AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / SOAL: UHAN AKIIIR SEMESTER GA NJIL TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilai-nilai pendidikun pol

Pertanyaan

SOAL: UHAN AKIIIR SEMESTER GA NJIL TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilai-nilai pendidikun politik Islam dalam Piagam Madinah 2. Sebutkan tokoh-tokoh pembaharuan di
zoom-out-in

SOAL: UHAN AKIIIR SEMESTER GA NJIL TAHUN AKADEMIK : 2024/2025 1. Sebutkan nilai-nilai pendidikun politik Islam dalam Piagam Madinah 2. Sebutkan tokoh-tokoh pembaharuan di Mesir dan pemikirannya 3 Sebutkan tokoh-tokoh pembahaman di Turki dan pemil iranny a 4 Menurut Ahmad Mansur Surya Negara; ada 3 Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (Teori Gujarat, Teori Mekah, dan Teori Persial Jelaskan apa yang dimaksud dengan 3 teori tersebut! 5. Sebutkan heherapa Komponen yang berperan dalam Peny cbaran Pendidikan Islam di Indonesia! Dan Jelaskan kondisi Pendidikan Islam pada masa Penjajahan Belanda'

Tampilkan lebih banyak
108
Jawaban
4.3 (194 suara)
avatar
Rohini lanjutan · Tutor selama 1 tahun

Jawaban

Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025

Berikut jawaban untuk soal ujian akhir semester ganjil:



1. Nilai-nilai Pendidikan Politik Islam dalam Piagam Madinah:

Piagam Madinah, sebagai konstitusi pertama dalam sejarah Islam, mengandung beberapa nilai pendidikan politik yang penting, antara lain:

* Persamaan hak dan kewajiban: Piagam Madinah menekankan kesetaraan hak dan kewajiban bagi semua warga Madinah, baik Muslim, Yahudi, maupun kelompok lainnya. Ini mengajarkan pentingnya keadilan, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Pendidikan politiknya menekankan pentingnya partisipasi politik yang inklusif.
* Kerukunan dan toleransi: Piagam Madinah mengatur hubungan antar kelompok masyarakat yang berbeda agama dan budaya. Ini mengajarkan pentingnya hidup berdampingan secara damai, saling menghormati, dan menghindari konflik. Pendidikan politiknya menekankan pentingnya dialog dan kompromi.
* Kedaulatan hukum: Piagam Madinah menetapkan aturan hukum yang berlaku bagi semua warga Madinah. Ini mengajarkan pentingnya supremasi hukum, penegakan keadilan, dan perlindungan hak-hak asasi manusia. Pendidikan politiknya menekankan pentingnya rule of law dan penegakan hukum yang adil.
* Sistem pemerintahan yang demokratis: Piagam Madinah membentuk sebuah sistem pemerintahan yang melibatkan partisipasi berbagai kelompok masyarakat. Ini mengajarkan pentingnya musyawarah, demokrasi, dan kepemimpinan yang bertanggung jawab. Pendidikan politiknya menekankan pentingnya partisipasi dan representasi.
* Pertahanan dan keamanan bersama: Piagam Madinah mengatur mekanisme pertahanan dan keamanan bersama untuk melindungi seluruh warga Madinah dari ancaman eksternal. Ini mengajarkan pentingnya persatuan, solidaritas, dan kerjasama dalam menghadapi tantangan bersama. Pendidikan politiknya menekankan pentingnya keamanan nasional dan pertahanan negara.


2. Tokoh-tokoh Pembaharuan di Mesir dan Pemikirannya:

Beberapa tokoh pembaharuan di Mesir dan pemikirannya antara lain:

* Muhammad Abduh: Mengajarkan Islam yang rasional dan modern, menekankan pentingnya ijtihad (penafsiran ulang hukum Islam) untuk menghadapi tantangan zaman modern. Ia juga memperjuangkan pendidikan modern dan pemisahan agama dari negara.
* Rasyid Ridha: Melanjutkan pemikiran Muhammad Abduh, ia menekankan pentingnya kembali kepada Al-Quran dan Sunnah sebagai sumber utama ajaran Islam. Ia juga memperjuangkan persatuan umat Islam dan pembentukan khilafah Islam.
* Jamaluddin al-Afghani: Tokoh pan-Islamisme yang memperjuangkan persatuan umat Islam dan perlawanan terhadap penjajahan Barat. Ia menekankan pentingnya kebangkitan Islam melalui pendidikan dan reformasi.


3. Tokoh-tokoh Pembaharuan di Turki dan Pemikirannya:

Beberapa tokoh pembaharuan di Turki dan pemikirannya antara lain:

* Mustafa Kemal Atatürk: Pendiri Republik Turki modern. Ia melakukan sekularisasi negara, memodernisasi sistem hukum dan pemerintahan, dan mengganti huruf Arab dengan huruf Latin. Pemikirannya berfokus pada pemisahan agama dari negara dan modernisasi Turki.
* Said Nursi: Tokoh Islam konservatif yang menekankan pentingnya kembali kepada Al-Quran dan Sunnah. Ia menentang sekularisasi dan memperjuangkan pemahaman Islam yang tradisional.


4. Tiga Teori Kedatangan Islam ke Indonesia (menurut Ahmad Mansur Suryanegara):

* Teori Gujarat: Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dari Gujarat, India. Bukti yang mendukung teori ini antara lain ditemukannya banyak kesamaan budaya dan bahasa antara Indonesia dan Gujarat.
* Teori Mekah: Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia secara langsung dari Mekah, melalui para mubaligh (pendakwah) yang datang ke Indonesia. Teori ini kurang didukung bukti arkeologis yang kuat.
* Teori Persia: Teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dari Persia (Iran). Bukti yang mendukung teori ini antara lain ditemukannya pengaruh Persia dalam seni dan arsitektur Indonesia.

Ketiga teori ini saling melengkapi dan tidak saling meniadakan. Kemungkinan besar, Islam masuk ke Indonesia melalui berbagai jalur dan proses yang kompleks.


5. Komponen Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesia dan Kondisi pada Masa Penjajahan Belanda:

Komponen Penyebaran Pendidikan Islam di Indonesia:

* Pesantren: Lembaga pendidikan Islam tradisional yang berperan penting dalam menyebarkan ajaran Islam dan pendidikan dasar.
* Madrasah: Lembaga pendidikan Islam modern yang mengajarkan berbagai mata pelajaran agama dan umum.
* Mubaligh/Ulama: Para pendakwah dan ulama yang berperan penting dalam menyebarkan ajaran Islam dan mendidik masyarakat.
* Organisasi Islam: Berbagai organisasi Islam seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Persis yang berperan dalam mengembangkan pendidikan Islam.
* Media Massa: Media massa seperti buku, majalah, dan radio yang berperan dalam menyebarkan informasi dan ideologi Islam.


Kondisi Pendidikan Islam pada Masa Penjajahan Belanda:

Pada masa penjajahan Belanda, pendidikan Islam mengalami berbagai tantangan, antara lain:

* Pembatasan dan pengawasan: Pemerintah kolonial Belanda membatasi dan mengawasi perkembangan pendidikan Islam untuk mencegah munculnya perlawanan terhadap kekuasaan kolonial.
* Kualitas pendidikan yang rendah: Banyak lembaga pendidikan Islam yang memiliki kualitas pendidikan yang rendah karena kurangnya fasilitas dan guru yang terampil.
* Persaingan dengan pendidikan Barat: Pendidikan Barat yang diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda menjadi pesaing bagi pendidikan Islam.
* Penggunaan bahasa Belanda: Penggunaan bahasa Belanda dalam pendidikan Barat menyulitkan akses masyarakat Indonesia terhadap pendidikan.


Meskipun menghadapi berbagai tantangan, pendidikan Islam tetap berkembang dan berperan penting dalam menjaga identitas dan nilai-nilai budaya Islam di Indonesia. Munculnya berbagai organisasi Islam dan lembaga pendidikan modern menjadi bukti ketahanan dan adaptasi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan zaman.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan ..... sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

4. Seorang pelajar melakukan tanya jawab dengan satpam untuk mengetahui tingkat keamanan di perumahan X. Kelebihan sumber data yang diperoleh pada akt

Proses terhadap beberapa rumah yang hancur akibat gempa bumi membutuhkan waktu selama 3 bulan. rekonstruksi relokasi regenerasi rehabilitasi

7. Nana menetapkan Bu Winggar sebagai informan dalam penelitiannya karena ia mampu memberikan informasi tentang gambaran kegiatan bank sampah yang aka

Coba jelaskan tentang pengertian ilmu pengetahuan, metode ilmu pengetahuan, fungsi dan kegunaannya dalam menyejahterakan hidup dan berikan kesimpulan

Pada masa penjajahan, Jepang melakukan sumber daya alam secara besar-besaran terhadap Indonesia Destruksi Eksploitasi Pembantaian Keserakahan

15. Sejarawan harus bersikap kritis dan teliti dalam menggunakan artikel surat kabar sebagai sumber sejarah. Kedua sikap ini diperlukan untuk.... a. m

Ketetapan MPR adalah sebuah produk legislatif yang merupakan keputusan musyawarah, baik yang berlaku didalam majelis, maupun yang berlaku diluar majel

Karya apakah yang ditanggapi? & }(l) Lukisan Affandi "Kebun Cengkeh" & Novel Student Hidjo Siapa yang menghasilkan karya tersebut? & &

4. Nilai-nilai Pancasila Sila Persatuan Indonesia terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu .... a.

20. Seorang penyaji diharapkan mengenakan pakaian sopan dan rapi ketika memublikasikan hasil penelitian. Etika tersebut perlu diperhatikan karena....

2. Aktivitas perdagangan rempah-rempah pada masa kuno tidak lepas dari peran para pendatang dari berbagai wilayah di dunia. Apa peran mereka dalam akt

8. Hubungan antara Pancasila sebagai dasar negara dengan UUD 1945 sebagai konstitusi adalah .... a. konstitusi merupakan penjabaran dari dasar negara

10. Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Memiliki warna kulit kuning langsat dan cokelat hitam, serta rambut lurus. 2) Keturunan bangsa ini ad

7. Penyajian data penelitian harus memperhatikan jenis data yang digunakan. Bagaimana menyajikan data penelitian yang bersifat kualitatif? Jawab: