Pertanyaan
Terapkan Konsep Selamat ya kalian telah belajar satu topik penting , yaitu keragaman hayati! Kini saatnya kalian belajar untuk menerapkan konsep-konsep yang terkandung di dalamnya. Untuk belajar penerapan konsep tersebut lakukan langkah -langkah berikut: 1. Carilah peta kabupaten/kota tempat tinggal kalian! 2. Carilah keanekaragaman flora dan fauna yang ada di kabupaten/kota tempat tinggal kalian! 3. Deskripsikan ciri-ciri flora dan fauna yang ada di kabupaten kota tempat tinggal kalian! 4. Carilah informasi iklim , kelembaban udara, curah hujan, dan kondisi tanah di kabupaten/kota tempat kalian tinggal! 5. Bagaimana hubungan antara iklim , kelembaban udara,curah hujan, dan kondisi tanah tersebut dengan keanekaragaman flora dan fauna di wilayah kalian tinggal? 6. Bagaimanakah langkah pelestarian yang sesuai untuk kelestarian flora dan fauna di kabupaten/kota tempat tinggal kalian? 7. Jika sudah dapat menyelesaikan semua langkah tersebut imajinasikan penerapan konsep-konsep yang lainnya!
Jawaban
1. Peta Kabupaten/Kota:
* Cari peta: Kamu bisa mencari peta kabupaten/kota tempat tinggalmu di internet, buku atlas, atau aplikasi peta di ponsel. Pastikan peta tersebut menunjukkan detail wilayah, seperti sungai, gunung, dan hutan.
2. Keanekaragaman Flora dan Fauna:
* Cari informasi: Kamu bisa mencari informasi tentang flora dan fauna di daerahmu melalui internet, buku, atau bertanya kepada orang tua, guru, atau ahli di bidang lingkungan.
* Contoh: Misalnya, jika kamu tinggal di daerah pegunungan, kamu mungkin menemukan berbagai jenis pohon pinus, anggrek, burung elang, dan monyet. Di daerah pantai, kamu mungkin menemukan pohon kelapa, mangrove, ikan laut, dan penyu.
3. Ciri-ciri Flora dan Fauna:
* Perhatikan ciri khas: Catat ciri-ciri khusus dari flora dan fauna yang kamu temukan. Misalnya, warna bunga, bentuk daun, jenis bulu burung, atau bentuk cangkang hewan.
4. Iklim, Kelembaban, Curah Hujan, dan Kondisi Tanah:
* Cari data: Kamu bisa mencari data iklim, kelembaban, curah hujan, dan kondisi tanah di daerahmu melalui situs web Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau lembaga terkait lainnya.
* Contoh: Misalnya, daerahmu mungkin memiliki iklim tropis dengan kelembaban tinggi, curah hujan yang tinggi, dan tanah yang subur.
5. Hubungan dengan Keanekaragaman Hayati:
* Analisis: Perhatikan bagaimana faktor-faktor iklim, kelembaban, curah hujan, dan kondisi tanah memengaruhi jenis flora dan fauna yang hidup di daerahmu.
* Contoh: Curah hujan yang tinggi dapat mendukung pertumbuhan hutan hujan tropis yang kaya akan keanekaragaman hayati. Tanah yang subur dapat menunjang pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan, yang pada gilirannya menjadi sumber makanan bagi hewan.
6. Langkah Pelestarian:
* Pikirkan solusi: Berdasarkan informasi yang kamu kumpulkan, pikirkan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di daerahmu.
* Contoh:
* Menanam pohon untuk menjaga kelestarian hutan.
* Mengurangi penggunaan plastik dan sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.
* Melakukan kampanye edukasi tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati.
7. Penerapan Konsep Lainnya:
* Berimajinasi: Setelah memahami konsep keragaman hayati di daerahmu, kamu bisa menerapkan konsep-konsep lain, seperti:
* Ekosistem: Bagaimana flora dan fauna di daerahmu membentuk ekosistem yang saling berhubungan?
* Rantai makanan: Bagaimana aliran energi dan nutrisi terjadi di antara flora dan fauna di daerahmu?
* Pencemaran: Bagaimana aktivitas manusia dapat memengaruhi keanekaragaman hayati di daerahmu?
Ingat:
* Kumpulkan informasi: Semakin banyak informasi yang kamu kumpulkan, semakin baik pemahamanmu tentang keragaman hayati di daerahmu.
* Berdiskusi: Diskusikan hasil penelitianmu dengan teman, guru, atau ahli untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas.
* Beraksi: Jangan hanya belajar, tapi juga beraksi untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di daerahmu.
Selamat belajar dan semoga kamu menemukan hal-hal menarik tentang keragaman hayati di daerahmu!
Pertanyaan Panas lebih
4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:
9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen
Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol
4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah
Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli
7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan
Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb
Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp
(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d
5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:
Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M
Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se
Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat
Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a
Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan