Pertanyaan
1. Model pembelajarar Carousel Feedback digunakan untuk mengembangkar keterampilan akademi s dan hubungan pribadi siswa . Model inijuga dapat digunakan untuk kebijakan fiscal dan moneter serta memecahkan masalah. Rancanglah sebuah skenario untuk model Carousel Feedback dengan tema kebijakan fiskal dan moneter, lengkapi dengan minimal 3 stasiun dan tugas yang relevan untuk setiap stasiun. Bobot : 15% | Waktu Maksimal : 15 menit 2. Saudara adalah fasilitator dalam pembelajaran PBL . Skenarionya, siswa diminta menyelesaikan masalah tingginya kemiskinan di perkotaan. Rancanglal metode kreatif untuk membantu siswa memahami masalah ini secara mendalam dan menemukan solusi. Bobot : 15% | Waktu Maksimal : 15 menit 3. Guru memberikan WebQuest yang beris panduan pencarian data tentang faktor-faktor yang memengaruh i permintaan dan penawaran suatu produk. Dalam tugas ini, siswa diminta untuk menganalisis data dan membuat laporan Analisislah bagaimana siswa dapat menggunakan Web Quest untuk menyelesaikan tugas ini? Bobot : 30% | Waktu Maksimal : 30 menit 4. Bagi beberapa orang , cara membuat animasi adalah sesuatu yang sangat sulit. Mulai dari konsep dasar, desain karakter atau latar, pergerakkan yang lancar, dan lain-lain bukanlah kemampuar I yang dapat dikuasai dalam satu hari pembelajaran. Analisislah Hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh guru dalam membuat video pembelajaran animasi? Bobot : 40% Waktu Maksimal : 40 menit
Jawaban
Skenario:
Dalam skenario ini, siswa akan mengikuti model Carousel Feedback dengan tema kebijakan fiskal dan moneter. Mereka akan berputar di antara tiga stasiun yang berbeda, masing-masing menyelesaikan tugas yang relevan dengan tema tersebut.
Stasiun 1: Analisis Kebijakan Fiskal
- Tugas: Siswa harus menganalisis dampak dari kebijakan fiskal tertentu, seperti pengurangan pajak atau peningkatan belanja publik, terhadap perekonomian negara.
- Aktivitas: Membaca artikel atau laporan ekonomi, mengumpulkan data, dan membuat presentasi singkat tentang temuan mereka.
Stasiun 2: Simulasi Pasar Moneter
- Tugas: Siswa harus menggunakan simulasi pasar moneter untuk memahami bagaimana perubahan suku bunga dan inflasi mempengaruhi nilai tukar mata uang dan harga barang.
- Aktivitas: Berpartisipasi dalam simulasi interaktif, mencatat perubahan yang terjadi, dan mendiskusikan hasil dengan kelompok.
Stasiun 3: Debat Etis tentang Kebijakan Moneter
- Tugas: Siswa harus mempersiapkan argumen untuk mendukung atau menentang kebijakan moneter tertentu, kemudian berpartisipasi dalam debat kelas.
- Aktivitas: Meneliti berbagai perspektif, menulis skrip debat, dan berlatih presentasi.
2. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) tentang Kemiskinan di Perkotaan
Metode Kreatif:
Untuk membantu siswa memahami masalah kemiskinan di perkotaan dan menemukan solusi, guru dapat menggunakan pendekatan berikut:
- Penelitian Lapangan: Siswa melakukan wawancara dengan penduduk setempat, mengunjungi komunitas yang terkena dampak, dan mengumpulkan data langsung.
- Simulasi Peran: Siswa memainkan peran pembuat kebijakan, mengembangkan untuk mengurangi kemiskinan berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
- Proyek Kolaboratif: Siswa bekerja dalam kelompok untuk menciptakan kampanye kesadaran atau program intervensi yang bertujuan mengurangi kemiskinan.
- Diskusi Panel: Mengundang pembicara tamu yang memiliki pengalaman dengan program pemberdayaan masyarakat untuk memberikan wawasan dan diskusi lebih dalam.
3. Analisis Penggunaan WebQuest untuk Tugas Laporan
Analisis:
Siswa dapat menggunakan WebQuest sebagai alat untuk mencari data tentang faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk. Berikut adalah cara mereka dapat melakukannya:
- Panduan Pencarian: WebQuest menyediakan panduan langkah demi langkah yang membimbing siswa ke sumber daya terpercaya di internet.
- Koleksi Data: Siswa mengakses artikel jurnal, laporan penelitian, dan database ekonomi untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif.
- Analisis Data: Siswa menggunakan perangkat lunak analisis data untuk memvisualisasikan informasi dan mengidentifikasi pola atau tren.
- Laporan: Siswa menulis laporan yang merinci analisis mereka, didukung oleh data yang telah dikumpulkan dan dianalisis.
4. Pembuatan Video Pembelajaran Animasi
Analisis:
Dalam membuat video pembelajaran animasi, guru perlu memperhatikan beberapa aspek penting:
- Konsep Dasar: Menentukan ide utama dan pesan yang ingin disampaikan melalui animasi.
- Desain Karakter dan Latar: Menciptakan karakter yang menarik dan latar yang sesuai dengan cerita, serta memastikan konsistensi dalam desain.
- Pergerakan yang Lancar: Menggunakan perangkat lunak animasi yang tepat untuk menciptakan gerakan yang halus dan realistis.
- Suara dan Musik: Memilih musik latar dan efek suara yang mendukung suasana dan pesan animasi.
- Konten yang Edukatif: Memastikan bahwa setiap adegan dalam animasi mendukung pembelajaran dan
Pertanyaan Panas lebih
PERNYATAAN BENAR SALA Ketika memprogram robot, kita dapat menggunakan square square teknik dekomposisi untuk membagi tugas besar, seperti "menghinda
chtm lych cody <tit 1C>M lanas enen Pembelian Bs rang </tỉ ties k/he ads body ochi naje men Peabel lian Dare ngel his div i dong crm-conta iner'></div
31 Maret 2004 Pertama Kali Google Umumkan Gmail, Layanan Surat Elektronik yang Kini Digunakan Miliaran Orang di Dunia '. Berdasarkan judul artikel ter
Bagian dari komputer yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi-instruksi program adalah __ a memori b. CPU d hard drive Opsi 1 Opsi 2 Opsi 3
35. Cara menyambung ke internet secara umum ada __ a. satu cara b. dua cara c. tiga cara d. empat cara e. lima cara 36. Pesan khusus dari orang lain y
Array merupakan kumpulan variabel yang menyimpan data dengan tipe yang sama atau data-data yang tersusun secara linear dimana di dalamnya terdapat ele
atau mendapatkan informasi yang berguna 15. Pengertian analisis data dalam kurikulum informatika adalah. __ a. jaringan yang digunakan untuk menghubun
Perintah apa yang digunakan untuk merubah posisi objek yang awalanya di bawah kemudian berubah menjadi posisinya diatas saat Anda mengerjakan projek d
Pernyataan yang tepat mengenai ciri-ciri penelitian sosial ditunjukkan oleh __ Menggunakan in strument penelitian berupa angket Menerapk an prinsip se
Setiap orang yang mengguna kan internet harus memiliki pemahaman yang baik terkait apa yang sedang dilakukannya. Dalam hal ini, dunia digital sebagai
Berikut ini menu manakah yang TIDAK terdapat dalam menu insert __ Paragraf creenshot Page number Date & time
Soal:8) Dalam multimedia interaktif, transisi antara satu objek ke objek lain yang dilakukan dengan efek visual disebut __ A: Animasi B: Sinkronisasi
Perubahan teknolog informasi yang pesat dapat menyebabkan __ Menurunnya interaksi sosial secara langsung Meningkatny produktivitas kerja Kemudahan aks
Program yang digunakan untuk membuat presentasi dan menampilkan slide-slide adalah? Microsoft Word Microsoft PowerPoint Microsoft Excel Adobe Illustra
1. Apayang dimaksud dengan struktur data Graph? 2. Buatlah tabel kebenaran logika untuk operator OR! 3. Sebutkan langkah-langkah dalam mendesain algor