Pertanyaan
Seorang guru kima telah melakukan refleks pembelajaran terkait konsep ikatan kimua dan ingin merancang pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat peserta didik. Berdasarkan refleks tersebut, manakah dan langkah-langkah benkut yang paling tepat untuk diambil oleh guru tersebut? Pilhhlah jawaban yang benar dengan memben tanda centang (v)! Jawaban benar lebih dari satu. Menggunakan model 3D atau aplikasi simulasi untuk menggambarkan struktur ikatan kimia. Memberikan ceramah panjang tentang teori ikatan kimia tanpa aktivitas interaktif. Meminta peserta didik melakukan eksperimen sederhana untuk mengamati sifat-sifat zat yang berbeda berdasarkan jenis ikatannya. Menghindari penggunaan teknologi karena peserta didik mungkin tidak terbiasa dengan alat-alat tersebut. Mengadakan diskus kelompok dimana peserta didik dapat berdiskusi tentang peran ikatan kimia dalam kehidupan sehidri hari
Jawaban
Penjelasan
1. Menggunakan model 3D atau aplikasi simulasi untuk menggambarkan struktur ikatan kimia: Ini adalah pendekatan yang baik karena dapat memberikan visualisasi yang jelas tentang struktur molekul dan ikatan kimia. Dengan melihat model 3D, peserta didik dapat memahami konsep dengan lebih baik.
2. Memberikan ceramah panjang tentang teori ikatan kimia tanpa aktivitas interaktif: Ini bukan pendekatan yang efektif karena hanya memberikan informasi tanpa adanya interaksi atau pengalaman praktik.
3. Meminta peserta didik melakukan eksperimen sederhana untuk mengamati sifat-sifat zat yang berbeda berdasarkan jenis ikatannya: Eksperimen adalah salah satu metode pembelajaran yang paling efektif. Dengan melakukan eksperimen, peserta didik dapat mengamati dan memahami konsep secara langsung.
4. Menghindari penggunaan teknologi karena peserta didik mungkin tidak terbiasa dengan alat-alat tersebut: Ini bukan pendekatan yang baik karena teknologi dapat membantu dalam pembelajaran jika digunakan dengan tepat.
5. Mengadakan diskusi kelompok dimana peserta didik dapat berdiskusi tentang peran ikatan kimia dalam kehidupan sehari-hari: Diskusi kelompok adalah metode yang baik untuk memahami konsep dan menerapkannya dalam kehidupan nyata.
Pertanyaan Panas lebih
mathrm(A)_((mathrm(g)))+mathrm(B)_((mathrm(g))) arrow mathrm(A)_(2) mathrm(~B)_(3(mathrm(~g))) (reaksi belum setara) maka untuk bereaksi dengan 10 li
SOAL BENAR/SALAH Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang: susunan materi, sifat materi, struktur materi, perubahan materi, serta energi yang m
Cermatilah data jari-jari atom berikut! Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa... a. dalam satu golongan dari atas ke bawah jari-jari
SOAL BENAR/SALAH Seorang Ahli kimia Wolfgang Pauli menyatakan bahwa tidak ada dua elektron dalam satu atom yang boleh mempunyai keempat bilangan kuant
Untuk memperoleh susunan elektron yang stabil dapat dilakukan dengan cara: 1) Menangkap elektron menjadi ion positif 2) Serah terima elektron 3) Melep
Elektron terakhir suatu unsur mempunyai bilangan kuantum n=3, I=1, m=0 dan s=+1 / 2 . Salah satu isotop unsur itu mempunyai neutron =15 . Nomor ma
Perhatikan gambar dibawah ini! Nama dari alat di atas adalah.... A. Erlenmeyer B. Gelas Ukur C. Tabung Reaksi D. Mortar dan Alu E. Gelas Kimia
Menurut teori tumbukan, produk dalam reaksi kimia dapat terbentuk apabila... Terjadi tumbukan antar partikel yang bereaksi Gerakan partikel-partikel r
Jika konfigurasi elektron ion X^3-: 1 s^2 2 s^2 2 p^6 3 s^2 3 p^6 , maka nomor atom X adalah .... A. 13 B. 14 C. 15 D. 18 E. 21
7. Zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang listrik adalah .... A. lipase B. amilase C. esterogen D. neurotransmitter
7. Proses distilasi fraksi ketiga pada pengilangan minyak menghasilkan kerosin dan avtur yang dapat digunakan sebagai bahan bakar .... A. mesin indust
3. Aktivitas pemanfaaatan energi kimia ditandai dengan kenaikan dan penurunan suhu. Dampak reaksi endoterm sebagai akibat kalor dari lingkungan disera
Materi dapat mengalami perubahan secara fisika dan secara kimia, perbedaan dari keduanya dapat diamati dari gejala yang ditimbulkannya. Dari beberapa
Untuk membedakan campuran kedalam larutan, suspensi dan koloid, seorang siswa melakukan beberapa perlakuan terhadap bahan yang telah disiapkan. Ada ba
Perhatikan tabel berikut! No. & multicolumn(1)(|c|)( Peristiwa ) & Jenis perlindungan 1. & Mesin mobil & Diberi pelumas 2. & Kursi taman & Diber