AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Ilmu Sosial / Bagaimana perkembangan pola berpikir manusia pada Abad Modern dan Telaskan

Pertanyaan

Bagaimana perkembangan pola berpikir manusia pada Abad Modern dan Telaskan
zoom-out-in

Bagaimana perkembangan pola berpikir manusia pada Abad Modern dan Telaskan

Tampilkan lebih banyak
106
Jawaban
4.7 (221 suara)
avatar
Neeta elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

Perkembangan pola pikir manusia pada Abad Modern dan Era Digital mengalami transformasi signifikan. Perbedaannya terletak pada akses informasi, kecepatan penyebaran ide, dan cara kita berinteraksi dengan dunia.

Abad Modern (kira-kira abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-20):

* Rasionalisme dan Empirisme: Pola pikir abad modern ditandai oleh dominasi rasionalisme (penalaran logis) dan empirisme (pengalaman indrawi) sebagai metode utama untuk memahami dunia. Ilmiah menjadi landasan utama dalam mencari kebenaran, menggeser kepercayaan yang sebelumnya lebih bergantung pada agama atau tradisi. Penemuan ilmiah dan teknologi baru mendorong perkembangan pemikiran yang lebih sistematis dan objektif.
* Individualisme: Munculnya kesadaran individu yang lebih kuat. Fokus bergeser dari komunitas dan hierarki sosial menuju kebebasan individu, hak asasi manusia, dan pencapaian pribadi.
* Linearitas: Pemikiran cenderung linear dan progresif. Perkembangan dianggap sebagai proses yang terus maju dan meningkat secara bertahap.
* Akses Informasi Terbatas: Akses informasi terbatas pada buku, surat kabar, dan perpustakaan. Penyebaran informasi relatif lambat.


Era Digital (kira-kira pertengahan abad ke-20 hingga sekarang):

* Konektivitas dan Globalisasi: Internet dan teknologi digital menghubungkan manusia di seluruh dunia. Informasi tersebar dengan cepat dan mudah diakses. Globalisasi memperluas perspektif dan pemahaman kita tentang budaya dan ide-ide yang berbeda.
* Pemikiran Non-Linear: Era digital mendorong pemikiran yang lebih non-linear dan kompleks. Kita dihadapkan pada informasi yang melimpah dan beragam, membutuhkan kemampuan untuk memproses informasi dari berbagai sumber dan perspektif secara simultan.
* Kolaborasi dan Partisipasi: Teknologi digital memfasilitasi kolaborasi dan partisipasi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Orang-orang dapat berbagi ide, berkolaborasi dalam proyek, dan berpartisipasi dalam diskusi publik secara online.
* Pembelajaran Sepanjang Hayat: Akses mudah ke informasi dan sumber daya pendidikan online mendorong pembelajaran sepanjang hayat. Individu dapat terus belajar dan mengembangkan keterampilan mereka sepanjang hidup.
* Informasi Berlebih (Information Overload): Meskipun akses informasi meningkat, kita juga menghadapi tantangan "information overload". Kemampuan untuk menyaring informasi yang relevan dan akurat menjadi sangat penting.
* Ketergantungan Teknologi: Ketergantungan pada teknologi digital juga menimbulkan tantangan, seperti kecenderungan untuk berpikir dangkal, kurangnya interaksi tatap muka, dan potensi manipulasi informasi.


Kesimpulan:

Perkembangan pola pikir manusia dari Abad Modern ke Era Digital menunjukkan pergeseran dari pemikiran yang lebih linear, rasional, dan individualistis menuju pemikiran yang lebih kompleks, kolaboratif, dan global. Meskipun teknologi digital menawarkan peluang luar biasa untuk pembelajaran dan koneksi, kita juga perlu mengembangkan kemampuan kritis untuk menavigasi informasi yang melimpah dan mengatasi tantangan yang muncul dari ketergantungan teknologi. Kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif, dan adaptif menjadi semakin penting dalam era digital ini.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Rencananya, ... itu akan diterapkan untuk daerah yang sudah aman dari krisis setelah melalui banyak uji coba. keputusan kebijakan penelitian kolaboras

9. Pada saat salat jamaah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah.... A. Menegur ima

7. Pernyataan yang tepat mengenai teknik pengumpulan data observasi adalah ... a. Informasi atau data yang diperoleh bersifat faktual. b. Waktu pelaks

5. Bagaimana cara menanamkan sikap rendah hati, menjauhkan diri dari perilaku sombong dan takabur dalam kehidupan sehari-hari?

Beberapa peserta yang mengikuti rapat memiliki .... yang berbeda terhadap permasalahan yang sedang didiskusikan. saran hasil perspektif kesimpulan

5. Uji Pemahaman a. Apakah yang dimaksudkan "Membangun Kesepakatan Bersama"? b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? c. Apakah kalian terlibat

10. Dalam menyampaikan pendapatnya, masyarakat dituntut agar penyampaiannya sesuai dengan asas keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pernyataan berik

1. Pernyataan yang tepat mengenai penelitian sosial adalah... a. Penelitian sosial mengkaji peristiwa masa lalu berdasarkan fakta di lapangan. b. Pene

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat. Pak Hendrik membeli dua buah motor setahun lalu. Motor pertama ia pakai untuk kegiatan sehari-hari dan mo

3. Kewajiban adalah sesuatu yang melekat pada hidup manusia. Kewajiban itu luhur dan berwibawa. Jelaskan arti pernyataan tersebut.

13. Sistem ekonomi campuran diterapkan untuk menyeimbangkan peran antara pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Karakteristik sistem ekonom

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar ..... di Bogor yang bertajuk Kebangkitan Mahasiswa diikuti 115 orang dari 46 perguruan tinggi d

7. Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan .... A. jasa D. ekstrak

19. Perhatikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan berikut! 1) Kebangsaan 2) Keterbukaan 3) Keseimbangan 4) Kejelasan rumusan 5) Bhinne

10. Hasil observasi langsung biasa ditulis dalam sebuah formulir pencatatan. Jelaskan tujuan pemakaian formulir tersebut! Jawab: