Pertanyaan

B. Kegjakan soal-soal berikut! 1. Jelaskan yang dimaksud dengan produktivitas, literasi, dan toleransi! (2) Amati narasi berikut! Saat liburan sekolah Fatimah dan teman-temannya berinisiatif mengisi waktu liburan mereka dengan membuat berbagai kerajinan dan kesenian. Hanifah membuat batik, Fahmi membuat kaligrafi , sedangkan Fatimah melukis pemandangan . Hasil kerajinan dan kesenian tersebut nantinya akan mereka jual. Nilai apa yang diteladan Fatimah , Hanifah, dan Fahmi? Jelaskan beserta bidang yang sesuai dengan masa Daulah Abbasiyah! 3. Mengapa seni patung dan lukis pada masa Daulah Abbasiyah banyak dipengaruhi oleh kultur dan budaya nonmuslim? 4. Tuliskan contoh toleransi antaragama pada masa Daulah Abbasiyah sehingga dapat menciptakan kerukunan antara umat muslim dan nonmuslim! 5. Sebutkan tiga nilai -nilai keteladanan ilmuwan Daulah Abasiyah beserta contohnya!

Jawaban
1. Jelaskan yang dimaksud dengan produktivitas, literasi, dan toleransi!
* Produktivitas: Produktivitas mengacu pada efisiensi dan efektivitas dalam menghasilkan sesuatu, baik barang maupun jasa. Ini mencakup rasio antara output (hasil yang dicapai) dan input (sumber daya yang digunakan, seperti waktu, tenaga, dan bahan baku). Semakin tinggi output yang dihasilkan dengan input yang sama, semakin tinggi produktivitasnya.
* Literasi: Literasi secara umum merujuk pada kemampuan membaca dan menulis. Namun, dalam konteks yang lebih luas, literasi mencakup kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan menciptakan informasi dalam berbagai bentuk, termasuk teks tertulis, angka, gambar, dan media lainnya. Literasi juga mencakup kemampuan berpikir kritis, menganalisis informasi, dan mengkomunikasikan ide-ide secara efektif. Contohnya, literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan dan memahami teknologi informasi dan komunikasi.
* Toleransi: Toleransi adalah sikap menghargai dan menerima perbedaan pendapat, keyakinan, dan budaya orang lain, meskipun berbeda dengan pandangan atau keyakinan sendiri. Ini melibatkan kesediaan untuk hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati, tanpa memaksakan pandangan sendiri kepada orang lain.
2. Amati narasi berikut! Nilai apa yang diteladan Fatimah, Hanifah, dan Fahmi? Jelaskan beserta bidang yang sesuai dengan masa Daulah Abbasiyah!
Nilai yang diteladani Fatimah, Hanifah, dan Fahmi adalah:
* Kreativitas dan Inovasi: Mereka menunjukkan kreativitas dengan menghasilkan karya seni dan kerajinan yang beragam. Inovasi terlihat dalam upaya mereka untuk menghasilkan produk yang dapat dijual, menunjukkan inisiatif dan jiwa kewirausahaan.
* Kerja Sama dan Kolaborasi: Mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menghasilkan dan menjual karya-karya mereka.
* Ketekunan dan Kerja Keras: Mereka memanfaatkan waktu liburan mereka secara produktif dengan mengerjakan proyek mereka.
Bidang yang sesuai dengan masa Daulah Abbasiyah: Ketiga aktivitas tersebut (membuat batik, kaligrafi, dan melukis) sesuai dengan perkembangan seni dan kerajinan pada masa Daulah Abbasiyah. Masa ini dikenal dengan kemajuan pesat dalam berbagai bidang seni, termasuk seni rupa (lukis dan kaligrafi) dan kerajinan tekstil (batik).
3. Mengapa seni patung dan lukis pada masa Daulah Abbasiyah banyak dipengaruhi oleh kultur dan budaya nonmuslim?
Seni patung dan lukis pada masa Daulah Abbasiyah banyak dipengaruhi oleh kultur dan budaya nonmuslim karena beberapa faktor:
* Kontak dan Interaksi Budaya: Daulah Abbasiyah memiliki wilayah kekuasaan yang luas dan beragam, mencakup berbagai kelompok etnis dan agama. Interaksi yang intensif dengan budaya Persia, Bizantium, dan lainnya menyebabkan pertukaran ide dan gaya artistik.
* Kebijakan Toleransi: Daulah Abbasiyah relatif toleran terhadap agama dan budaya nonmuslim. Hal ini memungkinkan seniman dari berbagai latar belakang untuk berkarya dan berinteraksi, menghasilkan percampuran gaya dan teknik.
* Pengaruh Pusat-Pusat Peradaban: Baghdad sebagai pusat pemerintahan Daulah Abbasiyah menjadi pusat pertemuan berbagai budaya dan peradaban. Seniman dari berbagai latar belakang berkumpul di sana, sehingga terjadi pertukaran dan penggabungan gaya artistik.
4. Tuliskan contoh toleransi antaragama pada masa Daulah Abbasiyah sehingga dapat menciptakan kerukunan antara umat muslim dan nonmuslim!
Contoh toleransi antaragama pada masa Daulah Abbasiyah:
* Kebebasan Beragama: Daulah Abbasiyah memberikan kebebasan beragama kepada penduduk nonmuslim, seperti Kristen dan Yahudi. Mereka diizinkan untuk menjalankan ibadah dan ritual keagamaan mereka.
* Jabatan Publik: Orang-orang nonmuslim diangkat ke posisi penting dalam pemerintahan dan administrasi. Ini menunjukkan kepercayaan dan penerimaan terhadap mereka.
* Kerjasama dan Kolaborasi: Umat muslim dan nonmuslim bekerja sama dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, ilmu pengetahuan, dan seni. Hal ini menunjukkan adanya rasa saling menghormati dan kerja sama.
* Pembangunan Rumah Ibadah: Daulah Abbasiyah tidak hanya membangun masjid, tetapi juga melindungi dan membiarkan pembangunan gereja dan sinagoge.
5. Sebutkan tiga nilai-nilai keteladanan ilmuwan Daulah Abbasiyah beserta contohnya!
Tiga nilai keteladanan ilmuwan Daulah Abbasiyah:
* Keingintahuan dan Rasa Ingin Tahu yang Tinggi: Ilmuwan Daulah Abbasiyah memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap dunia dan alam semesta. Contohnya, Al-Khawarizmi yang mengembangkan aljabar dan aritmatika, menunjukkan keingintahuan yang tinggi dalam bidang matematika.
* Dedikasi dan Kerja Keras: Mereka mendedikasikan hidup mereka untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Contohnya, Ibnu Sina (Avicenna) yang menulis *The Canon of Medicine*, sebuah ensiklopedia medis yang berpengaruh selama berabad-abad, menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa.
* Kemauan untuk Berbagi Pengetahuan: Mereka menyebarkan pengetahuan mereka kepada orang lain melalui tulisan, pengajaran, dan diskusi. Contohnya, Al-Biruni yang menulis berbagai buku tentang astronomi, geografi, dan sejarah, menunjukkan kemauan untuk berbagi pengetahuannya dengan dunia.
Pertanyaan Panas
lebih
Perkembang an kebudayaan pada zaman ini berlangsung lahih cepat dari masa sebelumnya . Hal ini di sebabkan antara lain: 1. Keadaan alam yang sudah lzh
Berikut ini dampak positif terjadiny a perubahan sosial di dalam ma syarakat, kecuali __ Terciptanya pola pikir yang maju dan semakin terbuka Meningka
13. Peristiwa yang menandai berakhirnya kekuasaan Dil A. Jatuhnya negeri Syiria olch pasukan Abul Abbas B. Berdirinya kota Bagdad C.Tcriadinya pertemp
Saat mengerjakan tugas sejarah , Maya membaca tentang proses penyusunan UUD 1945 Siapakah ketua Panitia Perancang UUD pada masa BPUPKI? Ir. Soekarno M
With his extensive experience and unwavering dedication, Kimura's mission was to significantly increase Hawaii's energy independence, save billions of
15. Sidang PPKI merupakan kelanjutan dari siding BPUPKI dari 10-16 Juli 1945 yang telah menghasilkan __ (10Poin)ast [ Proklamasi kemerdekaan Rumusan P
Sunan Gunung Jati adalah salah seorang dari Walisanga yang banyak memberikan kontribusi dalam menyebark an agama Islam di __ khususnya a di daerah __
Suku Kajang tinggal di Kabupaten Bulukamba sekitar 200 km dari Kota Makasar. Suku Kajang mudah dikenali karena mereka memakai pakaian serba hitam sorb
40. Pada masa pendudukan Jepang , berbagai tokoh pergerakan nasional memanfaatkan situasi untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia . Salah satu toko
Periode demokrasi yang berlangsung dari tahun 1945 hingga 1959 di Indonesia disebut __ A Demokrasi Konstitusional B Demokrasi Pancasila C Demokrasi Li
herlawat mencari sumber rempah rempah di dunia Timur Permintaannya saat itu berlayar mencari sumber Spanyol untuk adalah __ A. Perbekalan bahan baku m
Kebudayaan India berkaitan erat dengan hinduisr ne. Hinduism e mulai berkemba ang di lembah Sungai Gangga. Kebudaya an lembah Sungai Gangga merupakan
1. Cara hompikir dalam memahami, dan menginterprotas dalam sejarah adalah cara apa yang dimakaud berpikir diakronik! 2. Ada beberapa ruany lingkup sej
4. Dinasti Abbusiyah berdiri metelah beruntuhan daulah umayyah yaitu pada tahun __ 11. 750 M b. 770 M C. 760M d. 775M 5. Isu politik utama yang dimunc
1. Sebutkan hasil KMB 23 Agustus sampai 2 November 1948! 2. Jelaskan latar belakang ter jadinya Gerakan DI/TII Jawa Barat yang dipimpin Kartosuwiryo!