Pertanyaan
21:22 @ & 46.11 76 E-Commerce Tokopedia diretas hacker . 91 juta data akun pengguna dan 7 juta akun merchant dikabarkan bocor dan dijual di Dark Web . Pada 2019 , Tokopedia mengklaim memiliki 91 juta pengguna . Kasus ini terungkap ke publik oleh akun twitter @underthebreacl n yang mengklaim dirinya sebagai layanan pengawasan dan pencengahan kebocoroan data asal Israel Awalnya peretas dengan nama akun Whysodank menawarkan 15 juta data akun pengguna Tokopedia di forum RaidForums . Hacker berbagi data untuk meminta bantuan peretas lain membuka kunci algoritma password akun tersebut karena masih di-hash. Data yang ditawarkannya berupa User ID, email , nama lengkap , tanggal lahir jenis kelamin , nomor ponsel dan password tersandi. Ia mengklaim data ini dari peretasan yang terjadi pada 20 Maret 2020 "Saya memutuskan untuk membagi data bagian dari timbunan data Tokpedia [yang diretas] Maret 2020 dan akan membagikan 15 juta dari banyak lagi,"tulisnya pada ReidForums. seperti dikutip Senin (4/5/2020) Sehari kemudian,hacker mengumumkan telah menjual 91 juta data seharga US 5.000 atau I setara Rp75juta . Ia menjuadlnya di Empire Market, pasar gelap di Dark Web. Manajemen Tokopedia sendiri sudah mengakui akan adanya upaya pencurian data pengguna Tokopedia namun informasi penting seperti password tetap berhasil terlindungi "Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami anjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar VP of Corporate Communication Tokopedia , Nuraini Razak. Nuraini menambahkan Tokopedia menerapkan keamanan berlapis , termasuk dengan OTP yang hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun . Mereka pun selalu mengedukasi seluruh pengguna untuk tidak memberikan kode OTP kepada siapapun dan untuk alasan apapun "Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran . Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran., termasuk : informasi kartu debit.kartu kredit dan OVO di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak dalam keterangan pers, Minggu (3/5/2020). Sumber https://www .cnbcindonesia .com/tech 3 cerita -lengkap-bocornya -91-juta-data -akun -tokopedia Berdasarkan artikel tersebut: 1. Kasus di atas menggambarkan terjadinya pelanggaran etika bisnis pada Tokopedia, coba Anda analisa dan uraikan! 2. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh Tokopedia untuk menghindari terjadinya pelanggaran etika bisnis seperti kasus di atas!
Jawaban
1. Keamanan data pelanggan yang tidak memadai:
- Tokopedia gagal melindungi data pribadi dan sensitif 91 juta pengguna dan 7 juta merchant dari serangan hacker.
- Kebocoran data seperti nama, email, nomor telepon, dan password yang terenkripsi menunjukkan kelemahan sistem keamanan Tokopedia.
- Hal ini melanggar prinsip etika bisnis terkait perlindungan data dan privasi pelanggan.
2. Transparansi dan keterbukaan informasi yang kurang:
- Tokopedia tidak segera mengumumkan dan mengakui adanya kebocoran data secara transparan kepada publik.
- Informasi baru terungkap setelah diungkap oleh pihak lain, menunjukkan kurangnya transparansi Tokopedia.
- Hal ini melanggar prinsip etika bisnis terkait keterbukaan informasi kepada pemangku kepentingan.
3. Tanggung jawab sosial yang kurang:
- Tokopedia tidak segera mengambil langkah-langkah untuk melindungi pengguna dan merchant dari dampak kebocoran data.
- Komunikasi Tokopedia terkesan reaktif dan kurang proaktif dalam menangani insiden ini.
- Hal ini melanggar prinsip etika bisnis terkait tanggung jawab sosial perusahaan.
Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan Tokopedia untuk menghindari pelanggaran etika bisnis serupa:
1. Meningkatkan keamanan sistem dan perlindungan data pelanggan:
- Melakukan audit keamanan sistem secara berkala dan menerapkan standar keamanan data yang ketat.
- Menggunakan enkripsi dan autentikasi yang kuat untuk melindungi data sensitif.
- Menerapkan sistem pemantauan dan deteksi dini terhadap ancaman keamanan.
2. Meningkatkan transparansi dan keterbukaan informasi:
- Segera mengakui dan mengumumkan insiden kebocoran data secara terbuka dan transparan.
- Memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya.
- Membangun komunikasi yang proaktif dan responsif dalam menangani insiden.
3. Meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan:
- Mengambil langkah-langkah cepat untuk melindungi pelanggan dan merchant dari dampak kebocoran data.
- Menyediakan bantuan dan kompensasi yang memadai bagi pihak-pihak yang terdampak.
- Mengevaluasi dan memperbaiki proses bisnis untuk mencegah terulangnya insiden serupa di masa depan.
Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, Tokopedia dapat memperbaiki praktik etika bisnisnya dan memulihkan kepercayaan pelanggan serta pemangku kepentingan lainnya.
Pertanyaan Panas lebih
A. Rp . 100 trilyun B 125 Trilyun C. 75 trilyun D. 50 trilyun E. Maka berapa total pendapatan naslonalnya apaona me 15 . Kesenjangan ekonomi dapat dia
Nomor bukti transaksi dibuat berdasarkan __ Urutan nomor bukti transaksi Tanggal pencatatan bukti kas keluar Tanggal transaksi Urutan penerimaan bukti
Isi surat pribadi lebih dititik beratkan pada __ Model surat Model tulisan Penyusunan surat Penyusunan bahasa Penyusunan kalimat Fungsi yang membutuhk
Yang bukan salah satu penyebab gagalnya seorang pelaku bisnis dalam menjalankan usaha adalah. __ Manager tidak kompeten Pemasaran kurang Lokasi kurang
6. Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi merupat Buatlah empat berkaitan.tetapi memiliki definisi dan ruang lingkup yang berbeda. Buatlah empat
Jika kamu lingin menginvestasikan trang di suatu Bank maka kamu akan memilih Bank dengan penerapan Bunga Majemuk atau Bunga Tunggal? Bunga Majemuk Bu
Langkah pertama dalam penyusunan program K3LH adalah: Membuat laporan keuangan Menetapkan waktu istirahat pekerja Melakukan audit lingkungan Identifik
Biaya peluang ekonomi sering kali tidak poin terlihat dalam laporan keuangan karena. __ Muncul dalam bentuk uang tunai Muncul dalam bentuk aset Merupa
Pengelolaal n (manager)dalam koperasi diangkat atau dipilih oleh __ A Pengurus B Pimpinan koperasi C Rapat anggota D Badan pengawas E Para anggota
Perhatikan beberapa karakteristik usaha berikut 1. Cepat dalam pengambilan keputusan 2 . Kemajuar usaha sangat bergantung pada keahlian pemiliknya 3.
38. Bagian rencana usaha yang berisi tentang surat-surat,data penelitian dasar, surat-surat kontrak dan dokumen, perjanjian lainnya ,dan daftar harga
D. Terusahaan harus meliciapitan gan in hubungan timbal balik semua personi yang menyeleng pekerjaan yang berhubungan dengannya dan mempengaruhi kesel
Berikut contoh layanan bantuan teknis dan IT,adalah __ Pilihan jawaban A Layanan penerjemah B Layanan jasa perpindahan lokasi kantor D C Layanan penga
11. Seluruh organisasi sangat tergantung pada satu orang sehingga jika pimpinan tersebut tidak mampu, maka organisasi tersebut akan terancam jatuh . H
1. Sebutkan faktor-faktor utama dalam memilih lokasi usaha! 2. Sebutkan 2 golongan biaya produksi! 3. Bagaimana cara kerja faktor produksi terus mener