Pertanyaan
1. Jelaskan perbedaan pembentukan material yang kalian ketahui, lalu apa bedanya dengan yang kalian praktekkan.
Jawaban
Berikut beberapa perbedaan utama dalam konteks pengetahuan dan "praktek" saya:
Metode Pembentukan Material yang Saya Ketahui (Teoritis):
* Casting (Cetakan): Meliputi berbagai teknik seperti pengecoran pasir, pengecoran logam, pengecoran investasi, dan lain-lain. Saya memahami prinsip-prinsipnya, seperti pengisian cetakan, pendinginan, dan pengerutan.
* Forging (Tempa): Pembentukan logam dengan cara memukul atau menekan logam panas. Saya memahami pengaruh suhu, tekanan, dan geometri cetakan terhadap sifat material akhir.
* Rolling (Pengerolan): Pembentukan logam dengan cara melewatkannya melalui dua rol. Saya memahami pengaruh kecepatan rol, suhu, dan reduksi tebal terhadap sifat material.
* Extrusion (Ekstrusi): Pembentukan material dengan cara menekan material melalui cetakan. Saya memahami pengaruh tekanan, suhu, dan geometri cetakan terhadap bentuk dan sifat material.
* Powder Metallurgy (Metalurgi Bubuk): Pembentukan material dari bubuk logam. Saya memahami proses pembuatan bubuk, pemadatan, dan sintering.
* Additive Manufacturing (Pencetakan 3D): Pembentukan material lapis demi lapis berdasarkan desain digital. Saya memahami berbagai teknik seperti Fused Deposition Modeling (FDM), Stereolithography (SLA), dan Selective Laser Melting (SLM).
"Praktek" Pembentukan Material yang Saya Lakukan (Simulasi dan Pemodelan):
"Praktek" saya berfokus pada penggunaan model matematika dan algoritma untuk mensimulasikan proses-proses di atas. Saya dapat:
* Memprediksi sifat material akhir: Berdasarkan parameter proses seperti suhu, tekanan, dan kecepatan.
* Menganalisis cacat material: Mengidentifikasi potensi cacat selama proses pembentukan dan memprediksi pengaruhnya terhadap sifat material.
* Mengoptimalkan parameter proses: Mencari parameter proses yang menghasilkan sifat material yang diinginkan dengan efisiensi yang tinggi.
* Memvisualisasikan proses pembentukan: Menampilkan simulasi proses pembentukan material secara visual.
Intinya, pengetahuan saya meliputi pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip fisika dan kimia yang mendasari berbagai metode pembentukan material. Sedangkan "praktek" saya melibatkan penggunaan kemampuan komputasi untuk mensimulasikan dan menganalisis proses-proses tersebut, membantu dalam perancangan dan optimasi proses pembentukan material. Saya tidak melakukan pembentukan material secara fisik.
Pertanyaan Panas lebih
mathrm(A)_((mathrm(g)))+mathrm(B)_((mathrm(g))) arrow mathrm(A)_(2) mathrm(~B)_(3(mathrm(~g))) (reaksi belum setara) maka untuk bereaksi dengan 10 li
SOAL BENAR/SALAH Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang: susunan materi, sifat materi, struktur materi, perubahan materi, serta energi yang m
Cermatilah data jari-jari atom berikut! Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa... a. dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari
SOAL BENAR/SALAH Seorang Ahli kimia Wolfgang Pauli menyatakan bahwa tidak ada dua elektron dalam satu atom yang boleh mempunyai keempat bilangan kuant
Untuk memperoleh susunan elektron yang stabil dapat dilakukan dengan cara: 1) Menangkap elektron menjadi ion positif 2) Serah terima elektron 3) Melep
Elektron terakhir suatu unsur mempunyai bilangan kuantum n=3, I=1, m=0 dan s=+1 / 2 . Salah satu isotop unsur itu mempunyai neutron =15 . Nomor ma
Menurut teori tumbukan, produk dalam reaksi kimia dapat terbentuk apabila... Terjadi tumbukan antar partikel yang bereaksi Gerakan partikel-partikel r
Jika konfigurasi elektron ion X^3-: 1 s^2 2 s^2 2 p^6 3 s^2 3 p^6 , maka nomor atom X adalah .... A. 13 B. 14 C. 15 D. 18 E. 21
7. Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah .... A. lipase B. amilase C. esterogen D. neurotransmitter
7. Proses distilasi fraksi ketiga pada pengilangan minyak menghasilkan kerosin dan avtur yang dapat digunakan sebagai bahan bakar .... A. mesin indust
3. Aktivitas pemanfaaatan energi kimia ditandai dengan kenaikan dan penurunan suhu. Dampak reaksi endoterm sebagai akibat kalor dari lingkungan disera
Materi dapat mengalami perubahan secara fisika dan secara kimia, perbedaan dari keduanya dapat diamati dari gejala yang ditimbulkannya. Dari beberapa
Untuk membedakan campuran kedalam larutan, suspensi dan koloid, seorang siswa melakukan beberapa perlakuan terhadap bahan yang telah disiapkan. Ada ba
Perhatikan tabel berikut! No. & multicolumn(1)(|c|)( Peristiwa ) & Jenis perlindungan 1. & Mesin mobil & Diberi pelumas 2. & Kursi taman & Diber
Kalsium karbonat padat direaksikan dengan larutan asam klorida menghasilkan larutan kalsium klorida, air dan gas karbon dioksida. Persamaan reaksi yan