Pertanyaan
1. Diketahui Rata-rata kedatangan pelanggan setiap 4 menit (dalam waktu 4 menit ada satu langganan yang datang), rata -rata waktu pelayanan 2,5 menit (untuk melayani seorang pelanggan diperlukan waktu 2,5 menit).Hitunglah: a. Rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem . (Bobot 10 POIN) b. Rata-rata banyaknya pelanggan yang menunggu dalam antrian sebelum menerima layanan (Bobot 10 POIN) c. Rata-rata waktu seorang pelanggan menunggu dalam antrian (Bobot 10 POIN) d. Rata-rata waktu seorang pelanggan menunggu sebelum menerima layanan(Bobot : 10 POIN) e. Probabilitas tidak ada pelanggan (Bobot 10 POIN) 2. Mahasiswa/wi melakukan pengamatan langsung di lingkungan sekitar atau sistem nyata mengenai permasalahan sistem yang ada kemudian diselesaikan dengan bantuan software promodel serta menjawab pertanyaan -pertanyaan di bawah: a. Deskripsi singkat permasalahan (Bobot 3 POIN) b. Tata letak (Bobot : 3 POIN) c. Diagram aliran entitas (Bobot 3 POIN) d. Model Konseptual (Bobot 3 POIN) e. Analisis data output (Bobot 3 POIN)
Jawaban
a. Rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem
Untuk menghitung rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem, kita dapat menggunakan rumus untuk sistem antrian M/M/1:
\[
L = \frac{\lambda}{\mu - \lambda}
\]
Di mana:
- \(\lambda\) adalah laju kedatangan pelanggan (1/it).
- \(\mu\) adalah laju pelayanan (1/2,5 menit).
\[
L = \frac{\frac{1}{4}}{\frac{1}{2.5} - \frac{1}{4}} = \frac{0.25}{0.25 - 0.25} = \frac{0.25}{0}
\]
Namun, ini menghasilkan ketidakkonsistenan karena pembagiannya menjadi nol. Oleh karena itu, kita harus memeriksa kembali asumsi atau kondisi yang mungkin tidak memungkinkan dalam konteks nyata.
b. Rata-rata banyaknya pelanggan yang menunggu dalam antrian seenerima layanan
Dalam sistem M/M/1, rata-rata jumlah pelanggan yang menunggu dalam antrian adalah sama dengan rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem, yaitu \(L\).
Jadi, jawabannya adalah \(L\).
c. Rata-rata waktu seorang pelanggan menunggu dalam antrian
-rata waktu seorang pelanggan menunggu dalam antrian dapat dihitung dengan:
\[
W_q = \frac{L}{\mu}
\]
Menggunakan nilai \(L\) dari bagian (a):
\[
W_q = \frac{L}{\frac{1}{2.5}} = 2.5L
\]
d. Rata-rata waktu seorang pelanggan menunggu sebelum menerima layanan
Rata-rata waktu seorang pelanggan menunggu sebelum menerima layanan adalah sama dengan rata-rata waktu menunggu dalam antrian, yaitu \(W_q\).
Jadi, jawabannya adalah \(W_q\).
e. Probabilitas tidak ada pelanggan
Probabilitas tidak ada pelanggan dalam sistem dapat dihitung dengan:
\[
P_0 = 1 - L
\]
Menggunakan nilai \(L\) dari bagian (a):
\[
P_0 = 1 - L
\]
2. Pengamatan dan Analisis Sistem:
a. Deskripsi singkat permasalahan
Permasalahan ini berkaitan dengan analisis sistem antrian di sebuah layanan pelanggan. Fokus utama adalah memahami bagaimana pelanggan tiba dan dilayani dalam sistem tersebut.
b. Tata letak
Tata letak mencakup elemen-elemen utama dalam sistem antrian seperti titik kedatangan pelanggan, titik layanan, dan antrian.
c. Diagram aliran entitas
Diagram aliran entitas akan menunjukkan alur pelanggan dari saat mereka tiba hingga mereka dilayani. Ini termasuk entitas seperti "Pelanggan Tiba", "Menunggu", dan "Dilayani".
d. Model Konseptual
Model konseptual menggambarkan struktur data dan algoritma yang digunakan untuk mengelola antrian. Ini bisa termasuk diagram berbasis objek atau representasi lain yang menunjukkan bagaimana data disimpan dan diproses.
e. Analisis data output
Analisis data output melibatkan evaluasi hasil dari sistem antrian, termasuk metrik seperti waktu tunggu rata-rata dan probabilitas keberadaan pelanggan dalam sistem. Ini membantu dalam mengidentifikasi area untuk perbaikan dan optimasi.
Pertanyaan Panas lebih
4. Negara Y menerapkan sistem ekonomi komando untuk mengatur kegiatan ekonomi negaranya. Seluruh sumber daya ekonomi yang dimiliki negara tersebut dik
2. Bagaimanakah anda membedakan antara Multimedia dengan Hypermedia, berikan penjelasan anda disertai dengan contoh? [Bobot: 20]
Perhatikan tabel berikut ini ! No & multicolumn(1)(|c|)( Prinsip Menggambar Persfektif ) 1 & Titik Pandang (Vanishing Point): 2 & Garis Panduan
Perhatikan gambar berikut! Dalam posisi Lionel Messi dibawah apakah yang yang akan kita lakukan sebagai Messi apabila kita sedang melakukan serangan
Perhatikan dan cermati urutan teknik lari jarak menengah berikut! 1) Setelah lepas dari garis start, langkahkan kaki ke depan dengan ayunan paha ke de
Eskalator atau tangga berjalan adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang
Kemajuan teknologi komunikasi saat ini telah merambah ke berbagai bidang kehidupan. Salah satu teknologi yang akrab di masyarakat adalah koneksi nirka
Pak Marsili membutuhkan sebuah perangkat storage yang sangat cepat dalam mentransfer data, mempunyai konsumsi energi listrik kecil, dan ringan. Perang
Data merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi kita sehingga perlu dilindungi, saat ini pembobolan data bisa lewat berbagai cara termasuk mel
Data merupakan salah satu sumber daya yang penting bagi kita sehingga perlu dilindungi, saat ini pembobolan data bisa lewat berbagai cara termasuk mel
Perhatikan logo beberapa software berikut! Dari gambar diatas, manakah yang termasuk sistem operasi? A. 1,2,3,4 B. 5,6,7,8 C. 2,3,5,7 D. 1,2,5
Gambar di bawah merupakan sebuah tampilan salah satu slide presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Apabila slide tersebut lebih dari satu dan pe
Perhatikan pernyataan di bawah ini! (1). Memanfaatkan komputer power dan server. (2). Menentukan informasi dan data yang masuk. (3). Untuk melakukan p
Semakin banyak pelanggan yang mengakses internet dari ISP, setidaknya memberikan jaminan mutu yang baik dari segi kualitas layanan, customer service 2
Gambar di bawah merupakan sebuah tampilan salah satu slide presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. Apabila slide tersebut lebih dari satu dan pe