Pertanyaan
Dalam pelajaran biologi tujuan pembelajaran adalah "siswa mampu menganalisis perbedaan struktur sel hewan dan tumbuhan Guru memilih metode diskusi kelompok, di mana siswa bekerja sama untuk membandingkan gambar struktur sel dan menjelaskan perbedaannya Metode ini sesual dengan tujuan pembelajaran karena: __ a. Diskusi memungkinkan siswa menghafal perbedaan struktur sel dengan bantuan guru b. Diskusi mendorong siswa untuk membangun pemahaman secara mandir melalui kolabonasi c. Metode diskusi hanya cocok untuk pembelajaran berbasis individu d. Diskusi membatasi siswa dalam mengeksploras:sumber belajar tambahan Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakar video simulasi lebih memahami proses eksperimen ilmiah dibandingkan siswa yang hanya membaca teks di buku. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki peran penting dalam __ a. Mengurangi beban kerja guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. b. Meningkatkan motivasi siswa melaku hiburan semata
Jawaban
Metode diskusi kelompok, khususnya dalam konteks membandingkan gambar struktur sel hewan dan tumbuhan, sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran karena mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar. Mereka tidak hanya menerima informasi secara pasif, tetapi juga berkolaborasi untuk menganalisis perbedaan struktur, membangun pemahaman mereka sendiri melalui diskusi dan pertukaran ide. Opsi a salah karena diskusi bukan hanya tentang menghafal, tetapi memahami. Opsi c salah karena diskusi justru sangat cocok untuk pembelajaran kolaboratif, bukan individu. Opsi d salah karena diskusi dapat membuka peluang untuk mengeksplorasi sumber belajar tambahan jika difasilitasi dengan baik.
Jawaban untuk pertanyaan kedua adalah bahwa media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Meskipun pilihan a dan b memiliki unsur kebenaran, fokus utama hasil penelitian adalah pada peningkatan pemahaman. Video simulasi, dalam hal ini, terbukti lebih efektif daripada teks buku dalam membantu siswa memahami proses eksperimen ilmiah. Peningkatan pemahaman ini merupakan dampak langsung dari media pembelajaran yang digunakan, bukan hanya pengurangan beban guru atau hiburan semata.
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan