Pertanyaan
Buatlah kata pengantar konsep dasar IPA di SD membahas tentang struktur tubuh Mahluk hidup dan struktur tubuh tumbuhan
Jawaban
Penjelasan
Struktur tubuh mahluk hidup terdiri dari organ-organ yang bekerja bersama untuk memenuhi kebutuhan hidup. Organ-organ ini dikelompokkan ke dalam sistem-sistem berdasarkan fungsi dan kerja sama antar organ. Misalnya, sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, lambung, usus, dan organ lainnya yang bekerja bersama untuk mencerna makanan. Sistem pernapasan yang terdiri dari paru-paru, saluran pernapasan, dan organ lainnya yang bekerja bersama untuk memasok oksigen ke dalam tubuh. Sistem sirkulasi yang terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan organ lainnya yang bekerja bersama untuk mengedarkan nutrisi, oksigen, dan zat lainnya ke seluruh tubuh. Sistem ekskresi yang terdiri dari ginjal, ureter, dan organ lainnya yang bekerja bersama untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme.
Struktur tubuh tumbuhan juga memiliki organ-organ yang bekerja bersama untuk memenuhi kebutuhan hidup tumbuhan. Bagian-bagian tumbuhan meliputi akar yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari tanah, batang yang berfungsi sebagai penyangga tumbuhan dan pengangkut nutrisi, daun yang berfungsi untuk fotosintesis, bunga yang berfungsi untuk reproduksi, dan buah yang berfungsi untuk melindungi biji dan membantu penyebaran biji.
Dengan memahami struktur tubuh mahluk hidup dan tumbuhan, siswa SD dapat memahami bagaimana organ-organ bekerja bersama dalam sistem-sistem tubuh dan bagaimana tumbuhan tumbuh dan berkembang. Pengetahuan ini penting untuk memahami kehidupan di bumi dan menjaga keseimbangan ekosistem.
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan