Pertanyaan
No SOAL Bobot Jelaskan tahapan-tahapan yang terjadi saat 1. proses "Transkripsi " dan "Translasi" pada 30 Ekspresi Gen. Pada tanaman Zea mays terdapat gen Y yang mengontrol warna daun hijau (dominan), sedangkan alel y dalam keadaan homozigot bersifat letal. 30 2. Jika dua tanaman jagung berdaun hijau dengan genotipe heterozigot saling disilangkan, tentukan rasio fenotipe keturunan yang hidup dengan mati. Posisi anak daun pada tanaman tomat dikendalikan oleh dua gen (P dan A)yang saling berinteraksi. Gen P menyebabkan posisi anak daun ke atas , dan bersifat epistasis terhadap gen A maupun a. Pada saat muncul gen pp, maka fenotipe ditentukan oleh gen A atau aa. Gen A menyebabkan posisi anak daun 40 ke samping dan dominan terhadap gen aa 3. yang . I menyebabkan posisi anak daun ke bawah. Apabila disilangkan tanaman dengan posisi anak daun ke atas (PPaa) dengan tanaman dengan posisi anak daun ke samping (ppAA) Maka tentukan raiso fenotipe keturunan F2 nya, apabila dilakukan persilangan antara sesama keturunan F1.
Jawaban
Jawaban Soal Ekspresi Gen dan Pewarisan Sifat
Berikut penjelasan dan penyelesaian soal yang Anda berikan:
Soal 1. Jelaskan tahapan-tahapan yang terjadi saat proses "Transkripsi" dan "Translasi" pada Ekspresi Gen. (Bobot 30)
Ekspresi gen adalah proses di mana informasi genetik dalam gen digunakan untuk mensintesis produk gen fungsional, seperti protein. Proses ini melibatkan dua tahap utama: transkripsi dan translasi.
Transkripsi:
1. Inisiasi: Enzim RNA polimerase menempel pada daerah promotor gen di DNA. Promotor adalah urutan DNA spesifik yang menandai awal gen.
2. Elongasi: RNA polimerase membuka untai ganda DNA dan bergerak sepanjang untai DNA template, mensintesis molekul RNA messenger (mRNA) komplementer. Urutan basa nitrogen pada mRNA ditentukan oleh urutan basa pada DNA template, mengikuti aturan pasangan basa (A-U, G-C).
3. Terminasi: RNA polimerase mencapai urutan terminasi pada DNA, melepaskan mRNA yang baru disintesis. mRNA kemudian mengalami pemrosesan (pada eukariota) seperti penambahan tudung 5' dan ekor poli-A, serta penyambungan (splicing) untuk menghilangkan intron dan menyambungkan ekson.
Translasi:
1. Inisiasi: mRNA berikatan dengan ribosom. Ribosom membaca kodon start (AUG) pada mRNA, yang menandai awal urutan pengkodean protein. tRNA (transfer RNA) yang membawa antikodon komplementer (UAC) dan asam amino metionin (Met) berikatan dengan kodon start.
2. Elongasi: Ribosom bergerak sepanjang mRNA, membaca kodon satu per satu. Setiap kodon sesuai dengan asam amino spesifik. tRNA yang membawa asam amino yang sesuai berikatan dengan kodon pada mRNA. Ikatan peptida terbentuk antara asam amino yang berurutan, membentuk rantai polipeptida.
3. Terminasi: Ribosom mencapai kodon stop (UAA, UAG, atau UGA) pada mRNA. Tidak ada tRNA yang sesuai dengan kodon stop. Rantai polipeptida dilepaskan dari ribosom. Rantai polipeptida kemudian dapat mengalami modifikasi pasca-translasi untuk membentuk protein fungsional.
Soal 2. Pada tanaman Zea mays terdapat gen Y yang mengontrol warna daun hijau (dominan), sedangkan alel y dalam keadaan homozigot bersifat letal. Jika dua tanaman jagung berdaun hijau dengan genotipe heterozigot saling disilangkan, tentukan rasio fenotipe keturunan yang hidup dengan mati. (Bobot 30)
Genotipe tanaman jagung berdaun hijau heterozigot adalah Yy. Persilangannya adalah:
Yy x Yy
Gamet: Y dan y x Y dan y
Keturunan (F1):
* YY (hidup, hijau)
* Yy (hidup, hijau)
* yY (hidup, hijau)
* yy (mati)
Rasio genotip: 1 YY : 2 Yy : 1 yy
Rasio fenotip yang hidup: 3 hijau : 0 tidak hijau (karena yy letal)
Rasio fenotip hidup vs mati: 3 hidup : 1 mati
Soal 3. Posisi anak daun pada tanaman tomat dikendalikan oleh dua gen (P dan A) yang saling berinteraksi. Gen P menyebabkan posisi anak daun ke atas, dan bersifat epistasis terhadap gen A maupun a. Pada saat muncul gen pp, maka fenotipe ditentukan oleh gen A atau aa. Gen A menyebabkan posisi anak daun ke samping dan dominan terhadap gen aa yang menyebabkan posisi anak daun ke bawah. Apabila disilangkan tanaman dengan posisi anak daun ke atas (PPaa) dengan tanaman dengan posisi anak daun ke samping (ppAA), maka tentukan rasio fenotipe keturunan F2-nya, apabila dilakukan persilangan antara sesama keturunan F1. (Bobot 40)
1. Persilangan P1: PPaa (atas) x ppAA (samping)
Gamet: Pa x pA
F1: PpAa (semua atas karena P epistatis terhadap A)
2. Persilangan F1: PpAa x PpAa
Gamet: PA, Pa, pA, pa x PA, Pa, pA, pa
Untuk menentukan F2, kita perlu membuat tabel Punnett yang lebih besar (16 kotak). Namun, kita bisa menyederhanakan dengan menganalisis kemungkinan genotip dan fenotip:
* Gen P: Rasio genotip PP:Pp:pp adalah 1:2:1
* Gen A: Rasio genotip AA:Aa:aa adalah 1:2:1
Kita perlu mempertimbangkan interaksi kedua gen:
* PP atau Pp: Fenotip atas (tidak peduli gen A)
* pp: Fenotip ditentukan oleh gen A:
* AA atau Aa: Fenotip samping
* aa: Fenotip bawah
Dengan demikian, rasio fenotip F2 adalah:
* Atas: PP (1/4) + Pp (1/2) = 3/4 dari total keturunan
* Samping: ppAA (1/16) + ppAa (2/16) = 3/16 dari total keturunan
* Bawah: ppaa (1/16) dari total keturunan
Rasio fenotip F2: 12 atas : 3 samping : 1 bawah
Kesimpulan:
Semoga penjelasan dan penyelesaian soal di atas membantu pemahaman Anda tentang ekspresi gen dan pewarisan sifat. Ingatlah bahwa pemahaman yang mendalam membutuhkan studi lebih lanjut dan latihan soal.
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan