AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / 1. Jelaskan tujuan dari IImu Pengetahuan Sosial dan Nilai-nilai pengembangan IPS ? 2. Sebutkan 3 asp

Pertanyaan

1. Jelaskan tujuan dari IImu Pengetahuan Sosial dan Nilai-nilai pengembangan IPS ? 2. Sebutkan 3 aspek kajian IPS ? 3. Jelaskan ciri pengembangan berbagai
zoom-out-in

1. Jelaskan tujuan dari IImu Pengetahuan Sosial dan Nilai-nilai pengembangan IPS ? 2. Sebutkan 3 aspek kajian IPS ? 3. Jelaskan ciri pengembangan berbagai pendekatan pembelajaran IPS? 4. Jelaskan mengapa kompetensi pengetahuan penting dalam pembelajarar I IPS, dan bagaimana cara seorang guru agar materi IPS tersampaikan dan dapat diterima oleh siswa? 5. Buatkan 3 contoh isu global yang menjadi fokus utama dalam studi sosial saat ini..?

Tampilkan lebih banyak
151
Jawaban
4.3 (264 suara)
avatar
Ishya elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

1. Tujuan dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah untuk membantu siswa memahami lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi di sekitar mereka. Nilai-nilai pengembangan IPS meliputi pemahaman yang mendalam tentang masyarakat, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi.
2. Tiga aspek kajian IPS adalah: Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.
3. Ciri pengembangan berbagai pendekatan pembelajaran IPS meliputi: pendekatan aktif, pendekatan kontekstual, dan pendekatan berbasis masalah.
4. Kompetensi pengetahuan penting dalam pembelajaran IPS karena membantu siswa memahami konsep dan ide dasar yang relevan dengan masyarakat mereka. Seorang guru dapat memastikan materi IPS tersampaikan dan diterima oleh siswa dengan cara yang menarik, relevan, dan interaktif.
5. Tiga contoh isu global yang menjadi fokus utama dalam studi sosial saat ini adalah: perubahan iklim, ketidaksetaraan gender, dan migrasi.

Penjelasan

1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang lingkungan sosial, budaya, dan ekonomi di sekitar mereka. Dengan memahami IPS, siswa dapat menjadi warga negara yang lebih baik dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi. Nilai-nilai pengembangan IPS bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang masyarakat, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi.
2. IPS terdiri dari beberapa aspek kajian, di antaranya adalah Geografi yang mempelajari tentang lokasi dan distribusi fenomena di permukaan bumi, Sejarah yang mempelajari tentang peristiwa masa lalu yang relevan dengan kehidupan manusia, dan Sosiologi yang mempelajari tentang masyarakat dan interaksi sosial di dalamnya.
3. Dalam pengembangan pembelajaran IPS, ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan oleh guru. Pendekatan aktif mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar, pendekatan kontekstual mengaitkan materi dengan situasi nyata yang dialami siswa, dan pendekatan berbasis masalah mengajak siswa untuk menyelesaikan masalah nyata yang relevan dengan materi yang diajarkan.
4. Kompetensi pengetahuan adalah salah satu komponen penting dalam pembelajaran IPS. Dengan memiliki kompetensi pengetahuan yang baik, siswa dapat memahami konsep dan ide dasar yang relevan dengan masyarakat mereka. Seorang guru harus mampu menyampaikan materi IPS dengan cara yang menarik, relevan, dan interaktif agar siswa dapat memahami dan menerima materi tersebut.
5. Isu-isu global seperti perubahan iklim, ketidaksetaraan gender,
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: