Pertanyaan
xan. 3. Jelaskan perbedaan antara kurikulum pendidikan Islam integratif dan kurikulum pendidikan Islam fragmentatif. 4 Bagaimana Anda akan menilai efektivitas kurikulum nendidikan
Jawaban
Kurikulum pendidikan Islam integratif menggabungkan berbagai aspek ilmu pengetahuan dan kehidupan dalam satu kerangka yang utuh, sedangkan kurikulum pendidikan Islam fragmentatif memisahkan antara ilmu pengetahuan sekuler dan ilmu agama.
4. Bagaimana Anda akan menilai efektivitas kurikulum pendidikan?
Penjelasan:
Untuk menilai efektivitas kurikulum pendidikan, saya akan menggunakan pendekatan yang sistematis dan komprehensif. Langkah-langkah yang dapat diambil meliputi:
1. Analisis Tujuan: Menentukan tujuan utama dari kurikulum dan memastikan bahwa semua aktivitas pendidikan selaras dengan tujuan tersebut.
2. Evaluasi Materi: Menilai apakah materi yang diajarkan relevan, up-to-date, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
3. Pengamatan Kegiatan-M: Mengamati proses kegiatan belajar-mengajar di kelas untuk melihat apakah metode pengajaran efektif dalam menyampaikan materi.
4. Penilaian Hasil Belajar: Menggunakan berbagai bentuk penilaian, seperti tes, kuis, dan tugas, untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa.
5. Umpan Balik Siswa: Mengumpulkan umpan balik dari siswa mengenai pengalaman belajar mereka dan kepuasan mereka terhadap kurikulum.
6. Refleksi dan Penyesuaian: Melakukan refleksi terhadap hasil evaluasi dan melakukan penyesuaian jika diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kurikulum.
Jawaban:**
Efektivitas kurikulum pendidikan dapat dinilai melalui analisis tujuan, evaluasi materi, pengamatan kegiatan belajar-mengajar, penilaian hasil belajar, umpan balik siswa, dan refleksi serta penyesuaian.
Penjelasan
Kurikulum pendidikan Islam integratif adalah pendekatan yang menggabungkan berbagai aspek ilmu pengetahuan dan kehidupan dalam satu kerangka yang utuh. Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang holistik kepada siswa dengan mengaitkan konsep-konsep agama dengan pengetahuan umum dan keterampilan praktis. Sebagai contoh, dalam pelajaran sejarah, siswa tidak hanya mempelistiwa sejarah, tetapi juga menganalisis dampaknya dari perspektif nilai-nilai Islam.
Sebaliknya, kurikulum pendidikan Islam fragmentatif cenderung memisahkan antara ilmu pengetahuan sekuler dan ilmu agama. Dalam pendekatan ini, siswa mempelajari konsep-konsep agama secara terpisah dari mata pelajaran lainnya. Misalnya, ilmu agama diajarkan dalam satu periode khusus, sementara mata pelajaran seperti matematika, sains, dan bahasa diajarkan secara terpisah.
Pertanyaan Panas lebih
URAIAN Mabadi Khairn Ummah dapat pula disebut sebagai Al Mabadi Al Khamsah. Jelaskan pengertian Mabadi Khair Ummah? __
32.Kutbah boleh dilakukan dengan duduk saja tanpa di lakukan dengan berdiri maka disebut khotbah __ A. Jum'at B. Sholat gerhana C. Idul adh D. Nikah E
D. Malaikat E. Syaitan 26. Sepulang dari Isra' Miraj Nabi Muhammad diperintah __ A.Shalat B. Zakat C. Puasa D. Haji E. Belajar 27. Peristiwa IsraMiraj
Jika becermin antara khutbah dengan tablig yang dilakukan Rasulullah Saw , semuanya dimulai dari diri sendiri melalui sikap dan perilaku /akhlak yang
Seorang guru memberi perhatian ekstra kepada siswa yang kesulitan belajar Dengan sabar, ia memberikan penjelasan tambahan dan motivasi . Tak lama, sis
Iman dan taqwa memiliki keterkaitan yang erat dalam kehidupan seorang Muslim. Bagaimana hubungan antara iman dan taqwa? Iman lebih penting daripada ta
Kedaulatan Indonesia bersifat bulat dan tidak terbagi, artinya. __ a Kekuasaan dapat dipisah-pisahkan b Kekuasaan tertinggi ada pada rakyat c Tidak ad
Pada waktu luthfiana membaca số 53 is is Dia langsung menterjemahkan ayat tersebut yaitu: Jangan kau sakiti anak yatim Sekali kali tidak!Bahkan kamu t
4. Peng ertian dari sifat nafsiyah yang tepat a yang .... __ a. Untuk me negas ka n adanya zat Allah b. Ada pa da zat Allah c. Ti ada pada Allah d e y
Pancasila memenuhi syarat sebaga dasar negara bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan alasan- alasan sbb, kecuall Pancasila memiliki potensi m
ciri Ulul Albab adalah __ a . Menggunakan ilmu untuk kema slahatan umat b. Selalu memohon petunjuk kepada Allah C an tanda-tanda kekuasaan Allah d. Be
Iujuan pembentukan negara Indonesia adalah __ A .Menjajah negara lain B .Mencapai kesejahteraan rakyat C . Mengutamakan kepentingan golongan tertentu
Mengapa dalam lingkungan masyarakat, pengamalan Pancasila sebagai Dasar Negara gara juga perlu diterapkan? Karena belum semua warga negara memandang K
Unsur utama dari demokrasi indonesia adalah Pancasila yang memiliki makna __ Select one: Gotong royong Kemanusiaan Mufakat Ketuhanan Kesejahteraan
Habibullah sedang membaca QS. Al -Baqarah (2) : ketika membaca kalimat Laa Raiib Habibullah membacanya dengan __ A jelas B Lunak C Dengung D Samar