Pertanyaan
IV. Ayo, melengkapi pernyataan-pernyataan berikut dengan tepat! 1. __ merupakan modal utama untuk menjaga keberagaman di Indonesia. 2. Negara Indonesia memberikan kebebasan kepada warganya untuk memeluk Tahun 1945 Pasal __ agama. Hal ini dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Bacalah cerita berikut untuk mengerjakan soal nomor 3-5 Selasa kemarin, siswa kelas VI belajar memainkan gamelan Toni memainkan gong.Mira memainkan saron, Dodi memainkan kendang, Lisa memainkan suling, Yuda memainkan kenong, dan Wina memainkan bonang. Mereka berlatih memainkan gamelan hingga siang hari dan azan zuhur mulai berkumandang. 3. Unsur budaya yang dimainkan siswa kelas VI adalah __ tradisional. 4. Sikap toleran siswa kelas VI saat azan berkumandang adalah __ memainkan gamelan. 5. Wina meminta izin untuk beribadah. Sikap toleran yang sebaiknya dilakukan teman-temannya adalah memberikan __ kepadanya untuk beribadah. V. Ayo, mengerjakan soal-soal berikut dengan tepat! Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1 dan 2! Dina berasal dari Kota Padang, kota yang terkenal dengan masakannya yang pedas. Saat liburan sekolah, Dina bersama keluarganya berlibur . Mereka berkunjung ke rumah kerabatnya, Ila, yang berada di Yogyakarta. Yogyakarta dikenal sebagai Kota Gudeg. Gudeg merupakan masakan yang berbahan utama nangka muda atau yang dikenal dengan "gori" oleh warga lokal. Gudeg Yogyakarta memiliki rasa yang manis. Saat keluarga Dina menginap di rumah Ila, mereka dihidangkan makanan gudeg. Dina tidak terbiasa dengan masakan yang manis. 1. Menurut kalian, apa kaitan gudeg dengan budaya di Yogyakarta? Jawab: __ 2. Sebagai wujud toleransi, bagaimana sikap yang sebaiknya Dina lakukan? Jawab: __ 3. Bagaimana sikap kalian jika ada teman di kelas yang berbeda budaya dan agama? Jawab __ 4. Bagaimana cara menjaga kerukunan di dalam keluarga? Jawab: __
Jawaban
1. Bhinneka Tunggal Ika merupakan modal utama untuk menjaga keberagaman di Indonesia.
2. Negara Indonesia memberikan kebebasan kepada warganya untuk memeluk agama. Hal ini dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 29 ayat 2.
3. Unsur budaya yang dimainkan siswa kelas VI adalah gamelan tradisional.
4. Sikap toleran siswa kelas VI saat azan berkumandang adalah menghentikan memainkan gamelan.
5. Wina meminta izin untuk beribadah. Sikap toleran yang sebaiknya dilakukan teman-temannya adalah memberikan ruang dan waktu kepadanya untuk beribadah.
V. Ayo, mengerjakan soal-soal berikut dengan tepat!
1. Menurut kalian, apa kaitan gudeg dengan budaya di Yogyakarta?
- Jawab: Gudeg adalah salah satu makanan tradisional khas Yogyakarta yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner daerah tersebut. Gudeg Yogyakarta terkenal dengan rasa manisnya dan menjadi bagian penting dari identitas budaya masyarakat Yogyakarta.
2. Sebagai wujud toleransi, bagaimana sikap yang sebaiknya Dina lakukan?
- Jawab: Dina sebaiknya mencoba mencicipi gudeg dengan sikap terbuka dan menghargai perbedaan makanan lokal tersebut, serta berinteraksi dengan kerabatnya dengan penuh rasa hormat dan pengertian.
3. Bagaimana sikap kalian jika ada teman di kelas yang berbeda budaya dan agama?
- Jawab: Kita seharusnya menunjukkan sikap toleransi, menghormati perbedaan, dan berinteraksi dengan penuh rasa hormat serta kebaikan. Menghargai dan memahami budaya serta agama teman adalah langkah penting dalam menjaga kerukunan.
4. Bagaimana cara menjaga kerukunan di dalam keluarga?
- Jawab: Cara menjaga kerukunan di dalam keluarga antara lain dengan saling menghormati, berkomunikasi dengan baik, memahami perbedaan, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah atau konflik yang mungkin timbul.
Pertanyaan Panas lebih
Perkembang an kebudayaan pada zaman ini berlangsung lahih cepat dari masa sebelumnya . Hal ini di sebabkan antara lain: 1. Keadaan alam yang sudah lzh
Berikut ini dampak positif terjadiny a perubahan sosial di dalam ma syarakat, kecuali __ Terciptanya pola pikir yang maju dan semakin terbuka Meningka
13. Peristiwa yang menandai berakhirnya kekuasaan Dil A. Jatuhnya negeri Syiria olch pasukan Abul Abbas B. Berdirinya kota Bagdad C.Tcriadinya pertemp
Saat mengerjakan tugas sejarah , Maya membaca tentang proses penyusunan UUD 1945 Siapakah ketua Panitia Perancang UUD pada masa BPUPKI? Ir. Soekarno M
With his extensive experience and unwavering dedication, Kimura's mission was to significantly increase Hawaii's energy independence, save billions of
15. Sidang PPKI merupakan kelanjutan dari siding BPUPKI dari 10-16 Juli 1945 yang telah menghasilkan __ (10Poin)ast [ Proklamasi kemerdekaan Rumusan P
Sunan Gunung Jati adalah salah seorang dari Walisanga yang banyak memberikan kontribusi dalam menyebark an agama Islam di __ khususnya a di daerah __
Suku Kajang tinggal di Kabupaten Bulukamba sekitar 200 km dari Kota Makasar. Suku Kajang mudah dikenali karena mereka memakai pakaian serba hitam sorb
40. Pada masa pendudukan Jepang , berbagai tokoh pergerakan nasional memanfaatkan situasi untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia . Salah satu toko
Periode demokrasi yang berlangsung dari tahun 1945 hingga 1959 di Indonesia disebut __ A Demokrasi Konstitusional B Demokrasi Pancasila C Demokrasi Li
herlawat mencari sumber rempah rempah di dunia Timur Permintaannya saat itu berlayar mencari sumber Spanyol untuk adalah __ A. Perbekalan bahan baku m
Kebudayaan India berkaitan erat dengan hinduisr ne. Hinduism e mulai berkemba ang di lembah Sungai Gangga. Kebudaya an lembah Sungai Gangga merupakan
1. Cara hompikir dalam memahami, dan menginterprotas dalam sejarah adalah cara apa yang dimakaud berpikir diakronik! 2. Ada beberapa ruany lingkup sej
4. Dinasti Abbusiyah berdiri metelah beruntuhan daulah umayyah yaitu pada tahun __ 11. 750 M b. 770 M C. 760M d. 775M 5. Isu politik utama yang dimunc
1. Sebutkan hasil KMB 23 Agustus sampai 2 November 1948! 2. Jelaskan latar belakang ter jadinya Gerakan DI/TII Jawa Barat yang dipimpin Kartosuwiryo!