Pertanyaan
26. Bacalah kutipan berikut! sekelasnya yang 37 Nam harinya, Mimi membawa notes kecil dan menuliskan nama-nama orang itu itu tidak kukannya sebitu... Lalu, la menanya mereka satu persatu. Pekerjaan n kedua. Namun, hasilnya mengecewakan Mimi. Ternyata, tak seorang pun kawan sekelasnya suka makan kaki ayam. Sekarang Mimi mulai ragu-ragu Jangan-jangan ia yang aneh karena suka makan kaki menghentikan kegemarannya itu? menghentikan kegemarannya sekarang ia tidak makan kaki ayam lagi? Tetapi, bisakah ia Masih tengiang-ngiang di telinganya jawaban kawan-kawannya, "Ih aku sih jjik." "Ayam biasanya mencakar di tempat -tempat sampah," kata Yuli. "Ha, ha, ha, kamu suka makan kaki ayam? Kamu juga suka buntut dan kepala ayam?" goda Dani. "Ih, amit-amit seperti tak ada makanan lain sajal" kata Ine Kutipan tersebut termasuk alur bagian apakah __ A. orientasi C. resolusi B. komplikasi D. koda 27. Bacalah kutipan berikut! Si Putih, kucing pencuri itu, kini menjadi sahabat Kiki. Mulanya memang sulit untuk mendekati Putih. Kucing itu selalu curiga dan waspada la pastil lari bila didekati. Hanya bila lapar saja, ia mencari Kiki. Karena ia tahu Kiki menyediakan tulang untuknya. Namun, lama-lama kucing itu menyukai Kiki juga. Kiki satu -satunya manusia yang berlaku hangat dan manis padanya. Kini Putih berubah kucing yang bersih dan manis. la tidak lagi kumal, liar, dan sumber keributan Sampai-sampai Tante Sali pangling melihatnya. "Astaga __ Ki, ini kan kucing jahat itu!" serunya terbengong -bengong. "Sudah lama ia tak mencuri lagi!" "Soalnya Putih tak lapar lagi, Tante," sahut Kiki "Kiki memberinya makan." "Ih, baik begitu, Ki!" "Kata Ibu, kucing juga mengerti bila disayang. Kalau Kiki mau baik dan sayang pada Putih, pasti Putih juga baik dan jinak." Lama Tante Sali termangu la merasa disindir. la malu sekali. Bagaimana mungkin, selama ini ia bisa bersikap begitu kasar terhadap seekor kucing kecil yang kelaparan? Dalam teks cerita tersebut pengarang mengambil posisi __ A. terlibat dalam cerita sebagai pelaku sampingan B. terlibat dalam cerita sebagai pelaku utama C. di luar cerita sebagai serba tahu D. di luar cerita sebagai pengamat terbatas 28. Bacalah kutipan berikut! Ketika Ibu pulang dari bekerja, Kiki mengadu sambil terisak-isak. Ibu menenangkan anak satu-satunya itu dan berjanji. "Kalau Nyonya masak daging, nant Ibu bawa tulang-tulangnya pulang. Untuk kucing pencuri itu. Biar ia tidak lapar. Biar tidak mencuri lagi," kata Ibu. Ibu bekerja jadi pembantu di rumah Nyonya Maria . Sejak masih gadis Ibu sudah bekerja di sana. Ibu berhenti bekerja ketika menikah dengan bapak Kiki. Setelah suaminya meninggal, Ibu bekerja kembal di sana. Ketika tahu Ibu sering membawa pulang tulang-tulang ikan untuk kucing . Nyonya Maria malah memberi daging untuk Kiki. Nyonya keluarga kecil itu tentu jarang makan daging. Wah,daging, Bul" seru Kiki ketika melihat apa yang dibawa ibunya pulang. "Untuk si Putih?" "Ini gulai. Untuk Kiki saja." kata Ibu. "Tulang-tulangnya baru kasih si Putih." Tema cerita tersebut adalah __ A. persahabatan B percintaan C. kepedulian D religious - Asesmen Daerah SMP/MTs
Jawaban
Penjelasan
---
27. Bacalah kutipan berikut!
Dalam teks cerita tersebut pengarang mengambil posisi __
A. terlibat dalam cerita sebagai pelaku sampingan
B. terlibat dalam cerita sebagai pelaku utama
C. di luar cerita sebagai serba tahu
D. di luar cerita sebagai pengamat terbatas
Jawaban: C. di luar cerita sebagai serba tahu
Penjelasan: Pengarang dalam kutipan ini menggambarkan peristiwa dan emosi karakter-karakter dengan cara yang menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang situasi tersebut, tanpa terlibat langsung sebagai pelaku dalam cerita. Ini menunjukkan bahwa pengarang mengambil posisi di luar cerita sebagai "serba tahu".
---
28. Bacalah kutipan berikut!
Tema cerita tersebut adalah __
A. persahabatan
B. percintaan
C. kepedulian
D. religious
Jawaban: C. kepedulian
Penjelasan:** Cerita tersebut berfokus pada kepedulian Ibu terhadap kucing, Putih, dan bagaimana Ibu berusaha memastikan bahwa kucing tersebut tidak lapar dan tidak mencuri lagi. Tema utama dalam cerita ini adalah kepedulian dan perhatian yang ditunjukkan oleh Ibu terhadap hewan peliharaan mereka.
Pertanyaan Panas lebih
1. Teks deskriptif adalah a. teks yang memberikan fakta yang bersifat edukatif dan bertujuan b. cerita dengan cerita yang bermasalah, teks C. yang men
Kutipan teks untuk soal nomor 9 dan 10. melebar, dan letaknya Tonggeret memiliki panjang badan antara 0,8-6,5 cm. Bentuk kepalanya pendeandang tongger
1. Seghadu gham klasifikasi hulun si ngemik ghasa syukur di anugerah Tuhan yakdo keberadaan bahasa lampung ghik ngegunakonni sesuai jama kaidah ngidok
Asmane Prabu ana ing tembang dhandhanggul a yogyanira yaiku __ Select one: a Mangkunegara b. Baka c. Bandung bondowoso d. Jaka tarub e. Sasrabahu ing
Which of the following sentences is NOT in the simple past tense? A I watched a movie yesterday B They played football last week C ) We are going to t
Where does the story of Malin Kundang take place? A In Java B In Bali C In West Sumatra
Which verb is in the past tense? A Eat B Eats C Eating D Ate E Eaten
Isi tembang dhandhanggula kang wis di sinaoni yaiku __ Select one: a. Ora kena sombong nalika lagi sinau b. Dadi manungsa aja sombong c. Setya lan gig
3. What shall we do to day? __ we go to the canteen to have lunch? a) Shall I b) Let's c) Why don't d) Would you
Cermati paragraf berikut. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan kenyataan bahwa kwalitas air di Pariaman masih bagus .Tidak perlu takut atas risik
"Does Gallant play games on Saturdays?" The affirmative sentence of that one is __ A. Gallant play games on Saturdays B. Gallant plays games on Saturd
Complete the following dialogue! May : Hi! you're our new neighborhood, right? Jane : Oh,Hello!Yes I am Jane , nice to meet you. May : __ and what's y
a. Last week. b. Last year. c. Yesterday. d. Last month. 7. "Last week" is the example of __ a. adjective b. adverb of time c. adverb of place d. verb
3. Teks iklan biasanya dibuat dengan bahasa yang __ A. berbelit-belit B. puitis C. menarik dan persuasif D. rumit
Paraga ingkang nggadhahi jejibahan mranata lampah utawi ngatur urut-urutaning lampah sakderengipun pepanggihan kawiwitan __ A. pamupu sayembara B. pam