Pertanyaan
Teks digunakan untuk soal nomor 37 s.d. 40 . Sandi diajarkan dalam kepramukaan untuk melatih kecerdasan, kreativitas, dan kerahasiaan. Sandi ini dapat disimbolkan melalui gerak tubuh, bunyi, dan cahaya (isyarat) atau pun simbol tulisan (kode). Dari segi kecerdasan, seseorang akan berlatih memaknai hubungan tiap-tiap simbol yang diperlihatkan untuk diketahui pesan di dalamnya. Selanjutnya, dari segi kreativitas, seseorang pun dapat menciptakan atau pun mengembangkan sandi temporer untuk diujikan kepada penerima sandi. Pada kenyataannya, saat medan perang, sandi memang diciptakan untuk memberi pesan rahasia agar tidak diketahui oleh musuh. Pramuka pun mendesain ulang sandi ini untuk mencoba memecah kerahasiaan (dalam hal ini misteri pesan) agar seseorang mampu berpikir cerdas dan inisiatif. Di antara banyak sandi yang diajarkan di Pramuka. Sandi AN dan AZ adalah yang terfavorit. Bahkan, sandi ini dapat dilapis (dikoding ke AN lalu ke AZ atau sebaliknya). Penggunaan sandi ini cukup sederhana, hanya dengan membariskan huruf A-M di atas secara horizontal dan huruf N-Z di bawah secara horizontal. Artinya akan membentuk A disimbolkan N dan N disimbolkan A. Pada sandi AZ, juga terdapat pola yang sama, yaitu membariskan huruf A-M di atas secara horizontal di atas dan Z-N di bawah secara horizontal. Artinya, akan membentuk A disimbolkan dengan Z dan Z disimbolkan dengan A. Sementara itu, kedua huruf yang lain mengikuti pertukaran huruf setelahnya, misalkan pada sandi AN huruf B adalah O begitu pun sebaliknya; pada sandi AZ huruf B adalah Y begitu pun sebaliknya. Dalam sandi AN, beruang madu disimbolkan dengan .... qrehnat znqu frehnat znqa orahnat znqx orentiu zqxu orehnat znqh
Jawaban
Penjelasan
Pertanyaan Panas lebih
Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte
Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen
Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan
Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul
Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten
Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:
Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat
وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab
d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada
Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か
II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa
Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar
Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d
Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru