AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Ilmu Sosial / pertanyaan di bawah ini! 1. Tulis dan jelaskan haditsnya tentang : a. Ilmu pengetahuan &IPTEK b. All

Pertanyaan

pertanyaan di bawah ini! 1. Tulis dan jelaskan haditsnya tentang : a. Ilmu pengetahuan &IPTEK b. Allah dan Rosul sebagai prototipe pendidik dan tujuan
zoom-out-in

pertanyaan di bawah ini! 1. Tulis dan jelaskan haditsnya tentang : a. Ilmu pengetahuan &IPTEK b. Allah dan Rosul sebagai prototipe pendidik dan tujuan pendidikan c. Guru dan murid d. Metode dan alat pendidikan e. Materi pendidikan dan evaluasi pendidikan 2. Jelaskan dan beri contoh hadits ini.! All LaIc AIS CAS g| Lakin gl Lalle is

Tampilkan lebih banyak
136
Jawaban
4.6 (237 suara)
avatar
Palak ahli · Tutor selama 3 tahun

Jawaban

Maaf, saya tidak menemukan hadits-hadits yang secara eksplisit membahas IPTEK, metode pendidikan modern seperti yang kita kenal sekarang, atau evaluasi pendidikan dalam terminologi kontemporer. Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW lebih menekankan pada prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang mendasari pendidikan, yang kemudian dapat diinterpretasikan dan diaplikasikan dalam konteks pendidikan modern.

Berikut penjelasan beberapa poin yang Anda minta, dengan pendekatan interpretasi hadits yang relevan:


1. Tulis dan jelaskan haditsnya tentang:

a. Ilmu Pengetahuan (IPTEK): Tidak ada hadits yang secara langsung membahas IPTEK dalam artian teknologi modern. Namun, semangat mencari ilmu pengetahuan sangat ditekankan dalam Islam. Hadits yang relevan adalah hadits yang menganjurkan untuk mencari ilmu pengetahuan, seperti:

* "Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim." (HR. Ibnu Majah). Hadits ini menekankan pentingnya pendidikan bagi setiap muslim, dan ilmu pengetahuan, termasuk IPTEK, dapat diinterpretasikan sebagai bagian dari "ilmu" yang wajib dicari. Ini mendorong pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk kemajuan umat manusia.

b. Allah dan Rasul sebagai Prototipe Pendidik dan Tujuan Pendidikan: Allah SWT dan Rasulullah SAW merupakan teladan utama dalam pendidikan. Allah SWT menciptakan alam semesta sebagai sarana pembelajaran, sementara Rasulullah SAW mengajarkan melalui teladan (uswah hasanah) dan metode dakwah yang efektif. Tidak ada satu hadits spesifik yang secara langsung menyatakan hal ini, namun seluruh kehidupan dan ajaran Rasulullah SAW merupakan manifestasi dari prinsip ini. Tujuan pendidikan dalam Islam adalah membentuk manusia yang bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi sesama.

c. Guru dan Murid: Hubungan guru dan murid dalam Islam sangat dihargai. Rasulullah SAW menekankan pentingnya menghormati guru dan menghargai ilmu yang diajarkan. Contohnya:

* "Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim). Hadits ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam membimbing murid menuju jalan kebaikan dan ilmu pengetahuan. Sikap hormat dan patuh murid kepada guru juga merupakan bagian penting dalam proses pendidikan.

d. Metode dan Alat Pendidikan: Rasulullah SAW menggunakan berbagai metode dalam mendidik, seperti bercerita, memberikan contoh, mengajukan pertanyaan, dan berdiskusi. Beliau juga memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Tidak ada hadits yang secara spesifik menyebutkan alat-alat pendidikan modern, namun prinsip-prinsip metode pendidikan beliau masih relevan hingga saat ini. Metode yang efektif, sesuai dengan karakteristik murid, dan memanfaatkan berbagai sumber daya merupakan kunci keberhasilan pendidikan.

e. Materi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan: Materi pendidikan dalam Islam mencakup akidah, syariah, akhlak, dan ilmu pengetahuan lainnya. Evaluasi pendidikan dalam Islam tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik. Ketakwaan, akhlak mulia, dan kemampuan menerapkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan. Tidak ada hadits yang secara eksplisit membahas sistem evaluasi modern, namun prinsip-prinsip penilaian berbasis karakter dan kompetensi dapat diinterpretasikan dari ajaran Islam.


2. Jelaskan dan beri contoh hadits ini: "leaiuan gl Lakin gl Là g"

Maaf, saya tidak dapat memahami teks "leaiuan gl Lakin gl Là g". Teks tersebut tampaknya bukan hadits yang dikenal dalam literatur hadits. Mohon periksa kembali penulisan teks hadits tersebut.


Semoga penjelasan ini bermanfaat. Ingatlah bahwa pemahaman hadits memerlukan konteks dan kajian yang mendalam. Sebaiknya konsultasikan dengan ulama atau ahli hadits untuk pemahaman yang lebih komprehensif.
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Rencananya, ... itu akan diterapkan untuk daerah yang sudah aman dari krisis setelah melalui banyak uji coba. keputusan kebijakan penelitian kolaboras

9. Pada saat salat jamaah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah.... A. Menegur ima

7. Pernyataan yang tepat mengenai teknik pengumpulan data observasi adalah ... a. Informasi atau data yang diperoleh bersifat faktual. b. Waktu pelaks

5. Bagaimana cara menanamkan sikap rendah hati, menjauhkan diri dari perilaku sombong dan takabur dalam kehidupan sehari-hari?

Beberapa peserta yang mengikuti rapat memiliki .... yang berbeda terhadap permasalahan yang sedang didiskusikan. saran hasil perspektif kesimpulan

5. Uji Pemahaman a. Apakah yang dimaksudkan "Membangun Kesepakatan Bersama"? b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? c. Apakah kalian terlibat

10. Dalam menyampaikan pendapatnya, masyarakat dituntut agar penyampaiannya sesuai dengan asas keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pernyataan berik

1. Pernyataan yang tepat mengenai penelitian sosial adalah... a. Penelitian sosial mengkaji peristiwa masa lalu berdasarkan fakta di lapangan. b. Pene

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat. Pak Hendrik membeli dua buah motor setahun lalu. Motor pertama ia pakai untuk kegiatan sehari-hari dan mo

3. Kewajiban adalah sesuatu yang melekat pada hidup manusia. Kewajiban itu luhur dan berwibawa. Jelaskan arti pernyataan tersebut.

13. Sistem ekonomi campuran diterapkan untuk menyeimbangkan peran antara pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Karakteristik sistem ekonom

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar ..... di Bogor yang bertajuk Kebangkitan Mahasiswa diikuti 115 orang dari 46 perguruan tinggi d

7. Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan .... A. jasa D. ekstrak

19. Perhatikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan berikut! 1) Kebangsaan 2) Keterbukaan 3) Keseimbangan 4) Kejelasan rumusan 5) Bhinne

10. Hasil observasi langsung biasa ditulis dalam sebuah formulir pencatatan. Jelaskan tujuan pemakaian formulir tersebut! Jawab: