Pertanyaan
Petunjuk : 1. Dilarang membuka HP 2. Diwajibkan membawa peralatan masing-masing seperti Penggaris, dII (Dilarang pinjam pada saat ujian berlangsung) 3. Jawaban boleh di acak Soal: 1. Jelaskan apa tugas dan fungsi stakeholder system informasi pada sekolah SMA-X? 2. Jelaskan apa Metode yang anda gunakan dalam mengembangkan system informasi sekalah SMA-X Tersebut 3. Jelaskan Tahapan dalam merancang DFD dari system informasi sekolah SMA-X Kota Medan secara singkat,serta gambarkan secara detail hingga Level 1 4. Rancang Use-Case Diagram seluruh actor dalam 1 Use-Case Diagram.
Jawaban
---
2. Penjelasan:
Metode yang digunakan dalam mengembangkan system informasi sekolah SMA-X melibatkan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan evaluasi. Proses ini memastikan bahwa sistem memenuhi kebutuhan pengguna dan berfungsi secara efektif.
Jawaban: Metode yang digunakan adalah analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan evaluasi. Ini melibatkan identifikasi kebutuhan pengguna, merancang solusi yang sesuai, mengimplementasikan sistem, dan mengevaluasi kinerja sistem secara berkala.
---
3. Penjelasan:
Tahapan dalam merancang DFD (Diagram Alir Data) dari system informasi sekolah SMA-X meliputi identifikasi proses, pengumpulan data, dan pembuatan diagram. DFD membantu memvisualisasikan aliran data dalam sistem.
Jawaban: Tahapan dalam merancang DFD meliputi:
1. Identifikasi proses dan aktor utama.
2. Pengumpulan data yang diperlukan.
3. Pembuatan DFD Level 1 yang menunjukkan aliran data utama.
Gambarkan DFD Level 1:
- Proses utama: Sistem Informasi Sekolah
- Input: Data siswa, data guru, data kegiatan
- Output: Laporan siswa, jadwal kelas, hasil ujian
- Proses: Pengolahan data siswa, penjadwalan kelas, pelaporan hasil ujian
---
4. Penjelasan:
Use-Case Diagram adalah representasi grafis dari interaksi antara aktor dan sistem yang menunjukkan bagaimana aktor berinteraksi dengan sistem untuk mencapai tujuan tertentu. Diagram ini membantu dalam memahami fungsionalitas sistem.
Jawaban: Use-Case Diagram untuk sistem informasi sekolah SMA-X akan mencakup aktor seperti siswa, guru, staf administrasi, dan kepala sekolah. Beberapa use-case mungkin termasuk "Masuk Siswa", "Input Nilai Ujian", "Cetak Jadwal Kelas", dan "Laporkan Prestasi".
Gambarkan Use-Case Diagram:
- Aktor: Siswa, Guru, Staf Administrasi, Kepala Sekolah
- Use-Case: Masuk Siswa, Input Nilai Ujian, Cetak Jadwal Kelas, Laporkan Prestasi
---
Catatan:** Jawaban ini didasarkan pada asumsi umum mengenai sistem informasi sekolah. Jika ada informasi spesifik yang diperlukan, silakan berikan detail lebih lanjut.
Penjelasan
Stakeholder system informasi pada sekolah SMA-X adalah kelompok individu atau entitas yang memiliki kepentingan dalam sistem informasi sekolah. Mereka berfungsi sebagai pengguna akhir dari sistem tersebut dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan terkait implementasi dan penggunaan sistem.
Pertanyaan Panas lebih
Menggambarkan logika dan langkah-langkah algoritma dengan cara yang mudah dipahami oleh manusia, sebelum diimplementasikan dalam bahasa pemrograman ya
Buatlah gerbang logika dari persamaan dibawah ini : a. f=ab+a^(')b ' b. f=a^(')b+ab Buatlah tabel kebenaran dan gerbang logika rangkaian kombinasi Enk
Jelaskan konsep komputasi awan (cloud computing) dan bagaimana ia mempengaruhi cara kita menyimpan, mengelola, dan mengakses data. Berikan contoh konk
Tugas 7.1 Kerjakan tugas berikut secara berkelompok! Buatlah simbol instruksi, flowchart, dan pseudocode dari proses berikut! Seorang petugas kasir bu
Perancangan Perangkat Lunak untuk Pengukuran Waktu Kerja Menggunakan Teknologi Speech Recognition Abstrak Pengukuran waktu kerja merupakan bagian pent
Bacalah teks berikut! Dapatkah kamu menebak apa yang dilihat dan yang dijelaskan oleh tikus muda kepada ibunya? Tidak lain adalah ayam jantan. Ayam ja
Jelaskan mengenai sistem koordinat mesin dan sistem koordinat benda kerja pada mesin frais CNC! Sebutkan bagian-bagian utama mesin frais CNC ! Jelaska
32.Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama adalah.. Axonometric Dimetric Multiview Isometric Trimetrik
Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebagai berikut, kecuali a. sebab-akibat b. akibat-sebab
Perhatikan gambar berikut! Pemanfaatan teknologi pada gambar di atas tidak akan menimbulkan pengaruh negatif apabila masyarakat mampu.... a. membiasak
Jika ingin mengedit file pdf di dalam Microsoft Word, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah... Pilihan jawaban : a. Pilih Insert > Open > Choose
apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan mengapa bahasa ini diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak I
Serangakaian proses meninjau data melalui beberapa proses yang telah ditentukan sebelumnya, yang akan membantu memberikan beberapa makna pada data dan
Document, contains all of the relevant predefined information from the master data and organizational elements a. TRUE b. FALSE
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jelaskan a