AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Bisnis / 2. Jelaskan perbedaan Kurva MR,AR,MC dan AC, pada pasar persaingan sempurna, jika terjadi profit, lo

Pertanyaan

2. Jelaskan perbedaan Kurva MR,AR,MC dan AC, pada pasar persaingan sempurna, jika terjadi profit, loss dan BEP!Gambarkan Kurvanya (total ada 3 kurva)!(Point 20) 1.
zoom-out-in

2. Jelaskan perbedaan Kurva MR,AR,MC dan AC, pada pasar persaingan sempurna, jika terjadi profit, loss dan BEP!Gambarkan Kurvanya (total ada 3 kurva)!(Point 20) 1. Ielaskan perbedaan antara Pasar Persaingar Sempurna, Pasar Monopoli dan pasar oligopoli

Tampilkan lebih banyak
142
Jawaban
4.5 (311 suara)
avatar
Saurabh master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Perbedaan Kurva MR, AR, MC, dan AC pada Pasar Persaingan Sempurna

Pada pasar persaingan sempurna, terdapat beberapa karakteristik utama yang memengaruhi bentuk kurva biaya dan pendapatan:

banyak penjual dan pembeli, produk homogen, bebas masuk dan keluar pasar, dan informasi sempurna. Karakteristik ini menghasilkan kurva yang unik untuk MR, AR, MC, dan AC.

1. Kurva Permintaan (AR): Karena perusahaan dalam persaingan sempurna adalah *price taker*, kurva permintaan (AR) perusahaan bersifat horizontal (garis lurus). Perusahaan dapat menjual sebanyak mungkin pada harga pasar yang berlaku, tanpa mempengaruhi harga tersebut.

2. Kurva Pendapatan Marjinal (MR): Karena harga tetap, setiap unit tambahan yang dijual menghasilkan pendapatan marjinal yang sama dengan harga pasar. Oleh karena itu, kurva MR juga horizontal dan berimpit dengan kurva AR.

3. Kurva Biaya Marjinal (MC): Kurva MC berbentuk U, mencerminkan hukum hasil yang semakin berkurang. Pada awalnya, MC menurun karena efisiensi produksi, kemudian meningkat seiring bertambahnya produksi.

4. Kurva Biaya Rata-rata (AC): Kurva AC juga berbentuk U, mencerminkan biaya rata-rata per unit produksi. AC biasanya berada di atas MC, dan titik minimum AC berada di sebelah kanan titik minimum MC.


Ketiga skenario (Profit, Loss, dan BEP):

Berikut gambaran ketiga skenario tersebut dalam grafik, dengan asumsi kurva MC dan AC sudah diketahui:

(a) Kondisi Profit:

* Grafik: Kurva AR/MR berada di atas kurva AC pada tingkat output yang dipilih perusahaan. Perusahaan menghasilkan output di titik dimana MR = MC. Luas persegi panjang di antara AR dan AC, dikalikan dengan jumlah output, menunjukkan besarnya profit.

* Penjelasan: Perusahaan menghasilkan keuntungan karena pendapatan per unit (AR) lebih tinggi daripada biaya per unit (AC).

(b) Kondisi Loss (Rugi):

* Grafik: Kurva AR/MR berada di bawah kurva AC pada tingkat output yang dipilih perusahaan. Perusahaan tetap menghasilkan output di titik dimana MR = MC (untuk meminimalkan kerugian). Luas persegi panjang di antara AC dan AR, dikalikan dengan jumlah output, menunjukkan besarnya kerugian.

* Penjelasan: Perusahaan mengalami kerugian karena biaya per unit (AC) lebih tinggi daripada pendapatan per unit (AR). Namun, perusahaan tetap beroperasi dalam jangka pendek jika harga masih menutupi biaya variabelnya.

(c) Kondisi Break-Even Point (BEP):

* Grafik: Kurva AR/MR memotong kurva AC pada titik dimana MR = MC. Profit sama dengan nol.

* Penjelasan: Pendapatan total sama dengan biaya total. Perusahaan tidak untung dan tidak rugi.


Gambar Kurva (Sketsa):

Sayangnya, saya tidak dapat membuat gambar di sini. Namun, Anda dapat dengan mudah mencari gambar "Perfect Competition Profit, Loss, and Break-Even" di Google Images untuk melihat representasi visual dari ketiga skenario tersebut. Perhatikan bahwa dalam semua skenario, titik produksi optimal selalu berada di titik perpotongan MR dan MC.


Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna, Monopoli, dan Oligopoli

Berikut perbedaan utama ketiga struktur pasar tersebut:



| Fitur | Persaingan Sempurna | Monopoli | Oligopoli |
|-----------------|----------------------|----------------------|----------------------|
| Jumlah Penjual | Banyak | Satu | Sedikit (2-10) |
| Jenis Produk | Homogen | Unik | Homogen atau Terdiferensiasi |
| Kendali Harga | Tidak ada | Penuh | Sebagian |
| Hambatan Masuk | Rendah | Tinggi | Tinggi |
| Informasi | Sempurna | Tidak Sempurna | Tidak Sempurna |
| Contoh | Pasar pertanian (ideal) | Perusahaan utilitas (listrik, air) | Industri otomotif, telekomunikasi |


Penjelasan Singkat:

* Persaingan Sempurna: Pasar ideal dengan banyak penjual dan pembeli yang tidak dapat mempengaruhi harga. Produk homogen dan informasi sempurna.

* Monopoli: Hanya ada satu penjual yang mengendalikan harga dan produksi. Hambatan masuk sangat tinggi.

* Oligopoli: Hanya ada beberapa penjual besar yang saling bergantung. Perusahaan dapat berkolaborasi atau bersaing secara agresif, mempengaruhi harga dan produksi. Hambatan masuk tinggi.


Semoga penjelasan ini membantu!
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Sistem ekonomi yang mengatur peran berimbang antara pemerintah dan swasta dalam kegiatan perekonomian disebut sistem.... ekonomi tradisional campuran

Tidak menimbun kekayaan, Tidak memonopoli, menghindari jual beli yang diharamkan, melarang riba merupakan .... Motif ekonomi Syariah Tindakan ekonomi

Interaksi antarpelaku ekonomi dalam kegiatan perekonomian dapat digambarkan dalam.... keseimbangan harga keseimbangan arus barang dan uang circular fl

Kesimpulan yang tepat tentang kegiatan ekonomi berdasarkan bagan tersebut adalah.... konsumsi, produksi, dan distribusi merupakan kegiatan ekonomi yan

Bu Endang memulai usaha konvensi pakaian wanita dan anak-anak. Konveksi tersebut hanya melayani dalam partai besar. Dari agen, kemudian ke pedagang be

Pak Sofyan sebagai penjual bakso dan mi ayam mengalami penurunan omzet akibat banyaknya pedagang online. Untukmengatasi permasalahan tersebut, Pak Sof

SOAL BENAR/SALAH Pihak yang melakukan pembelian dan penjualan atas Namanya sendiri dinamakan komisioner Pilih satu: Benar Salah

Indri sebagai pengusaha warung makan melakukan survei pasar untuk mengetahui jenis makanan yang disukai penduduk sekitar. Kegiatan yang dilakukan Indr

Ahmad memiliki usaha pisang ijo makasar. Dalam memasarkan produknya, Ahmad menggunakan teknik memberikan potongan langsung di tempat. Teknik yang digu

3. Penerapan ilmu ekonomi dalam kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh pernyataan.. A. Dimas menabung sebagian uang saku untuk memenuhi kebutuhan masa

9. Penerapan prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi sangat penting. Tindakan ekonomi berdasarkan prinsip ekonomi ditunjukkan oleh pernyataan

Inti dari rencana pemasaran adalah a Tujuan pemasaran b Gambaran situasi saat ini c Manfaat pemasaran d Ringkasan eksekutif e Anggaran

Tidak ada tanggal kadaluwarso kwalitas paparan terjamin banyak kebebasan biaya murah merupakan keuntungan dari a iklan on line b iklan manual c iklan

Manusia harus memiliki sikap rasional kaitannya dengan kegiatan ekonomi. Dalam rumah tangga perusahaan, sikap rasional yang dapat diterapkan oleh seor

Nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena alternatif tindakan. Hal tersebut dilakukan oleh seseorang dalam menentukan pilihan yaitu.... Menyadari