Pertanyaan
1. Hitung menggunakan I rumus pengenceran berapakan Kebutuhan larutan pekat CaCO_(3) 0,1 M yang dibutuhkan dengan menggunakan labu pengenceran 100 mL (catat dalam buku modul). 2. Siapkan perlatan kerja dan bahan yang dibutuhkan 3. Masukan beberapa mL akuades pada labu ukur 100 mL (sekitar 1/4bagian 4. Ambilx mL (hasil perhitungan)) larutan pekat CaCO_(3) 0,1M menggunakan pipet volume yang dilengkapi dengan bulb filler. 5. Masukan larutan CaCO_(3) pekat tersebut pada labu ukur yang sebelumnya sudah diisikan akuades. 6. Tambahkan akuades sampai garis batas labu ukur (gunakan pipet tetes saat mendekati garis batas labu ukur). 7. Tutup labu dan dibolak-balik dengan tetap memegang erat tutup labu untuk homogenasi larutan 8. Larutan sudah siap digunakan 9. Amati dan ukur nilai pH dari larutan tersebut , catat nilai pH.
Jawaban
Rumus pengenceran adalah $C_1V_1 = C_2V_2$, di mana $C_1$ adalah konsentrasi awal, $V_1$ adalah volume awal, $C_2$ adalah konsentrasi akhir, dan $V_2$ adalah volume akhir. Dalam kasus ini, $C_1 = 0,1M$, $C_2 = 0,01M$ (karena kita ingin membuat larutan 0,01M), dan $V_2 = 100mL$. Kita perlu mencari $V_1$.
$0,1M \times V_1 = 0,01M \times 100mL$
$V_1 = \frac{0,01M \times 100mL}{0,1M} = 10mL$
Jadi, kebutuhan larutan pekat $CaCO_{3}$ 0,1M yang dibutuhkan adalah 10 mL.
2. Penjelasan:
Peralatan kerja yang dibutuhkan adalah labu ukur 100 mL, pipet volume dengan bulb filler, dan pipet tetes. Bahan yang dibutuhkan adalah larutan pekat $CaCO_{3}$ 0,1M dan akuades.
3. Penjelasan:
Masukkan beberapa mL akuades pada labu ukur 100 mL sekitar $1/4$ bagian untuk mempersiapkan larutan.
4. Penjelasan:
Ambil 10 mL larutan pekat $CaCO_{3}$ 0,1M menggunakan pipet volume yang dilengkapi dengan bulb filler.
5. Penjelasan:
Masukkan larutan $CaCO_{3}$ pekat tersebut pada labu ukur yang sebelumnya sudah diisikan akuades.
6. Penjelasan:
Tambahkan akuades sampai garis batas labu ukur menggunakan pipet tetes saat mendekati garis batas labu ukur.
7. Penjelasan:
Tutup labu dan dibolak-balik dengan tetap memegang erat tutup labu untuk homogenasi larutan.
8. Penjelasan:
Larutan sudah siap digunakan.
9. Penjelasan:
Amati dan ukur nilai pH dari larutan tersebut, catat nilai pH.
Pertanyaan Panas lebih
mathrm(A)_((mathrm(g)))+mathrm(B)_((mathrm(g))) arrow mathrm(A)_(2) mathrm(~B)_(3(mathrm(~g))) (reaksi belum setara) maka untuk bereaksi dengan 10 li
SOAL BENAR/SALAH Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang: susunan materi, sifat materi, struktur materi, perubahan materi, serta energi yang m
Cermatilah data jari-jari atom berikut! Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa... a. dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari
SOAL BENAR/SALAH Seorang Ahli kimia Wolfgang Pauli menyatakan bahwa tidak ada dua elektron dalam satu atom yang boleh mempunyai keempat bilangan kuant
Untuk memperoleh susunan elektron yang stabil dapat dilakukan dengan cara: 1) Menangkap elektron menjadi ion positif 2) Serah terima elektron 3) Melep
Elektron terakhir suatu unsur mempunyai bilangan kuantum n=3, I=1, m=0 dan s=+1 / 2 . Salah satu isotop unsur itu mempunyai neutron =15 . Nomor ma
Perhatikan gambar dibawah ini! Nama dari alat di atas adalah.... A. Erlenmeyer B. Gelas Ukur C. Tabung Reaksi D. Mortar dan Alu E. Gelas Kimia
Menurut teori tumbukan, produk dalam reaksi kimia dapat terbentuk apabila... Terjadi tumbukan antar partikel yang bereaksi Gerakan partikel-partikel r
Jika konfigurasi elektron ion X^3-: 1 s^2 2 s^2 2 p^6 3 s^2 3 p^6 , maka nomor atom X adalah .... A. 13 B. 14 C. 15 D. 18 E. 21
7. Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah .... A. lipase B. amilase C. esterogen D. neurotransmitter
7. Proses distilasi fraksi ketiga pada pengilangan minyak menghasilkan kerosin dan avtur yang dapat digunakan sebagai bahan bakar .... A. mesin indust
3. Aktivitas pemanfaaatan energi kimia ditandai dengan kenaikan dan penurunan suhu. Dampak reaksi endoterm sebagai akibat kalor dari lingkungan disera
Materi dapat mengalami perubahan secara fisika dan secara kimia, perbedaan dari keduanya dapat diamati dari gejala yang ditimbulkannya. Dari beberapa
Untuk membedakan campuran kedalam larutan, suspensi dan koloid, seorang siswa melakukan beberapa perlakuan terhadap bahan yang telah disiapkan. Ada ba
Perhatikan tabel berikut! No. & multicolumn(1)(|c|)( Peristiwa ) & Jenis perlindungan 1. & Mesin mobil & Diberi pelumas 2. & Kursi taman & Diber