Pertanyaan

Buatlah program menghitu ng volume bangun ruang bola , tabung , kubus . an balok dengan menggunakan function. Jangan lupa alur logikanya dijelasin M

Jawaban
```python
import math
def volume_bola(r):
"""
Fungsi untuk menghitung volume bola.
Args:
r: Jari-jari bola.
Returns:
Volume bola. Mengembalikan -1 jika input jari-jari negatif.
"""
if r < 0:
return -1
Jari-jari tidak boleh negatif Jari-jari dan tinggi tidak boleh negatif
return (4/3) * math.pi * r3
def volume_tabung(r, t):
"""
Fungsi untuk menghitung volume tabung.
Args:
r: Jari-jari tabung.
t: Tinggi tabung.
Returns:
Volume tabung. Mengembalikan -1 jika input jari-jari atau tinggi negatif.
"""
if r < 0 or t < 0:
return -1
return math.pi * r
def volume_kubus(s):
"""
Fungsi untuk menghitung volume kubus.
Args:
s: Panjang sisi kubus.
Returns:
Volume kubus. Mengembalikan -1 jika input sisi negatif.
"""
if s < 0:
return -1
Sisi tidak boleh negatif Panjang, lebar, dan tinggi tidak boleh negatif
return s3
def volume_balok(p, l, t):
"""
Fungsi untuk menghitung volume balok.
Args:
p: Panjang balok.
l: Lebar balok.
t: Tinggi balok.
Returns:
Volume balok. Mengembalikan -1 jika input panjang, lebar, atau tinggi negatif.
"""
if p < 0 or l < 0 or t < 0:
return -1
return p * l * t
Contoh penggunaan fungsi
jari_jari_bola = 5
volume_bola_hasil = volume_bola(jari_jari_bola)
if volume_bola_hasil != -1:
print(f"Volume bola dengan jari-jari {jari_jari_bola} adalah: {volume_bola_hasil}")
else:
print("Input jari-jari bola tidak valid.")
jari_jari_tabung = 3
tinggi_tabung = 10
volume_tabung_hasil = volume_tabung(jari_jari_tabung, tinggi_tabung)
if volume_tabung_hasil != -1:
print(f"Volume tabung dengan jari-jari {jari_jari_tabung} dan tinggi {tinggi_tabung} adalah: {volume_tabung_hasil}")
else:
print("Input jari-jari atau tinggi tabung tidak valid.")
sisi_kubus = 4
volume_kubus_hasil = volume_kubus(sisi_kubus)
if volume_kubus_hasil != -1:
print(f"Volume kubus dengan sisi {sisi_kubus} adalah: {volume_kubus_hasil}")
else:
print("Input sisi kubus tidak valid.")
panjang_balok = 6
lebar_balok = 4
tinggi_balok = 2
volume_balok_hasil = volume_balok(panjang_balok, lebar_balok, tinggi_balok)
if volume_balok_hasil != -1:
print(f"Volume balok dengan panjang {panjang_balok}, lebar {lebar_balok}, dan tinggi {tinggi_balok} adalah: {volume_balok_hasil}")
else:
print("Input panjang, lebar, atau tinggi balok tidak valid.")
```
Alur Logika:
1. Definisi Fungsi: Program dimulai dengan mendefinisikan empat fungsi: `volume_bola`, `volume_tabung`, `volume_kubus`, dan `volume_balok`. Setiap fungsi menerima parameter yang sesuai (jari-jari untuk bola, jari-jari dan tinggi untuk tabung, sisi untuk kubus, panjang, lebar, dan tinggi untuk balok).
2. Validasi Input: Setiap fungsi melakukan pengecekan sederhana untuk memastikan bahwa input yang diberikan valid (tidak negatif). Jika input tidak valid, fungsi mengembalikan nilai -1 untuk menandakan kesalahan.
3. Perhitungan Volume: Jika input valid, fungsi menghitung volume menggunakan rumus geometri yang sesuai. `math.pi` digunakan untuk nilai pi.
4. Panggilan Fungsi dan Output:** Bagian program setelah definisi fungsi menunjukkan bagaimana memanggil setiap fungsi dengan nilai contoh. Hasilnya kemudian dicetak ke konsol. Terdapat juga pengecekan terhadap nilai kembalian fungsi untuk menangani kemungkinan input yang tidak valid.
Program ini dirancang agar mudah dibaca dan dipahami, dengan komentar yang menjelaskan setiap bagian kode. Penggunaan fungsi membuat kode lebih terorganisir dan mudah dipelihara.
Pertanyaan Panas
lebih
4. Negara Y menerapkan sistem ekonomi komando untuk mengatur kegiatan ekonomi negaranya. Seluruh sumber daya ekonomi yang dimiliki negara tersebut dik
2. Bagaimanakah anda membedakan antara Multimedia dengan Hypermedia, berikan penjelasan anda disertai dengan contoh? [Bobot: 20]
Perhatikan tabel berikut ini ! No & multicolumn(1)(|c|)( Prinsip Menggambar Persfektif ) 1 & Titik Pandang (Vanishing Point): 2 & Garis Panduan
Perhatikan gambar berikut! Dalam posisi Lionel Messi dibawah apakah yang yang akan kita lakukan sebagai Messi apabila kita sedang melakukan serangan
Perhatikan dan cermati urutan teknik lari jarak menengah berikut! 1) Setelah lepas dari garis start, langkahkan kaki ke depan dengan ayunan paha ke de
Eskalator atau tangga berjalan adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang
Kemajuan teknologi komunikasi saat ini telah merambah ke berbagai bidang kehidupan. Salah satu teknologi yang akrab di masyarakat adalah koneksi nirka
Pak Marsili membutuhkan sebuah perangkat storage yang sangat cepat dalam mentransfer data, mempunyai konsumsi energi listrik kecil, dan ringan. Perang
Data merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi kita sehingga perlu dilindungi, saat ini pembobolan data bisa lewat berbagai cara termasuk mel
Data merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi kita sehingga perlu dilindungi, saat ini pembobolan data bisa lewat berbagai cara termasuk mel
Perhatikan logo beberapa software berikut! Dari gambar diatas, manakah yang termasuk sistem operasi? A. 1,2,3,4 B. 5,6,7,8 C. 2,3,5,7 D. 1,2,5
Gambar di bawah merupakan sebuah tampilan salah satu slide presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Apabila slide tersebut lebih dari satu dan pe
Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1). Memanfaatkan komputer power dan server. (2). Menentukan informasi dan data yang masuk. (3). Untuk melakukan p
Semakin banyak pelanggan yang mengakses internet dari ISP, setidaknya memberikan jaminan mutu yang baik dari segi kualitas layanan, customer service 2
Gambar di bawah merupakan sebuah tampilan salah satu slide presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Apabila slide tersebut lebih dari satu dan pe