AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / Uraikan tujuan pendidikan IPS di Indonesia saat ini pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka!

Pertanyaan

Uraikan tujuan pendidikan IPS di Indonesia saat ini pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka!
zoom-out-in

Uraikan tujuan pendidikan IPS di Indonesia saat ini pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka!

Tampilkan lebih banyak
96
Jawaban
4.2 (261 suara)
avatar
Bhadra master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Tujuan Pendidikan IPS di Indonesia:

Kurikulum 2013 vs Kurikulum Merdeka

Tujuan pendidikan IPS di Indonesia memiliki kesamaan mendasar, yaitu untuk membentuk warga negara yang berakhlak mulia, cerdas, dan terampil dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan sosial. Namun, terdapat perbedaan penekanan dalam kedua kurikulum:

Kurikulum 2013:

* Fokus pada pengembangan kompetensi: Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan kompetensi siswa dalam berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
* Pembentukan karakter: Membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan.
* Pengetahuan dan keterampilan: Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memahami dan menyelesaikan permasalahan sosial di Indonesia dan dunia.
* Keterampilan berpikir: Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sistematis dalam memahami fenomena sosial.
* Keterampilan berkomunikasi: Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan persuasif dalam menyampaikan ide dan solusi.
* Keterampilan kolaboratif: Membangun kemampuan bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan masalah sosial.

Kurikulum Merdeka:

* Fokus pada pengembangan Profil Pelajar Pancasila: Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan Profil Pelajar Pancasila, yaitu pelajar yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri, bernalar kritis, komunikatif, dan gotong royong.
* Pembelajaran yang berpusat pada siswa: Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif, kreatif, dan inovatif.
* Pengembangan karakter: Membentuk karakter siswa yang berintegritas, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan.
* Keterampilan abad 21: Mengembangkan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.
* Keterampilan literasi: Meningkatkan kemampuan literasi, baik literasi baca tulis maupun literasi digital.
* Keterampilan beradaptasi: Membangun kemampuan beradaptasi dengan perubahan zaman dan teknologi.

Perbedaan Utama:

* Fokus: Kurikulum 2013 lebih fokus pada pengembangan kompetensi, sedangkan Kurikulum Merdeka lebih fokus pada pengembangan Profil Pelajar Pancasila.
* Pembelajaran: Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa, sedangkan Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada guru.
* Keterampilan: Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21 dan literasi, sedangkan Kurikulum 2013 lebih menekankan pada keterampilan berpikir kritis, analitis, dan sistematis.

Kesimpulan:

Kedua kurikulum memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membentuk warga negara yang berakhlak mulia, cerdas, dan terampil. Namun, Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pengembangan Profil Pelajar Pancasila dan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sedangkan Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pengembangan kompetensi dan pembelajaran yang berpusat pada guru.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: