AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Hukum / d. Kemampuan untuk menghindari informasi publik 7. Kapan UU KIP diberlakukan di Indonesia? a. 2005 b

Pertanyaan

d. Kemampuan untuk menghindari informasi publik 7. Kapan UU KIP diberlakukan di Indonesia? a. 2005 b. 2006 c. 2007 d. 2008 8. Apa peran
zoom-out-in

d. Kemampuan untuk menghindari informasi publik 7. Kapan UU KIP diberlakukan di Indonesia? a. 2005 b. 2006 c. 2007 d. 2008 8. Apa peran ANBK dalam mempromosikan keterbukaan informasi publik? a. Menyediakan platform untuk ujian nasional b. Mengukurkompetensiliterasidan numerasi siswa c. Memberikan pelatihan khusus kepada guru c. Memberikan alathat terhadap informasi pendidikan 9. Mengapa akses terhadap informasi publik penting bagi siswa? a. Untuk meningkatkan keterampilan sosial b. Untuk memenuhi tugas sekolah c. Untuk mendukung pembelajaran seumur hidup d. Untuk mengikuti tren terkini 10. Bagaimana literasi digital berhubungan dengan keterbukaan informasi publik? a. Literasi digital mengurangi kebutuhan akan informasi publik b. Literasi digital memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang informasi publik c. Literasi digital hanya berfokus pada teknologi d. Literasi digital tidak terkait dengan informasi publik 11. Apa yang harus dilakukan jika badan publik menolak permintaan informasi? a. Menerima keputusan tanpa pertanyaan b. Mengajukan keberatan melalui mekanisme yang tersedia c. Mengabaikan kebutuhan informas tersebut d. Mengadakan protes publik 12. Apa dampak positif dari keterbukaan informasi publik terhadap masyarakat? a. Meningkatkan partisipasi dalam proses demokrasi b. Mengurangi keterlibatan masyarakat dalam pemerintahan c. Membatasi dialog antara pemerintah dan masyarakat d. Menurunkan tingkat literasi masyarakat 13. Bagaimana UU KIP mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia? a. Dengan mengurangi transparans sekolah b. Dengan meningkatkan akses terhadap materi pendidikan c. Dengan membatasi informasi tentang kurikulum d. Dengan menghilangkan kebutuhan akan buku teks 14. Apa yang dimaksud dengan "informasi terbuka' dalam konteks UU KIP? a. Informasi yang hanya tersedia untuk pejabat pemerintah b. Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum c. Informasi yang dibatasi untuk penggunaan internal d. Informasi yang tidak relevan dengan publik 15. Bagaimana ANBK dapat membantu siswe memahami pentingnya keterbukaan informas publik? a. Dengan memberikan soal-soal yang tidak terkait dengan topik b. Dengan mengukur kemampuan siswa dalam literasi informasi c. Dengan membatasi akses siswa terhadap informasi d. Dengan fokus pada pelajaran matematik saja

Tampilkan lebih banyak
185
Jawaban
4.1 (354 suara)
avatar
Ekta veteran · Tutor selama 9 tahun

Jawaban

b. 2006

Penjelasan

Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di Indonesia diberlaskan pada tahun 2006. Undang-undang ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi publik dapat diakses oleh masyarakat secara bebas dan transparan.
8. Apa peran ANBK dalam mempromosikan keterbukaan informasi publik?
Jawaban: c. Memberikan pelatihan khusus kepada guru
Penjelasan: ANBK (Agensi Nasional Berkala) memiliki peran penting dalam mempromosikan keterbukaan informasi publik di Indonesia. ANBK memberikan pelatihan khusus kepada guru tentang pentingnya keterbukaan informasi dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam kurikulum dan praktik pengajaran mereka.
9. Mengapa akses terhadap informasi publik penting bagi siswa?
Jawaban: c. Untuk mendukung pembelajaran seumur hidup
Penjelasan: Akses terhadap informasi publik penting bagi siswa karena membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi warga yang berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif dalam masyarakat. Informasi publik dapat membantu siswa memahami isu-isu sosial, politik, dan ekonomi, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.
10. Bagaimana literasi digital berhubungan dengan keterbukaan informasi publik?
Jawaban: b. Literasi digital memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang informasi publik
Penjelasan: Literasi digital adalah kemampuan untuk mengakses, menggunakan, dan mengevaluasi teknologi dan informasi digital. Dengan menjadi literas digital, siswa dapat lebih memahami dan mengakses informasi publik, yang pada gilirannya dapat membantu mereka menjadi warga yang lebih terinformasi dan berpartisipasi dalam masyarakat.
11. Apa yang harus dilakukan jika badan publik menolak permintaan informasi?
Jawaban: b. Mengajukan keberatan melalui mekanisme yang tersedia
Penjelasan: Jika badan publik menolak permintaan informasi, pengguna dapat mengajukan keberatan melalui mekanisme yang tersedia, seperti mengajukan permintaan informasi yang lebih spesifik atau mengajukan permintaan informasi kepada otoritas yang lebih tinggi.
12. Apa dampak positif dari keterbukaan informasi publik terhadap masyarakat?
Jawaban: a. Meningkatkan partisipasi dalam proses demokrasi
Penjelasan: Keterbukaan informasi publik memungkinkan masyarakat untuk lebih terinformasi tentang keputusan dan tindakan pemerintah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam proses demokrasi. Dengan memiliki akses ke informasi yang relevan, masyarakat dapat lebih terlibat dalam pembuatan keputusan dan dapat memegang pemerintah bertanggung jawab atas tindakan mereka.
13. Bagaimana UU KIP mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia?
Jawaban: b. Dengan meningkatkan akses terhadap materi pendidikan
Penjelasan: UU KIP mempromosikan akses terhadap informasi publik, termasuk materi pendidikan. Dengan meningkatkan akses ke materi pendidikan, UU KIP membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan siswa dan guru akses ke sumber daya dan informasi yang mereka butuhkan untuk belajar dan mengajar dengan lebih baik.
14. Apa yang dimaksud dengan "informasi terbuka" dalam konteks UU KIP?
Jawaban: b. Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum
Penjelasan: Dalam konteks UU KIP, "informasi terbuka" adalah informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum, bukan hanya pejabat pemerintah atau pengguna tertentu. Informasi terbuka bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang terinformasi.
15. Bagaimana ANBK dapat membantu siswa memahami pentingnya keterbuka
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

1. Berikan Contoh Norma dan Sanksi yang berlaku di daerah kamu! No Norma berdasarkan Contoh Perilaku Sanksi tingkatannya 1 Cara (Usage) square square

ah Muatan PPKn KD3.2 __ 1 - Kewajiban manusia kepada lingkungan tempat tinggalnya antara lain __ a memanfaatkan lingkungan sesuka hati b mengambil sel

19. Komisi Pemberantasan Korupsi { KPK )adalah sebuah komisi yang dibentuk pada tahun 2003 berdasarkan Undang-undang No berapa. __ 20. Apa yang dimaks

6 Peraturan perundang-undangar yang diletapkan oleh Presiden untuk melaksanakan Undang-Undang sebagai mana mestinya adalah __ A. Peraturan Preseden C.

TEMA 6 1.Setiap warga berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarka n pendapat merupakan hak warga negara Indonesia yang tercantum dalam pasal

Penerapan hukum archimides atau paskal dalam kehidupan sehari hari yang menurut saya penting

2. Jelaskan secara realita pengamalan / wujud bentuk pelaksanaan pasal 11 dan 13 UUD NRI Tahun 1945!

0. Manfaat perilaku patuh terhadap Deraturan perundang .undangar I bagi kehidupan masyarakat adalah __ a . menciptakan keamanan I dan ketertiban lingk

jelaskan 7 kasus tentang perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia.

1. Carilah kesepakatan -kesepakatan dasar yang berkaitan dengan perubahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 2. Mengapa Pembukaan UUD 1945 tida

(9) Perhatikan wacana di bawah imi! Negará Indonesia telah menjamin ke- bebasan warga negaranya untuk berserikat. Akan têtapi, pemerintah tidak tingga

1. Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 28D Ayat (2), hak yang harus diperoleh orang pada gambar tersebut adalah __ a. tempat tinggal

7. Pengertian norma kesusilaan adalah __ a. Himpunan petunjuk atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat b. Hasil dar

3 . Seseorang bebas untuk mengajukan permohonan atau mendaftar Hak Atas Kekayaan Intelektual. Hak eksklusif yang diberikan negara kepada individu ters

1. Jelaskan alasan mengapa hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang?