AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / 3. Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu: 1)sekolah dasar dan madrasah ib

Pertanyaan

3. Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu: 1)sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, 2)unggulan atau sekolah 3). Sekolah dasar luar biasa (SDLB). dan4) sekolah dasar
zoom-out-in

3. Bentuk-bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar diantaranya yaitu: 1)sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, 2)unggulan atau sekolah 3). Sekolah dasar luar biasa (SDLB). dan4) sekolah dasar inklusi. Coba saudara evaluasi bentuk penyelenggaraan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar luar biasa (SDLB)!

Tampilkan lebih banyak
68
Jawaban
3.7 (175 suara)
avatar
Ujwala master · Tutor selama 5 tahun

Jawaban

Evaluasi Bentuk Penyelenggaraan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB)

1. Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah:

Kelebihan:

* Aksesibilitas: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya mudah diakses oleh masyarakat luas, baik dari segi lokasi maupun biaya.
* Kurikulum: Kurikulum yang diterapkan umumnya terstruktur dan terstandarisasi, sehingga memberikan dasar pendidikan yang kuat bagi siswa.
* Sumber Daya: Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah umumnya memiliki sumber daya yang memadai, seperti tenaga pengajar, fasilitas, dan buku pelajaran.
* Struktur Organisasi: Memiliki struktur organisasi yang jelas dan terdefinisi, sehingga memudahkan dalam pengelolaan dan administrasi.

Kekurangan:

* Keterbatasan Individual: Kurikulum yang terstandarisasi mungkin tidak mengakomodasi kebutuhan individual siswa yang memiliki bakat atau kesulitan belajar tertentu.
* Kurangnya Personalitas: Sistem pendidikan yang terstruktur dapat mengurangi ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan inisiatif.
* Ketergantungan pada Guru: Siswa mungkin terlalu bergantung pada guru untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan, sehingga kurang mengembangkan kemampuan belajar mandiri.

2. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB):

Kelebihan:

* Pengembangan Potensi: SDLB dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan disabilitas, sehingga dapat membantu mereka mengembangkan potensi dan kemampuan mereka secara optimal.
* Dukungan Individual: SDLB menyediakan dukungan individual yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus setiap siswa, seperti terapi, bimbingan, dan alat bantu belajar.
* Lingkungan Inklusif: SDLB menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi siswa dengan disabilitas, sehingga mereka merasa diterima dan dihargai.

Kekurangan:

* Aksesibilitas: SDLB mungkin tidak tersedia di semua daerah, sehingga siswa dengan disabilitas di daerah terpencil mungkin kesulitan mengakses pendidikan.
* Sumber Daya: SDLB mungkin menghadapi keterbatasan sumber daya, seperti tenaga pengajar yang terlatih, fasilitas yang memadai, dan alat bantu belajar yang lengkap.
* Stigma: Siswa dengan disabilitas mungkin menghadapi stigma sosial, sehingga mereka merasa terisolasi dan kurang percaya diri.

Kesimpulan:

Kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan dasar ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah memberikan akses pendidikan yang luas dan terstruktur, sementara SDLB memberikan dukungan khusus bagi siswa dengan disabilitas. Penting untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kedua bentuk penyelenggaraan pendidikan ini agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas dan inklusif bagi semua siswa.

Saran:

* Meningkatkan aksesibilitas SDLB di semua daerah.
* Meningkatkan sumber daya dan pelatihan bagi tenaga pengajar di SDLB.
* Mempromosikan inklusi dan menghilangkan stigma terhadap siswa dengan disabilitas.
* Mengakomodasi kebutuhan individual siswa di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah melalui program pengayaan dan remedial.
* Memberdayakan siswa untuk mengembangkan kemampuan belajar mandiri dan kreativitas.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: