Pertanyaan
7x-3y=-5 6x+5y=7
Jawaban
Untuk menyelesaikan sistem persamaan ini, kita bisa menggunakan metode eliminasi atau substitusi, tetapi metode eliminasi tampaknya lebih mudah dalam hal ini.
Kalian bisa mengalikan persamaan pertama dengan 5 dan persamaan kedua dengan 3, dan kemudian jumlahkan hasilnya.
5*(7x - 3y) = 5*(-5)
3*(6x + 5y) = 3*7
Maka,
35x - 15y = -25
18x + 15y = 21
35x - 15y + 18x + 15y = -25 + 21
Jadi,
53x = -4
Sehingga, x = -4/53
Menggantikan nilai x ke dalam persamaan pertama:
7*(-4/53) - 3y = -5
-28/53 - 3y = -5
-3y = -5 + 28/53
-3y = -265/53
y = +530/159
Penjelasan
Persamaan tersebut berisi sejumlah 'x' dan 'y', dan tampak seperti persamaan linier simultan. Masalah ini mengharuskan kita untuk memecahkan dan menemukan nilai 'x' dan 'y' yang membuat kedua persamaan tersebut benar, dan ini adalah pertanyaan sistem persamaan linier dua variabel. Dengan manipulasi aljabar, Kita bisa menggunakan metode substitusi atau eliminasi untuk menemukan solusinya.
Dalam hal ini, menggunakan metode eliminasi tampaknya lebih efisien, yang berarti kita harus menjumlahkan atau mengurangkan dua persamaan yang akan menjadikan kofisien variabel yang satu persis sama dan kebalikannya dengan yang lain untuk mengeliminasi variabel dan menyelesaikannya. Variabel yang lain kemudian bisa diputuskan dengan memasukkan variabel itu ke salah satu persamaan.
Pelajaran ini dirancang untuk membantu siswa memahami bagaimana menyelesaikan sistem persamaan linier dengan dua variabel menggunakan metode eliminasi. Ketika mengerjakan soal, dapat menerapkan prinsip-prinsip ini untuk mencapai solusi yang tepat.
Pertanyaan Panas lebih
Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte
Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen
Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan
Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul
Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten
Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:
Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat
وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab
d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada
Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か
II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa
Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar
Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d
Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru