AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Teknologi / A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b, c, atau d pada jawaban yang benar! 1. Platiform pembelaj

Pertanyaan

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b, c, atau d pada jawaban yang benar! 1. Platiform pembelajaran pemrograman yang 9 menggunakan serupa
zoom-out-in

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a b, c, atau d pada jawaban yang benar! 1. Platiform pembelajaran pemrograman yang 9 menggunakan serupa dengan Scratch adalah __ a. Scratch b. Blockly Games C. Literasi numerik d. Modularisasi program 2. Berikut yang termasuk dalam literasi numerik dalam pemrograman adalah __ a. pembuatan program modular b. konversi sistem bilangan C. penggunaan antarmuka visual d. pembuatan hipotesis sains 3 Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah adalah __ a.modularisasi program b. literasi sains C. konversi sistem bilangan d. literasi numerik 4 Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit 0-9 disebut __ a. bilangan biner b. bilangan oktal C. bilangan desimal d. bilangan heksdesimal 5. Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d 16 6. Bilangan biner menggunakan basis __ a. 2 C. 10 b. 8 d. 16 7. Blok perintah move (10) steps digunakan untuk __ a.memutar sprite searah jarum jam b. menggerakkan sprite ke arah mouse- pointer atau ke arah sprite lainnya C.menggerakkan sprite maju atau mundur d.guna menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage Sebuah robot penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut __ a. Arm robotic C. Humanoid b. Drone d. Manipulator Sebuah mesin buatan manusia yang mampu melakukan suatu pekerjaan baik secara otomatis maupun melalui remole control dikenal dengan istilah __ a. android C. ragum b. komputer d robot 10. Bahasa komputer asli yang hanya terdiri dari karakter 0 (nol)dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan __ a. comportable language b. editorial language C. machine language d. tesktual language 11. Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah __ a degrees b. C. to (1) d. - (E) degrees 12. Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah __ a. control C. motion b. events d sound 13. Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang- ulang disebut dengan __ C. a. sekuensial percabangan b.perulangan d. oriented 14. Perhatikan poin-poin berikut! (1)PHP (3) Variabel (2) Java. (4) C++ Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor __ (HOTS) a. (1), (2), dan (3) b. (1), (2), dan (4) C. (1),3), dan (4) d. (2)(3), dan (4) 15. Peran utama robot di era digital adalah __ a. mengurangi efisiensi operasional b. meningkatkan risiko kecelakaan C. memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan d.menghambat produktivitas keseluruhan

Tampilkan lebih banyak
65
Jawaban
4.6 (267 suara)
avatar
Aarohan elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

1. a. Scratch - Scratch adalah platform pembelajaran pemrograman yang serupa dengan Scratch.
2. b. konversi sistem bilangan - Literasi numerik dalam pemrograman mencakup konversi sistem bilangan.
3. a. modularisasi program - Pendekatan pemrograman di mana program dibagi menjadi modul terpisah disebut modularisasi program.
4. c. bilangan desimal - Sistem bilangan yang menggunakan basis 10 dengan digit 0-9 disebut bilangan desimal.
5. d. 16 - Bilangan heksadesimal adalah sistem bilangan dengan basis 16.
6. a. 2 - Bilangan biner menggunakan basis 2.
7. c. menggerakkan sprite maju atau mundur - Blok perintah move (10) steps digunakan untuk menggerakkan sprite maju atau mundur.
8. c. Humanoid - Sebuah robot dengan penampilan secara keseluruhan berdasarkan tubuh manusia disebut humanoid.
9. d. robot - Sebuah mesin buatan manusia yang mampu melakukan suatu pekerjaan baik secara otomatis maupun melalui remote control dikenal dengan istilah robot.
10. c. machine language - Bahasa komputer asli yang hanya terdiri dari karakter 0 (nol) dan 1 (satu) dikenal dengan sebutan machine language.
11. d. turn - (E) degrees - Perintah pada Scratch yang digunakan untuk memutar sprite searah jarum jam adalah turn - (E) degrees.
12. b. events - Menu Code pada Scratch yang berkaitan dengan kejadian pada script area adalah events.
13. b. perulangan - Bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menjalankan baris kode secara berulang-ulang disebut dengan perulangan.
14. b. (1), (2), dan (4) - Berdasarkan data di atas yang termasuk dari bahasa pemrograman ditunjukkan pada nomor (1), (2), dan (4).
15. c. memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan - Peran utama robot di era digital adalah memastikan produksi berlangsung tanpa hambatan.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Menggambarkan logika dan langkah-langkah algoritma dengan cara yang mudah dipahami oleh manusia, sebelum diimplementasikan dalam bahasa pemrograman ya

Buatlah gerbang logika dari persamaan dibawah ini : a. f=ab+a^(')b ' b. f=a^(')b+ab Buatlah tabel kebenaran dan gerbang logika rangkaian kombinasi Enk

Jelaskan konsep komputasi awan (cloud computing) dan bagaimana ia mempengaruhi cara kita menyimpan, mengelola, dan mengakses data. Berikan contoh konk

Tugas 7.1 Kerjakan tugas berikut secara berkelompok! Buatlah simbol instruksi, flowchart, dan pseudocode dari proses berikut! Seorang petugas kasir bu

Perancangan Perangkat Lunak untuk Pengukuran Waktu Kerja Menggunakan Teknologi Speech Recognition Abstrak Pengukuran waktu kerja merupakan bagian pent

Bacalah teks berikut! Dapatkah kamu menebak apa yang dilihat dan yang dijelaskan oleh tikus muda kepada ibunya? Tidak lain adalah ayam jantan. Ayam ja

Jelaskan mengenai sistem koordinat mesin dan sistem koordinat benda kerja pada mesin frais CNC! Sebutkan bagian-bagian utama mesin frais CNC ! Jelaska

32.Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama adalah.. Axonometric Dimetric Multiview Isometric Trimetrik

Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebagai berikut, kecuali a. sebab-akibat b. akibat-sebab

Perhatikan gambar berikut! Pemanfaatan teknologi pada gambar di atas tidak akan menimbulkan pengaruh negatif apabila masyarakat mampu.... a. membiasak

Jika ingin mengedit file pdf di dalam Microsoft Word, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah... Pilihan jawaban : a. Pilih Insert > Open > Choose

apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan mengapa bahasa ini diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak I

Serangakaian proses meninjau data melalui beberapa proses yang telah ditentukan sebelumnya, yang akan membantu memberikan beberapa makna pada data dan

Document, contains all of the relevant predefined information from the master data and organizational elements a. TRUE b. FALSE

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami, Jelaskan a