Pertanyaan
7. Jelaskan teori speech acts oleh J.L. Austin dan John Searle. Bagaimana teori ini membedakan antara locutionary.illocutionary, dan perlocutionary acts?
Jawaban
Austin, dalam karyanya *How to Do Things with Words*, awalnya mengidentifikasi tiga aspek tindakan tutur:
1. Locutionary act (tindakan ujaran): Ini adalah tindakan mengucapkan kata-kata tertentu dengan arti literalnya. Ini adalah aspek fisik dan semantik dari ucapan. Contoh: Mengucapkan kalimat "Saya berjanji akan datang." Ini hanya menggambarkan tindakan mengucapkan kalimat tersebut.
2. Illocutionary act (tindakan yang dilakukan melalui ujaran): Ini adalah tindakan yang dilakukan *melalui* ucapan. Ini adalah maksud atau tujuan pembicara dalam mengucapkan kalimat tersebut. Ini merupakan inti dari teori *speech acts*. Dalam contoh di atas, *illocutionary act*-nya adalah berjanji. Ucapan tersebut bukan hanya pernyataan, tetapi juga tindakan berjanji. Jenis *illocutionary act* beragam, termasuk pernyataan, pertanyaan, perintah, janji, permintaan maaf, dan lain-lain.
3. Perlocutionary act (tindakan akibat ujaran): Ini adalah efek atau konsekuensi dari ucapan pada pendengar. Ini adalah dampak yang ditimbulkan oleh ucapan tersebut. Dalam contoh "Saya berjanji akan datang," *perlocutionary act*-nya bisa berupa pendengar merasa tenang karena yakin akan kedatangan pembicara, atau mungkin pendengar merasa skeptis. *Perlocutionary act* bergantung pada konteks dan respon pendengar. Ini merupakan efek yang tidak selalu tercapai atau terduga.
Searle kemudian mengembangkan dan menyempurnakan teori Austin dengan mengklasifikasikan *illocutionary acts* ke dalam beberapa kategori berdasarkan tujuan dan kondisi keberhasilannya. Klasifikasi Searle lebih sistematis dan mencakup:
* Representatives (Pernyataan): Ucapan yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan dunia, seperti pernyataan, deskripsi, dan kesimpulan. Contoh: "Matahari terbit di timur."
* Directives (Perintah): Ucapan yang bertujuan untuk membuat pendengar melakukan sesuatu, seperti perintah, permintaan, dan undangan. Contoh: "Tutup pintunya!"
* Commissives (Janji): Ucapan yang bertujuan untuk berkomitmen pembicara pada tindakan di masa depan, seperti janji, sumpah, dan tawaran. Contoh: "Saya akan membantu Anda."
* Expressives (Ungkapan): Ucapan yang bertujuan untuk mengungkapkan sikap mental pembicara, seperti ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan selamat. Contoh: "Terima kasih atas bantuan Anda."
* Declaratives (Deklarasi): Ucapan yang bertujuan untuk mengubah keadaan dunia melalui ucapan itu sendiri, seperti deklarasi perang, penunjukan, dan pernikahan. Contoh: "Saya menyatakan sidang ini ditutup."
Perbedaan utama antara ketiga aspek tindakan tutur terletak pada fokusnya: *locutionary act* pada ucapan itu sendiri, *illocutionary act* pada maksud pembicara, dan *perlocutionary act* pada efek ucapan pada pendengar. Ketiga aspek ini saling berkaitan dan membentuk tindakan tutur yang lengkap. Pemahaman tentang teori *speech acts* penting untuk menganalisis komunikasi secara efektif, karena menunjukkan bahwa makna suatu ucapan tidak hanya terletak pada kata-katanya, tetapi juga pada konteks, maksud pembicara, dan dampaknya pada pendengar.
Pertanyaan Panas lebih
The primary purpose of a legend is to explain natural phenomena. TRUE FALSE Legends can be entertaining, and they often serve as vehicles for conveyin
Write the meaning 4 each word you have found to. the dialog in Activity 4. 1. Word : Meaning 2. Word __ Meaning 3. Word Meaning __ 4. Word Meaning 5.
su mmatif ment Mid Semester Choose the correct answer by crossing (X) a, b, c,dor el The following text is for questions 1 to 20! Farth. Imagine weari
THE MAGIC BOX (A Story from Taiwan) 1. Once upon a time, there was a poor farmer. He lived with his wife One day, when he dug his field, he found a bi
Pengondisian: Kalian adalah staf pada biro perjalanan wisata di kota kalian. Hariini kalian menerima panggilan telepon dariPT Adiyaksa Utama, In. Baya
I 9. Mengatur __ suara ketika berbicara juga merupakan aspek penting dalam berbahasa yang beradab. 20 . Menggunakan __ dan selotip dapat membantu meng
13. Tulislah kalimat berikut dengan tanda baca yang benar! bulan April diadakan pemilu presiden dan wakil presiden I serentak se Indonesia Jawaban And
13. Dalam berpidato, tema harus mencakup temayang ditentukankarena __ A. pendengarlebih mudah memahami B. Agar tidak susah C. Mengefisiensikan waktu D
II. Combine these sentences using adjective pronoun 1. The man called the police. His wallet was stolen. 2. Here are the postcards My brother sent the
__ a train for Liverpool? Tom?(stay) .complete with the past form or progressive form: the room and __ this chair __ down. (cross) (shine) kno __ road
10. I __ my keys at the moment. a) find b) am finding c) found d) finding
Dening tiona Nunil Azizah Esuk, awan, sore, ri tau neng omah Lungaku nggo buku segudhang Ora bisa wegah Najemake pikir nggotek pepadhang Pitakonan njl
uang sepuluh ribuan tergeleta ak di dekat kamar mandi sekolah . Apa yang sebaiknya saya lakukan? Mengumumkan di kelas hasil temuan ini dan melapork an
27. How does LeBron's humility influence his approach to his career? a) He lets others take credit for his success. b) He continues to work hard and i
. Arrange into a good sentence! how Michael A 2-1-4-8-6-3-5-7-9 B. 2-1-3-4-8-6-7-5-9 c 2-1-3-7-8-8-6-4-9 D 1-3-2-4-8-6-7-5-9 A B C D