Pertanyaan
Pendekatan pembelajara n adalah proses yang dilakukan guna membuat siswa secara aktif dalam mengikut pembelajaran. Sesuai dengan tujuan pembelajar an sains di Sekolah Dasar. Ada beberapa pendekatan pembelajar an yang telah dipelajari. Bedakanlah antara Pendekatan Proses dengan Pendekatan Terpadu!
Jawaban
Perbedaan Pendekatan Proses dan Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar
Pendekatan Proses dan Pendekatan Terpadu merupakan dua pendekatan pembelajaran yang umum diterapkan dalam pembelajaran sains di Sekolah Dasar. Berikut adalah perbedaan keduanya:
1. Fokus Pembelajaran:
* Pendekatan Proses: Berfokus pada proses ilmiah yang melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data, dan menarik kesimpulan.
* Pendekatan Terpadu: Berfokus pada integrasi berbagai disiplin ilmu dalam satu tema atau topik tertentu. Misalnya, mempelajari tentang ekosistem dapat melibatkan ilmu biologi, kimia, dan geografi.
2. Aktivitas Pembelajaran:
* Pendekatan Proses: Aktivitas pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman langsung siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah. Contohnya, melakukan percobaan, mengamati tumbuhan, atau membuat model.
* Pendekatan Terpadu: Aktivitas pembelajaran lebih menekankan pada hubungan antar disiplin ilmu dan bagaimana konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu saling berkaitan. Contohnya, mempelajari tentang siklus air yang melibatkan konsep fisika, kimia, dan geografi.
3. Peran Guru:
* Pendekatan Proses: Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam melakukan kegiatan ilmiah dan mengarahkan mereka untuk menemukan sendiri jawaban atas pertanyaan mereka.
* Pendekatan Terpadu: Guru berperan sebagai integrator yang menghubungkan berbagai disiplin ilmu dalam satu tema dan membantu siswa memahami hubungan antar konsep.
4. Tujuan Pembelajaran:
* Pendekatan Proses: Tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan proses ilmiah siswa, seperti mengamati, menanya, dan menganalisis data.
* Pendekatan Terpadu: Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep sains dengan menghubungkan berbagai disiplin ilmu dan melihat fenomena alam secara holistik.
5. Contoh Penerapan:
* Pendekatan Proses: Siswa melakukan percobaan untuk mempelajari tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan pelarutan gula.
* Pendekatan Terpadu: Siswa mempelajari tentang ekosistem sungai yang melibatkan konsep biologi, kimia, dan geografi.
Kesimpulan:
Pendekatan Proses dan Pendekatan Terpadu memiliki fokus dan tujuan pembelajaran yang berbeda. Pendekatan Proses lebih menekankan pada pengembangan keterampilan proses ilmiah, sedangkan Pendekatan Terpadu lebih menekankan pada pemahaman konsep sains secara holistik. Kedua pendekatan ini dapat saling melengkapi dan digunakan secara efektif dalam pembelajaran sains di Sekolah Dasar.
Pertanyaan Panas lebih
5. Keimanan yang kuat merupakan benteng utama agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas, Berikan alasannya!
18.Berikut isi kandungan Al qur'an Al karim yakni ? a ratapan jamaah b. pembersihan Jiwa raga dari nafsu dunia c. sucikan hari sabat d. jangan meningi
21. Potongan Q.S al-Isrâ: 55 tersebut menjelaskan tentang __ 1) Allah Swt.menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as 2) Allah Swt.menurunkan kitab Za
16. "tanda-tanda bagi orang yang berakal" art ayat Al-Guran tersebut dari penggalan ayat Al-Quran __ youll sts 13 tersebut dalam ilmu tajwid dibaca __
C. Tulis Tembaga negara yang 3. Tulis salah satu tugas Dewan Perwakilan Dacrah DPD __
33. Berikut pernyataan tentang salah satu kedudukan Al Qur'an yaitu A. Menambah kebenaran kitab terdahulu B. Menyempurnal kan kitab terdahulu C. Mengu
Isi kandungan surat Az-zukhrf ayat 13 adalah __ a.Allah SWT, menundukan alam semesta untuk manusia b.Langit dan bumi diciptakan oleh Allah SWT untuk m
14 Perhatikan narasi berikut "Kitab ini diturunkan di daerah Yerusalem sekitar sepuluh abad sebelum maschi. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Qibti.
A. Pilihlah satu jawaban yang benar. 1. Nilai utama yang terkandung dalam sila pertama Pancasila adalah nilai __ A. kemanusiaan D. persatuan B. keraky
Badan organisasi yang mengurus persepakbolaan Nasional adalah __ BOPI PBSI PSSI FIFA 5 poin
Keterkaitan antara berpikir kritis dengan ciri orang yang berakal (ulil Albab) sesuai dengan pesan Qs ,Ali Imron ayat 190-191 adalah __ Melanjutkan pe
19. Sikap seseorang yang senantiasa melakukan hal yang melanggar norma-norma agama disebut __ 8 a. orang baik b. orang fasiq c. orang munafiq d. orang
Perhatikan pernyataan berikut ini! 1) mengikuti kajian yang mengajarkan kebenaran 2)memalingkan kepala jika diajak berbuat maksiat 3) berikhtiar untuk
__ demokrasi Pancasila di Indonesia?Apakah sudah sesuai dengan __
A MA ISL AM 34 aswered ut of 1.00 uestion Dibawah in yang bukan merupakan bagian dan hukum bacaan nun mati/sukun dan tanwin adalah __ Select one: a Iq