Pertanyaan
Apa yang dimaksud dengan eksplorasi lanjutan scratch? Jawab: Bagaimana cara membuat program sederhana dengan menggunakan variabel pada scratch? Jawab: Jelaskan macam-macam percabangan yang kalian ketahui! Jawab: Sebutkan jenis-jenis permaianan dalam Blockly Games! Jawab: Apa fungsi input pada bahasa pemrograman scracth! Jawab: Jelaskan apa fungsi dari SUMIFS dalam analisis data! Jawab: Jelaskan apa yang dapat kita pelajari dengan permainan Pond dalam Blokly Games! Jawab: Apa perbedaan antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jawab: Jelaskan fungsi dari COUNTIFS dalam analisis data! Jawab: Sebutkan fungsi dari IF Statement (pernyataan IF) pada rumus percabangan! Jawab:
Jawaban
1. Eksplorasi lanjutan Scratch adalah penggunaan fitur dan konsep lebih canggih dalam platform Scratch.
2. Untuk membuat program sederhana dengan variabel di Scratch, buat variabel lalu gunakan skrip untuk mengatur dan memanipulasi variabel tersebut.
3. If statements, If-else statements, Else-if statements, Switch statements.
4. Puzzle, Maze, Bird, Turtle, Movie, Music, Pond Tutor, Pond.
5. Mengambil masukan dari pengguna.
6. Menjumlahkan nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan.
7. Konsep kontrol aliran dan dasar logika pemrograman.
8. SUMIFS menjumlahkan nilai, COUNTIFS menghitung jumlah sel berdasarkan kriteria.
9. Menghitung jumlah munculnya data sesuai dengan kriteria tertentu dalam range.
10. Mengevaluasi suatu kondisi dan melakukan aksi yang berbeda tergantung pada hasil evaluasi.
Penjelasan
1. Eksplorasi lanjutan Scratch mengacu pada penggunaan fitur dan konsep lanjutan di dalam platform pemrograman Scratch misalnya penggunaan list, interaksi pengguna yang kompleks, kecerdasan buatan sederhana, atau proyek yang menggunakan multiple sprites dan backdrops secara lebih mendalam.
2. Untuk membuat program sederhana dengan variabel di Scratch, kamu harus terlebih dahulu membuat variabel melalui menu Variabel, dan kemudian men-set –nya dalam skrip untuk menyimpan data yang dapat berubah-ubah saat program berjalan. Variabel bisa digunakan untuk menyimpan skor, mencatat posisi sprite, atau untuk operasi matematika dan logika.
3. Beberapa macam percabangan dalam pemrograman adalah: (a) If statements, (b) If-else statements, (c) Else-if statements, (d) Switch statements, yang semua digunakan untuk memilih alur eksekusi berdasarkan kondisi tertentu.
4. Jenis-jenis permainan dalam Blockly Games termasuk: Puzzle, Maze, Bird, Turtle, Movie, Music, Pond Tutor, dan Pond.
5. Fungsi input dalam bahasa pemrograman Scratch digunakan untuk mendapatkan informasi dari pengguna, seperti klik dari mouse, gerak kursor, masukan dari keyboard, dan interaksi serupa yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan program.
6. Fungsi SUMIFS dalam analisis data digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam range tertentu yang sesuai dengan satu atau beberapa kriteria atau kondisi.
7. Dengan permainan Pond dalam Blockly Games, kita bisa belajar tentang konsep dasar kontrol aliran seperti if statement dan loop, serta pemahaman mendasar mengenai logika pemrograman dan koordinat X,Y.
8. Perbedaan antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS adalah bahwa SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan nilai berdasarkan satu atau lebih kriteria, sedangkan COUNTIFS digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi satu atau lebih kriteria.
9. Fungsi COUNTIFS dalam analisis data digunakan untuk menghitung frekuensi munculnya data yang memenuhi satu atau lebih kriteria di dalam daftar atau range tertentu.
10. Fungsi dari IF Statement (pernyataan IF) dalam rumus percabangan digunakan untuk mengevalusi kondisi dan memilih eksekusi perintah yang berbeda berdasarkan apakah kondisi tersebut benar atau tidak.
Pertanyaan Panas lebih
Gatekna wacan iki! Bapak Pengawas sekolah ingkang satuhu kinurmatan, ketua komite sekolah ingkang kinurmatan, saha para siswa ingkang sutresna. Mangga
Teknik menendang dalam permainan sepak bola ada beberapa macam, antara lain teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Berikut ini ad
Perhatikan gambar sasaran serangan pencak silat berikut! Pencak silat kategori tanding mempertemukan dua orang pesilat untuk bertanding sesuai dengan
Perhatikan gambar berikut ini! Pada gambar diatas, Calibri adalah .... A. Thema B. Huruf C. Warna D. Username A. B. C. D.
Markosik berjalan di lorong sekolah, pada saat di tengah perjalanan dia menemukan secarik kertas tertempel pada dinding. Terdapat sebuah simbol aplik
Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya. Karangan nonfiksi
Lab maya Concord 5 points menyediakan banyak aktivitas STEM interaktif yang selaras dengan ... . Next Generation Standard Science Generation Next Scie
Read the following text. Living in a city is a well-known risk factor for developing mental disorders, whereas living near nature is thought to be goo
39 dari 138 Tandal Compass heading in a liquid compass is indicated by: Lubber's line Needle Card Flinder's bar Saya Tidak Tahu
Pernyataan mana yang benar mengenai revisi kurikulum? (1 Poin)* Harus dilakukan setiap tahun Hanya perlu dilakukan jika ada keluhan Harus dilakukan be
Berikut ini termasuk ke dalam kerangka dasar kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kecuali... A Struktur Kurikulum B Capaian Pembelajaran C
Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah A Pemahaman B Analisis C Sistem diri D Metakognisi
Langkah membuat daftar isi yang sudah dibuat dan ingin di ubah adalah... Refences - caption Refences - Create Refences -kolom update table Insert - he
Apa yang dimaksud dengan "Pergelangan Tangan" dalam pencak silat? A. Bagian tubuh yang harus dihindari saat bertarung B. Bagian tubuh yang sering digu
Elakan, hindaran, tangkisan dan tangkapan merupakan strategi yangdibutuhkan pencak silat pada saat... A. Penyerangan B. Pertahanan C. Pertandingan D.