Pertanyaan
Penggunaan pendekatan humanistik dalam pembelajaran IPS harus dilakukan guru dengan mengikuti langkah-langkah berikut. __ 1)tujuan pembelajaran 2) pembagian tugas tema pokok dari berbagai disiplin ilmu 3)kelompok kerja siswa
Jawaban
Langkah-langkah Penggunaan Pendekatan Humanistik dalam Pembelajaran IPS:
1. Penjelasan Tujuan Pembelajaran yang Bermakna dan Relevan: Bukan hanya sekadar menjelaskan tujuan, tetapi juga menghubungkan tujuan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Guru perlu menjelaskan *bagaimana* materi IPS yang dipelajari akan bermanfaat bagi siswa di masa depan dan bagaimana hal itu berkaitan dengan isu-isu kontemporer. Siswa perlu merasa tujuan pembelajaran itu penting dan relevan bagi mereka.
2. Pembagian Tugas Tema Pokok yang Menantang dan Memberdayakan: Pembagian tugas tidak hanya berdasarkan disiplin ilmu (sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi), tetapi juga mempertimbangkan minat dan kemampuan siswa. Tugas harus dirancang agar siswa aktif terlibat, berpikir kritis, dan mengembangkan kreativitas mereka. Hindari tugas yang bersifat hafalan semata. Contohnya, penelitian kecil tentang isu lokal, pembuatan presentasi interaktif, atau pembuatan film dokumenter pendek.
3. Membentuk Kelompok Kerja yang Kolaboratif dan Suportif: Pembentukan kelompok bukan hanya sekadar mengelompokkan siswa, tetapi juga memperhatikan dinamika kelompok dan memastikan setiap anggota merasa dihargai dan didengarkan. Guru perlu memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi yang efektif di dalam kelompok. Perlu ada mekanisme untuk memastikan setiap anggota berkontribusi dan saling mendukung.
4. Menciptakan Suasana Belajar yang Aman, Nyaman, dan Respektif: Lingkungan belajar yang humanistik menekankan rasa aman psikologis bagi siswa. Guru perlu menciptakan suasana kelas yang inklusif, di mana siswa merasa bebas untuk berekspresi, bertanya, dan berpendapat tanpa takut dihakimi. Guru perlu menunjukkan empati dan memahami perspektif siswa.
5. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif dan Memotivasi: Umpan balik bukan hanya sekadar penilaian nilai, tetapi juga berupa arahan dan dukungan untuk membantu siswa berkembang. Umpan balik harus fokus pada proses belajar siswa, bukan hanya hasil akhir. Guru perlu memberikan pujian dan pengakuan atas usaha dan kemajuan siswa.
6. Memfasilitasi Refleksi Diri Siswa: Siswa perlu diberi kesempatan untuk merefleksikan proses belajar mereka, apa yang telah mereka pelajari, dan bagaimana mereka dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka. Refleksi ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.
7. Integrasi Nilai-nilai Humanistik: Pembelajaran IPS dengan pendekatan humanistik harus mengintegrasikan nilai-nilai seperti empati, rasa keadilan, tanggung jawab sosial, dan penghargaan terhadap keberagaman. Guru perlu menjadi role model dalam mempraktikkan nilai-nilai tersebut.
Dengan menambahkan langkah-langkah di atas, pembelajaran IPS akan lebih bermakna dan sesuai dengan prinsip-prinsip pendekatan humanistik yang menekankan pada pengembangan potensi individu secara holistik, bukan hanya penguasaan pengetahuan semata.
Pertanyaan Panas lebih
1.Arti lafal Liji J.) pada Q.S. Ali Imran ayat 190 adalah __ 2.Seseorang yang berpikir kritis akan dimuliakan oleh __ 3. Huruf syamsiyah yang terdapat
14 Salah satu hunut mad adalah alif Alif dapat dibaca panjang jika didahului oleh huruf yang berharakat __ a sukun c fathah b. damah d kasrah B Piliha
Uji P emahaman 1. Dalam buku Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu'tazilah (1987)Harun Nasution menjelaskan tentang ilmu kalam Berikut pengertian IIm
Toyib meninggalkan istrinya selama bertahun - 5 poin tahun tanpa adanya kabar dan tidak memberikan nafkah kepada istrinya , sehingga istri mengajukan
Sekarang kamu bersama dengan rekan daishing daftar aktivitas, perilaku kegiatan yang pernah kamu lakukan yang memorot kamu menggambarkan nilai-nilai P
Pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap pendidikan dan kebudayaan Indonesia , hingga memasukkan kedua hal tersebut ke dalam pasal di UUD 1945 .
16 Sudaya apa yang sejalan dengan yangsudah yang seratanan dahuludilndonesia adalah __ A konsumtif D. gotong royong B. individualisme E. hierarki sosi
Berapakah persentase zakat padi yang harus dikeluarkan jika tanpa biaya pengairan __ 10% 15% 20% 5%
3. Bagaimana "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan" berkontribus ipada "Keadilan Sosial bagi Indonesia
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT! Berikut kriteria permasalahan yang perlu diperhatikan dalam perumusan masala h yang benar adalah __ Perma salahan
1. Bagamana kebanyakan pelajar taman sekarang kaitannya dengan adab mencari ilmu? Jawab __
Soal Pilihan Ganda Mengapa manusia dianggap sebagai objek sosiologi? a. Karena manusia hidup dalam kesendirian b. Karena manusia selalu berinteraksi d
16. Nilai-nilai Pancasila dalam menghadapi era globalisasi harus tertanam perilaku schari-hari bangea Indonesia sehab Pancasila merupakan __ A alat pe
1. Contoh perwujudan nilai Ketuhanan YME dalam praktik penyelenggaraan negara diantaranya ialah __ A. diakuinya berbagai macam agama yang mengesakanTu
d. Wawasan sebagai visi berkedudukan sebagal landasan visional e. Ketahanan nasional sebagal konsepsi atau sebagal kebijaksanaan nasional, berkeduduka