Pertanyaan
2. Ada tiga tradisi visi misi, dan strategi "social studies" yang dikemukakan oleh Barr dan kawan-kawan. Coba Anda buat simpulan mengena keterhubungan ketiga hal tersebut! (C4)
Jawaban
Keterhubungan Tradisi Visi Misi, Strategi "Social Studies", dan C4
Anda benar, Barr dan kawan-kawan mengidentifikasi tiga tradisi visi misi dalam "social studies":
1. Tradisi Transmisi: Berfokus pada transmisi pengetahuan dan nilai-nilai budaya kepada generasi berikutnya.
2. Tradisi Sosial Rekonstruksi: Berfokus pada perubahan sosial dan keadilan sosial melalui pendidikan.
3. Tradisi Kritis: Berfokus pada analisis kritis terhadap pengetahuan dan struktur kekuasaan.
Ketiga tradisi ini saling terkait dengan strategi C4 (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) dalam "social studies".
Berikut keterhubungannya:
* Tradisi Transmisi: Strategi C4 dapat membantu dalam proses transmisi pengetahuan dengan mendorong siswa untuk berpikir kritis tentang informasi yang mereka terima, berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi dalam memahami konsep, dan kreatif dalam menerapkan pengetahuan.
* Tradisi Sosial Rekonstruksi: Strategi C4 dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi ketidakadilan sosial, berkomunikasi tentang isu-isu penting, berkolaborasi dalam mencari solusi, dan kreatif dalam mengembangkan strategi untuk perubahan sosial.
* Tradisi Kritis: Strategi C4 dapat membantu siswa dalam menganalisis informasi secara kritis, berkomunikasi tentang perspektif yang berbeda, berkolaborasi dalam mengevaluasi sumber, dan kreatif dalam mengembangkan argumen yang kuat.
Kesimpulan:
Ketiga tradisi visi misi dalam "social studies" saling melengkapi dan dapat diimplementasikan secara efektif dengan menggunakan strategi C4. Strategi C4 dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang aktif dan bertanggung jawab.
Penting untuk diingat:
* Tidak ada satu tradisi visi misi yang lebih baik daripada yang lain.
* Pemilihan tradisi dan strategi yang tepat tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran.
* Penting untuk menggunakan strategi C4 secara terintegrasi dalam pembelajaran "social studies" untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Pertanyaan Panas lebih
Penulisan singkatan sampai dengan yang benar adalah. . . A: Baca halaman 11 s/d 20 buku ini! B: Baca halaman 11 s.d. 20 buku ini! C: Baca halaman 11 s
Sing kalebu jinis tembang dolanan yaiku... A: Gambuh B: Gajah-gajah C: Megatruh D: Kinanthi
Laporan Hasil Reviu (LHR) disajikan dalam bentuk surat yang intinya memuat.. A: Pernyataan reviu B: Opini LK C: Kendala yang dihadapi selama reviu D:
Cermati ilustrasi berikut! (1) Ponco: Bi, modal untuk jualan besok masih kurang, pinjami aku ya. Aku janji tepat waktu untuk mengembalikannya. (2) Rob
Cermati kutipan berikut! Sudah dua hari ini hati Alya berbunga-bunga. Setiap ketemu temannya dia selalu menyapa terlebih dahulu. Semua temannya heran
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 10! Kelelawar Pengecut Di sebuah padang rumput ada seekor singa sedang menyantap daging. Tiba-tiba,
16.Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur surat pribadi adalah… A. Tempat dan tanggal penulisan surat, nomor surat, tujuan surat, salam pembuka, isi
Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk A: Cerita B: Kisah C: Kehidupan D: Narasi E: Deskripsi
Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi kalimat pasif! Naura membeli baju di sebuah toko. A: Toko dibeli baju oleh Naura. B: Naura di sebuah toko membeli
Cermati ilustrasi proposal berikut! Untuk mengisi liburan, teman-teman satu kelas akan melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pasar murah di desa.
Ing ngisor iki unsur instrinsik crita legendha, kajaba.... A: Irah-irahan B: Tema C: Paraga D: Alur
Struktur teks cerpen yang lengkap yaitu .... A: orientasi - rangkaian peristiwa - komplikasi - resolusi B: orientasi - komplikasi - resolusi - koda C:
Cerprn adalah ... . A: cerita pendek yang merupakan teks fiksi, yang biasanya mempunyai satu tokoh utama sebagai pusat dalam cerita, dan panjang cerit
Model mobil-mobilan sederhana dibuat dari .... A: papan triplek B: papan plastik C: kardus bekas D: sedotan bekas
Bacalah kalimat rumpang berikut! Mana mungkin engkau yang malas bisa masuk sekolah unggulan, hal itu seperti engkau sedang .... Peribahasa yang tepat