Pertanyaan
3. Aisya dan keluarga berlibur ke rumah nenek di Purbalingga saat liburan semester. Lokasi rumah nenek berdekatan dengan sawah dan kebun. Udaranya segar, bussananya tenang Ainya senang tinggal sementara di rumah nenak berjalan-jalan ke kebun dan sawah dengan tanaman padi yang menghijau. Sungai yang mengellingi sawah aimya jemih. Berbeda dengan sungai di kota, sirnya keruh dan banyak sampah. Ayah berkata, Kita harus bersyukur dapat menikmati pemandangan alam dan indah. Kita juga memperoleh makanan dan alam. Oleh karena itu, kita harus memeliharanya sehingga terjaga kelestariannya Lingkungan pedesaan masih alami. Berbeda dengan lingkungan kota yang dipenuhi rumah dan godung bertingkat.Rumah dan gedung -gedung tersebut menjadi bagian dan lingkungan buatan manusia Lingkungan pedesaan masih terbiasa melakukan kerja sama dengan bergotong royong, sedangkan di kota sudah jarang ditemul Analisisiah teks bacaan di atas untuk menemukan fakta, konsep, dan generalisasi yang terkandung di dalamnya!Kategorikan jawaban Anda berdasarkan disiplin imu sosial yang dipadukan dalam teks tersebut!
Jawaban
Analisis Teks Bacaan:
Teks bacaan ini menggambarkan perbandingan antara lingkungan pedesaan dan perkotaan, dengan fokus pada aspek alam, sosial, dan ekonomi. Berikut adalah analisisnya berdasarkan disiplin ilmu sosial yang dipadukan:
1. Geografi:
* Fakta: Teks menyebutkan lokasi rumah nenek di Purbalingga, dekat sawah dan kebun.
* Konsep: Teks menggambarkan perbedaan karakteristik lingkungan pedesaan dan perkotaan. Lingkungan pedesaan digambarkan dengan alam yang masih alami, udara segar, dan sungai yang jernih. Lingkungan perkotaan digambarkan dengan rumah dan gedung bertingkat, sungai yang keruh dan penuh sampah.
* Generalisasi: Teks menyiratkan bahwa lingkungan pedesaan memiliki keunggulan dalam hal kualitas udara dan air yang lebih baik dibandingkan dengan lingkungan perkotaan.
2. Sosiologi:
* Fakta: Teks menyebutkan bahwa di pedesaan, masyarakat masih terbiasa melakukan kerja sama dengan bergotong royong. Di kota, hal ini sudah jarang ditemui.
* Konsep: Teks menggambarkan perbedaan pola interaksi sosial di pedesaan dan perkotaan. Di pedesaan, masyarakat cenderung memiliki ikatan sosial yang kuat dan saling membantu. Di kota, ikatan sosial cenderung lebih lemah dan individualistis.
* Generalisasi: Teks menyiratkan bahwa kehidupan sosial di pedesaan lebih erat dan saling bergantung dibandingkan dengan kehidupan sosial di perkotaan.
3. Ekonomi:
* Fakta: Teks menyebutkan bahwa di pedesaan, masyarakat memperoleh makanan dan alam.
* Konsep: Teks menyiratkan bahwa pedesaan memiliki potensi ekonomi yang besar dalam hal pertanian dan sumber daya alam.
* Generalisasi: Teks menyiratkan bahwa ekonomi pedesaan lebih bergantung pada sektor primer (pertanian), sedangkan ekonomi perkotaan lebih bergantung pada sektor sekunder (industri) dan tersier (jasa).
4. Pendidikan:
* Fakta: Teks menyebutkan bahwa Aisya senang tinggal di rumah nenek dan berjalan-jalan di kebun dan sawah.
* Konsep: Teks menyiratkan bahwa lingkungan pedesaan dapat menjadi tempat belajar yang baik bagi anak-anak, khususnya tentang alam dan kehidupan sosial.
* Generalisasi: Teks menyiratkan bahwa pendidikan di pedesaan dapat lebih fokus pada pembelajaran langsung dari alam dan pengalaman sosial, sedangkan pendidikan di perkotaan lebih fokus pada pembelajaran formal di sekolah.
5. Ekologi:
* Fakta: Teks menyebutkan bahwa sungai di pedesaan jernih, sedangkan sungai di kota keruh dan banyak sampah.
* Konsep: Teks menggambarkan perbedaan kualitas lingkungan di pedesaan dan perkotaan. Lingkungan pedesaan memiliki kualitas lingkungan yang lebih baik karena masih alami dan terjaga. Lingkungan perkotaan memiliki kualitas lingkungan yang lebih buruk karena tercemar oleh limbah dan polusi.
* Generalisasi: Teks menyiratkan bahwa aktivitas manusia di perkotaan memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan, sedangkan aktivitas manusia di pedesaan memiliki dampak yang lebih kecil.
Kesimpulan:
Teks bacaan ini menyajikan perbandingan antara lingkungan pedesaan dan perkotaan dari berbagai perspektif ilmu sosial. Teks ini menunjukkan bahwa kedua lingkungan memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda, dan penting untuk memahami perbedaan tersebut agar dapat menghargai dan menjaga kelestarian kedua lingkungan tersebut.
Pertanyaan Panas lebih
Penulisan singkatan sampai dengan yang benar adalah. . . A: Baca halaman 11 s/d 20 buku ini! B: Baca halaman 11 s.d. 20 buku ini! C: Baca halaman 11 s
Sing kalebu jinis tembang dolanan yaiku... A: Gambuh B: Gajah-gajah C: Megatruh D: Kinanthi
Laporan Hasil Reviu (LHR) disajikan dalam bentuk surat yang intinya memuat.. A: Pernyataan reviu B: Opini LK C: Kendala yang dihadapi selama reviu D:
Cermati ilustrasi berikut! (1) Ponco: Bi, modal untuk jualan besok masih kurang, pinjami aku ya. Aku janji tepat waktu untuk mengembalikannya. (2) Rob
Cermati kutipan berikut! Sudah dua hari ini hati Alya berbunga-bunga. Setiap ketemu temannya dia selalu menyapa terlebih dahulu. Semua temannya heran
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 10! Kelelawar Pengecut Di sebuah padang rumput ada seekor singa sedang menyantap daging. Tiba-tiba,
16.Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur surat pribadi adalah… A. Tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, tujuan surat, salam pembuka, isi
Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk A: Cerita B: Kisah C: Kehidupan D: Narasi E: Deskripsi
Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat pasif! Naura membeli baju di sebuah toko. A: Toko dibeli baju oleh Naura. B: Naura di sebuah toko membeli
Cermati ilustrasi proposal berikut! Untuk mengisi liburan, teman-teman satu kelas akan melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pasar murah di desa.
Ing ngisor iki unsur instrinsik crita legendha, kajaba.... A: Irah-irahan B: Tema C: Paraga D: Alur
Struktur teks cerpen yang lengkap yaitu .... A: orientasi - rangkaian peristiwa - komplikasi - resolusi B: orientasi - komplikasi - resolusi - koda C:
Cerprn adalah ... . A: cerita pendek yang merupakan teks fiksi, yang biasanya mempunyai satu tokoh utama sebagai pusat dalam cerita, dan panjang cerit
Model mobil-mobilan sederhana dibuat dari .... A: papan triplek B: papan plastik C: kardus bekas D: sedotan bekas
Bacalah kalimat rumpang berikut! Mana mungkin engkau yang malas bisa masuk sekolah unggulan, hal itu seperti engkau sedang .... Peribahasa yang tepat