Pertanyaan
3. Jelaskan prinsip -prinsip keterampilan membuka dan menutup Pembelajaran Terpadu ! 4. Jelaskan Langkah-langkah dalam menyusun Perancangan Pembelajaran Terpadu !
Jawaban
Prinsip-Prinsip Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Terpadu
1. Keterlibatan Guru dan Siswa:
- Membuka dan menutup pembelajaran harus melibatkan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Ini membantu menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk belajar.
2. Pembangkitkan Minat:
- Langkah pembukaan harus dirancang untuk menarik perhatian siswa dan membangkitkan minat mereka terhadap topik yang akan dipelajari.
3. Pengaitan dengan Pengalaman Sehari-hari:
- Materi pembelajaran harus dihubungkan dengan pengalaman sehari-hari siswa untuk membuatnya lebih relevan dan mudah dipahami.
4. Pemahaman Tujuan Pembelajaran:
- Guru harus menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa agar mereka memahami apa yang diharapkan dari kegiatan belajar tersebut.
5. Penutupan dengan Ringkasan:
- Pembelajaran harus diakhiri dengan ringkasan poin-poin penting yang telah dibahas selama sesi.
6. Refleksi:
- Siswa harus diberi kesempatan untuk merefleksikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan tersebut.
7. Umpan Balik:
- Memberikan umpan balik positif dan konstruktif kepada siswa untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka.
8. Keterpaduan Antara Pembukaan dan Penutupan:
- Ada keterkaitan antara pembukaan dan penutupan yang membantu siswa mengaitkan apa yang telah dipelajari dengan pengalaman sehari-hari mereka.
Langkah-Langkah dalam Menyusun Perancangan Pembelajaran Terpadu
1. Identifikasi Tujuan Pembelajaran:
- Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
2. Analisis Kebutuhan Siswa:
- Mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa berdasarkan evaluasi awal dan observasi.
3. Pemilihan Materi dan Metode Pembelajaran:
- Memilih materi ajar yang relevan dan metode pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Desain Pembukaan dan Penutupan:
- Merancang aktivitas pembukaan yang menarik dan penutupan yang merangkum materi serta memberikan kesempatan refleksi.
5. Pengembangan Kegiatan Belajar:
- Merancang kegiatan belajar yang terstruktur dan interaktif untuk memfasilitasi pemahaman dan penerapan materi.
6. Penggunaan Media dan Teknologi:
- Memanfaatkan media dan teknologi yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa.
7. Evaluasi dan Umpan Balik:
- Menyusun sistem evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
8. Pengadaptasian Berdasarkan Umpan Balik:
- Menyesuaikan rencana pembelajaran berdasarkan umpan balik dari siswa dan hasil evaluasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Dengan mengikuti prinsip-prinsip dan langkah-langkah ini, guru dapat merancang pembelajaran terpadu yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Pertanyaan Panas lebih
Menggambarkan logika dan langkah-langkah algoritma dengan cara yang mudah dipahami oleh manusia, sebelum diimplementasikan dalam bahasa pemrograman ya
Buatlah gerbang logika dari persamaan dibawah ini : a. f=ab+a^(')b ' b. f=a^(')b+ab Buatlah tabel kebenaran dan gerbang logika rangkaian kombinasi Enk
Jelaskan konsep komputasi awan (cloud computing) dan bagaimana ia mempengaruhi cara kita menyimpan, mengelola, dan mengakses data. Berikan contoh konk
Tugas 7.1 Kerjakan tugas berikut secara berkelompok! Buatlah simbol instruksi, flowchart, dan pseudocode dari proses berikut! Seorang petugas kasir bu
Perancangan Perangkat Lunak untuk Pengukuran Waktu Kerja Menggunakan Teknologi Speech Recognition Abstrak Pengukuran waktu kerja merupakan bagian pent
Bacalah teks berikut! Dapatkah kamu menebak apa yang dilihat dan yang dijelaskan oleh tikus muda kepada ibunya? Tidak lain adalah ayam jantan. Ayam ja
Jelaskan mengenai sistem koordinat mesin dan sistem koordinat benda kerja pada mesin frais CNC! Sebutkan bagian-bagian utama mesin frais CNC ! Jelaska
32.Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama adalah.. Axonometric Dimetric Multiview Isometric Trimetrik
Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebagai berikut, kecuali a. sebab-akibat b. akibat-sebab
Perhatikan gambar berikut! Pemanfaatan teknologi pada gambar di atas tidak akan menimbulkan pengaruh negatif apabila masyarakat mampu.... a. membiasak
Jika ingin mengedit file pdf di dalam Microsoft Word, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah... Pilihan jawaban : a. Pilih Insert > Open > Choose
apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan mengapa bahasa ini diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak I
Serangakaian proses meninjau data melalui beberapa proses yang telah ditentukan sebelumnya, yang akan membantu memberikan beberapa makna pada data dan
Document, contains all of the relevant predefined information from the master data and organizational elements a. TRUE b. FALSE
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jelaskan a