AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Sejarah / 26. Kehidupan bertani di sawah mendorong me culnya semangat manusia pada masa prakaan culnva sen sos

Pertanyaan

26. Kehidupan bertani di sawah mendorong me culnya semangat manusia pada masa prakaan culnva sen sosial manusia pada masa kesadaran Munculnya kesadaran tersebut disebabkan
zoom-out-in

26. Kehidupan bertani di sawah mendorong me culnya semangat manusia pada masa prakaan culnva sen sosial manusia pada masa kesadaran Munculnya kesadaran tersebut disebabkan karena.... __ A.me membuka lahan di hutan membutuhkan keahlian dan keberanian B. kegiatan bertani di sawah memerlukan aturan bersama dalam masyarakat C. upaya membuka lahan pertanian memerlukan tenaga dalam jumlah banyak D. gotong royong diperlukan untuk mengan- tisipasi hama yang menyerang tanaman E. kegiatan pertanian mendorong manusia pada masa praaksara hidup secara menetap 27. Pada masa perundagian manusia memiliki ke- biasaan membangun punden berundak di daerah pegunungan . Fakta tersebut menunjukkan bahwa __ A. gunung menjadi tempat upacara pengor- banan manusia B. gunung dianggap sebagai tempat berse- mayamnya roh nenek moyang C masyarakat pada masa perundagian meng- anggap gunung memiliki kekuatan gaib D. punden berundak merupakan kompleks pemakaman sehingga harus diletakkan di tempat yang tinggi E. gunung merupakan tempat peristirahatan yang aman dari serangan hewan buas dan kelompok asing

Tampilkan lebih banyak
119
Jawaban
4.2 (405 suara)
avatar
Raj veteran · Tutor selama 10 tahun

Jawaban

26. Kehidupan bertani di sawah mendorong munculnya semangat gotong royong dan kesadaran solidaritas sosial manusia pada masa praaksara. Munculnya kesadaran tersebut disebabkan karena:

C. upaya membuka lahan pertanian memerlukan tenaga dalam jumlah banyak

Penjelasan: Kehidupan bertani, terutama di masa praaksara, sering kali membutuhkan kerja sama yang intensif antara anggota masyarakat. Proses membuka lahan baru, menanam, dan merawat tanaman biasanya memerlukan banyak tangan, sehingga mendorong munculnya semangat gotong royong dan kesadaran solidaritas sosial.

27. Pada masa perundagian manusia memiliki kebiasaan membangun punden berundak di daerah pegunungan. Fakta tersebut menunjukkan bahwa:

B. gunung dianggap sebagai tempat bersemayamnya roh nenek moyang

Penjelasan: Pada masa perundagian, masyarakat sering kali membangun punden berundak sebagai tempat peribadatan atau memperingati leluhur. Gunung, dengan ketinggiannya, sering dianggap sebagai tempat yang dekat dengan roh nenek moyang atau dewa-dewa, sehingga menjadi lokasi yang tepat untuk membangun punden berundak.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Perubahan sistem pertanian ladang ke sistem pertanian irigasi b.Penerimaan masyarakat terhadap p

4. Bersistem dan berproses merupakan salah satu syara-syarat kelompok sosial menurut __ 5. Selain kedekatan fisik dan geografis, pembentukan kelompok

Tahun barapo Salvion dan Celis mangaluakan pengertian mampatandokan anggota kaluarga? 1993 1998 1995 1997 5 points

1. Integrasi nasional atau bangsa adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan perbedaan dalam suatu negara ","B":"p pointing repair party phunan

c. zaman neozoikum c. Zaman tersier II. ESSAY 1. Sejarah berasal dari kata "syajaratun" dan diserap kebahasa melayu yaitu "gajirah" kebudan dalam baha

10.Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang 11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Pe

41. Dalam bidang seni budaya dan arsitektur,Khalifah Al-Mansur membangun kota Bagdad yang berbentuk bundar dan di tengahnya dibangun __ Al-Qasr Al-Zah

1. Setelah menguasi kongsi dagang di Batavia kini Banten menjadi saingan bagi VOC di perairan Selat Sunda sehingga menginginkan wilayah banten juga ta

Sama menjadi sebab Islam mudah di terima di Indonesia! 1. Apa perbedaan gelar Tengku dan Teuku pada keraiaan terima di Indonesia Sebutkan nama rain

A. server )2. Kendial di mana gollak penyelenggara yecara ctomatis skan monganggap tim voli tersebut moskipan belum bertanifing pada inut __ permainny

Lambang utama dari sila ke -2 Pancasila adalah rantai berwarna emas dengan warna dasar merah dan rantai tersebut tidak putus-putus . Makna dari bentuk

Orang melayu mengenal lambang pada bentuk ini , terutama yang berkaitan dengan kepercayaan dalam agama Hindu dan Budha. Adalah makna dari atap __ a. A

38. Tempat-tempat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah __ majelis taklim Masjid madrasah pesantren 39. Setelah kemb

Pada gelombang ketiga muballigh yang datang ke Nusantara adalah ulama __ a. Ahli politik b. ahli sufi C. Ahli fiqih d. A dan b benar Pada saat Kerajaa

Dumpak perubahan sosial terhadap kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat mengakibatkan stress, depresi, dan frustasi adalah __ a. cultural animosty b.