orang yang berakal" art ayat Al-Guran tersebut dari penggalan ayat Al-Quran __ youll sts 13 tersebut dalam ilmu tajwid dibaca __
C. Tulis Tembaga negara yang 3. Tulis salah satu tugas Dewan Perwakilan Dacrah DPD __
33. Berikut pernyataan tentang salah satu kedudukan Al Qur'an yaitu A. Menambah kebenaran kitab terdahulu B. Menyempurnal kan kitab terdahulu C. Mengu
Isi kandungan surat Az-zukhrf ayat 13 adalah __ a.Allah SWT, menundukan alam semesta untuk manusia b.Langit dan bumi diciptakan oleh Allah SWT untuk m
14 Perhatikan narasi berikut "Kitab ini diturunkan di daerah Yerusalem sekitar sepuluh abad sebelum maschi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Qibti.
A. Pilihlah satu jawaban yang benar. 1. Nilai utama yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah nilai __ A. kemanusiaan D. persatuan B. keraky
Badan organisasi yang mengurus persepakbolaan Nasional adalah __ BOPI PBSI PSSI FIFA 5 poin
Keterkaitan antara berpikir kritis dengan ciri orang yang berakal (ulil Albab) sesuai dengan pesan Qs ,Ali Imron ayat 190-191 adalah __ Melanjutkan pe
19. Sikap seseorang yang senantiasa melakukan hal yang melanggar norma-norma agama disebut __ 8 a. orang baik b. orang fasiq c. orang munafiq d. orang
Perhatikan pernyataan berikut ini! 1) mengikuti kajian yang mengajarkan kebenaran 2)memalingkan kepala jika diajak berbuat maksiat 3) berikhtiar untuk
__ demokrasi Pancasila di Indonesia?Apakah sudah sesuai dengan __
A MA ISL AM 34 aswered ut of 1.00 uestion Dibawah in yang bukan merupakan bagian dan hukum bacaan nun mati/sukun dan tanwin adalah __ Select one: a Iq