Pertanyaan
Bingrafi RA Kartini R.A. Kartini mempanyai nama lengkap Raden Apeng Kartmi Dopo Adhiningrat, ia lahır puda tanggal an April 38jg di Mayotig fepara, Jwa Tengah. Wahnya bemama Raden Mas Adipati Ario Snsroningrat yang merujakan searang bupati lepara bala ita lhunya bernama M_A. Ngasiah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Fyai Hapi Madirona seorang gura agams di Tehukwwer, lepara. Lahir dari keluarga yang berpengaruh membeat R.A. Kartini memperoleh pendidikan yang hak, Bab 5 Memetik Kuseladanat dari Bografi Pahlawan t3i Kartins pun diperbolchkan bersekolah di EES (Europese Eagere School) Di sini Kartini belagar babsasa Belanda. Akan tetapi, setelah usia 12 thun a harus tinggal di rumah karena harus dipingit. Kebissoar itan whe kala itu, wanita yang mempunyai unur yang, cukup haras tinggal di rumah dan dipingit, B.A. Kartini hlu terpaksa meinendam keinginan unituk sebobih tingei Unouk inengisi wakru fuangrifa basena dipingat. R.A. Kartini hatas gemar untul. membaca. La lunyal membaca buka dan suran kabar bertahasa Belanda k.A Kartíni pemah tercatar membsa buku karya Lous Couperus yaug berjud De Stille Kracha karya Van Eeden, Augasta de Witt roman-feminis b, arya Nyomya Goeloop de-fong Van Reck, dan sebuals romun anti-perang karangan Bestha Non Suttner. Die Walfen Nieder (Letakkan Senjata) Dengan banyak membaca, pemikiran Kartini pun semakin luas. Kartini mulai membandmgkan keadaan wanita burat dan wanit a fodonesia. Selatin membaca, K.A. Kartini juga gemar menalis Tulisan KN. Kartini pereah dimuat il De. Hollandsche Lelic; setruah majalah terbisan Belanda. Kahkan, bedau sempat akan mendajotkan beasiswa dari frmeringah Belanda karena rulisantulkan hotatnץa. Sejak aulah KCA Kartini mulair rertarik untuk memafukan pertmpuan prbumi Dalam plisaninya, kedud akan wanita pribumi masih tertinggal jaub arau memiliki st mos sondal ying cokup rendah kala itu Beliau ingin memajukain wanita Indonesta. Hal im dapat dimula dan faktor pendsdikan Lhtuk. stu, belau mendirilan wekolah bugigadkegadk di frpara. Muridmya hanpa bejjumlah sembilan orang vang terdiri dan berabow at wu kefuarga. Selain pendidikan; Kattini fuga mentaruh perhatian poda masilh wobla yang tejudi. Menuratrifa scovang wanita perlu memperobh persamaan, bebetexsan, otonomi serta besetaraan hubum. Tidak ada srbuah diskriminasi jenis kelimin. Cita-cita malia RAL Kartini adibh ia ingin melihat permpuan pribumi dapat menuntut ilmu dan bebjar seperti halnya sekarang ini Sebin itu, ia juga mengharapkan persimaan hak dan kewajiban antara pria dan wanita. Hal ini disampaikannץa melalui surat untuk teman-temannya di felanda, salah satunya adalah Roca Abendanon, shabat yaing bäryak matedukungoya. Wntuk kehidupan rumah tanganya, R.A. Kartin monikals dengan K.R.M. Adipati Avo Singgib Djojo Adlhirangrat, Bupati Rembung, atis keputusan dan pilihan ayahinya pala saat Itu. Contunglah, setelals menikah suminyd mengerti hoinginan dan cita-citc Kartimi hangga diben kobebasan dan-didukung mendirikan sekolah wanita di sebchah rimer pittou gerbang kumpleks kantor kahupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini diken.al sebagai Gedung Pramuka. Dari pernikahannya. Kartine dianugerahà satu orang anak lakalaki yang lahir pada tanggal selang beberspa hari jasca metahirhan. Kartini tutup usia pada tanggal io September 1904 Kartini meningeal pada usa 25 tahun. Beliau dimakamkan di Desa Bulu, Ficamatan-Bulu, Rrmbang. Sepeninggal K.A Kartini/H. Abendanon setagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Ferapinan Hindia Belanda mulai mengumpulkan surat-surat yang pesnah disulis oleh RA . Kartini. Dari sans. disusunbh buku yang berjudul 'Door Duisternis tot Licht' dan diterjemahkà dengan fudul "Dari Kegelapan Menuju Cahaya" yang terbit pada tihun egn! Buku tersebut dicetak sebanyak hma kali, dan poda vet alan kelima discrtakan semua sumatsurit yang diaulis aleb Kastint. Melalui pabilas pemikiran nya tersebur, N.A. Kartin muLi banyak dibenal Frmikiranpermikiran Fartini pun mulai mengula h pandingan masparalat Belinda terhadap perempuan prihumi di Jawa. Remikaran-pemikaran Kartina yang tertilang dalam surwsoutatnya juga menjadi inspiraci bagi tokoh-tokoh kebangknain nasional Indonesias antara lain WR. Soepratman yang reenciptakan bagu bejjudul thu Kita Kartini.
Jawaban
Penjelasan:
Identifikasi Masalah:
Masalah ini melibatkan analisis biografi Raden Ajeng Kartini, seorang tokoh perempuan Indonesia yang dikenal karena perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan di Indonesia pada awal abad ke-20.
Langkah-langkah Analisis:
1. Identifikasi informasi penting dalam teks biografi.
2. Menggambarkan peran dan perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan.
3. Menjelaskan dampak dan pengaruh perjuangan Kartini terhadap masyarakat Indonesia.
4. Meringkas peninggalan dan pengakuan atas karya Kartini setelah kematiannya.
Jawaban:
Radjen Ajeng Kartini, atau yang lebih dikenal sebagai Kartini, adalah seorang tokoh perempuan Indonesia yang lahir pada tanggal 21 April 1879 di desa Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Beliau berasal dari keluarga berpengaruh, dengan ayahnya yang merupakan seorang bupati dan ibunya yang merupakan potri dari keluarga berpengaruh pula. Meskipun terlahir dari keluarga yang berpengaruh, Kartini tetap merasa terbatas oleh adat dan kebiasaan pada zamannya, di mana wanita yang sudah dewasa harus tinggal di rumah dan dipingit. Meskipun demikian, Kartini gemar membaca, terutama buku-buku berbahasa Belanda, dan menulis, serta berpikir luas tentang kondisi wanita di Barat dan Indonesia. Kartini juga memperjuangkan hak-hak perempuan, terutama dalam hal pendidikan dan kesetaraan gender. Setelah menikah dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Kartini mendapat dukungan dari suaminya dalam memajukan pendidikan wanita dan mendirikan sekolah wanita di Rembang. Namun, Kartini meninggal pada usia yang masih muda, yakni 25 tahun, tetapi warisannya tetap terus hidup dan mempengaruhi perjuangan kesetaraan gender dan pendidikan di Indonesia. Pasca kematiannya, karya-karya dan surat-suratnya dikumpulkan dan diterbitkan, yang membantu menyebarluaskan pemikiran dan perjuangan Kartini.
Jawaban:
Kartini adalah seorang tokoh perempuan Indonesia yang berjuang keras untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan. Meskipun hidupnya tidak terlalu lama, warisannya tetap hidup dan mempengaruhi banyak orang, membantu mendorong perubahan sosial yang positif di Indonesia.
Pertanyaan Panas lebih
Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan
4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt
Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi
7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka
Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan
Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan
15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m
Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel
Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &
4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.
20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....
2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt
8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara
10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad
7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: