AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Bahasa Spanyol / - Dampak positif dan negatif pen ialaha n dalam bidang ekonomi , sosial budaya, dan pendidikan.

Pertanyaan

- Dampak positif dan negatif pen ialaha n dalam bidang ekonomi , sosial budaya, dan pendidikan.
zoom-out-in

- Dampak positif dan negatif pen ialaha n dalam bidang ekonomi , sosial budaya, dan pendidikan.

Tampilkan lebih banyak
124
Jawaban
4.2 (212 suara)
avatar
Vaibhav veteran · Tutor selama 10 tahun

Jawaban


1. Dampak Positif
a. Bidang Ekonomi : Secara tidak langsung, penjajahan memberikan ilmu dan arus permodalan ke negara yang terjajah.
b. Bidang Sosial Budaya : Penduduk menjadi mengenal budaya dan nilai-nilai dari negara penjajah sehingga menambah keanekaragaman dan pengetahuan.
c. Bidang Pendidikan : Negara penjajah biasanya membangun sistem pendidikan yang lebih modern dan mutakhir serta menciptakan literasi warga negara jajahan.
2. Dampak Negatif
a. Bidang Ekonomi : Eksploitasi sumber daya oleh negara penjajah seringkali merusak perekonomian negara jajahan.
b. Bidang Sosial Budaya : Faktor penjajahan menyebabkan ereksi budaya asli atau sosial dari negara yang terjajah.
c. Bidang Pendidikan : Pendidikan sering kali dibuat untuk mendorong pemanfaatan dan kepatuhan warga negara terjajah kepada negara penjajah.

Penjelasan


Penjajahan adalah proses di mana suatu negara atau bangsa lebih kuat menaklukkan wilayah lain dan kemudian mengendalikannya secara politis dan secara ekonomis, dan biasanya bersifat paksaan. Di indonesia, penjajahan telah terjadi beberapa periode seperti era penjajahan Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Meskipun penjajahan dinilai negatif, dia juga mempunyai dampak positif seperti membuka relasi dan jaringan perdagangan internasional hingga modernisasi dalam segala sektor kehidupan. Secara tidak langsung ini dapat stimulate pertumbuhan pembanguan economic, sosial-budaya, dan pendidikan di negara yang dijajah. Kendati demikian, praktek penjajahan biasanya menimbulkan rasa tindas dan tekanan pada penduduk jajahan dan tidak sedikit yang memicu konflik dan peperangan. Di bidang ekonomi, ekspoitasi sumber daya sering menjadi pencapaian utama, baik penduduk, sumber daya alam, perkebunan, dst. Hal ini pada kenyataannya mencederai ekonomi negara terjajah dan menciptakan sistem penguasaan atau penguasa yang tidak sehat. Di bidang sosial budaya, penjajah biasanya mendominasi dan menerapkan budaya dan adat dan sistem penjajahan di mana budaya dan nilai asli masyarakat lokal tergeser. Meski ada upaya pelestarian dan adaptasi antara kedua budaya, biasanya unsur daerah setempat mendapat prioritas rendah dan akhirnya ileh gugur oleh budaya penduduk. Pada bidang pendidikan, penjajah biasanya mendirikan institusi pendidikan mereka untuktenaga kerja lokal, biasanya mereka berkepentingan membuat sistem pendidikan yang bertujuan untuk melayani dan menumbuhkan penduduk local bagaikan pekerja cepak dan loyal di masa sepanjang kenajahan. İni biasanya lebih menekan pembentukan sinta-suluh penentangan atau juga dorongan kemerdekaan.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte

Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen

Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan

Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul

Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten

Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:

Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat

وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab

d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada

Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か

II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa

Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar

Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d

Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru