AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu 1). sekolah dasar dan madrasah ibti

Pertanyaan

Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu 1). sekolah dasar dan madrasah ibtidayah, 2). Sekolah dasar unggulan atau sekolah dasar luar biasa (SDLB) dan4) sekolah
zoom-out-in

Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu 1). sekolah dasar dan madrasah ibtidayah, 2). Sekolah dasar unggulan atau sekolah dasar luar biasa (SDLB) dan4) sekolah dasar inklusi. Coba saudara evaluasi bentuk penyelenggaraan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar luar biasa (SDLB)!

Tampilkan lebih banyak
128
Jawaban
4.7 (237 suara)
avatar
Zoya elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

Evaluasi Bentuk Penyelenggaraan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)

1. Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah:

Kelebihan:

* Aksesibilitas: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya mudah diakses oleh masyarakat luas, baik dari segi lokasi maupun biaya.
* Kurikulum: Kurikulum yang diterapkan umumnya terstruktur dan terstandarisasi, sehingga menjamin kualitas pembelajaran yang relatif seragam.
* Sumber Daya: Tersedia sumber daya yang cukup memadai, seperti tenaga pengajar, fasilitas, dan buku pelajaran.
* Tradisi: Memiliki tradisi pendidikan yang kuat dan teruji selama bertahun-tahun.

Kekurangan:

* Keterbatasan Individual: Kurikulum yang terstandarisasi mungkin tidak mengakomodasi kebutuhan individual siswa yang beragam.
* Kurangnya Perhatian terhadap Kebutuhan Khusus: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya tidak dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas.
* Keterbatasan Inovasi: Terkadang kurang fleksibel dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

2. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB):

Kelebihan:

* Fokus pada Kebutuhan Khusus: Dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas, baik fisik, mental, maupun intelektual.
* Kurikulum yang Disesuaikan: Kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa dengan disabilitas.
* Tenaga Pengajar yang Terlatih: Memiliki tenaga pengajar yang terlatih dan berpengalaman dalam menangani siswa dengan disabilitas.
* Fasilitas yang Mendukung: Dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung pembelajaran siswa dengan disabilitas, seperti alat bantu belajar dan ruang kelas yang ramah disabilitas.

Kekurangan:

* Aksesibilitas Terbatas: Jumlah SDLB masih terbatas dan tidak merata di seluruh wilayah.
* Biaya: Biaya pendidikan di SDLB cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah.
* Stigma: Masih ada stigma negatif terhadap siswa dengan disabilitas, yang dapat menghambat akses mereka ke pendidikan.

Kesimpulan:

Kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah cocok untuk siswa dengan kebutuhan belajar umum, sedangkan SDLB lebih tepat untuk siswa dengan disabilitas. Penting untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar ini agar dapat memberikan akses pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua anak.

Saran:

* Meningkatkan aksesibilitas SDLB dan mengurangi stigma terhadap siswa dengan disabilitas.
* Mengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan mengakomodasi kebutuhan individual siswa di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah.
* Meningkatkan kualitas tenaga pengajar di kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar.
* Memberikan dukungan dan bantuan yang memadai bagi siswa dengan disabilitas agar mereka dapat belajar dan berkembang secara optimal.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: