Pertanyaan
Mengenal pembagian kerja Semisedenter (tempat tinggal tidak tetap) Bercocok tanam dengan teknik slash and burn Terkadang hidup di gua-gua payung Sebagian menggantungkan hidup pada hasil laut Mampu melukis Mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme. dari data tersebut, kesamaan corak kehidupan sosial-ekonomis antara masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut dan masa bercocok tanam ditunjukkan nomor .... a 1) dan 2) b 1) dan 3) c 2) dan 3) d 4) dan 5)
Jawaban
a 1) dan 2)
Penjelasan
The question asks to identify the similarities in the socio-economic patterns between advanced hunter-gatherer societies and early agricultural societies based on the provided data points. To answer, we need to analyze each point in the context of both lifestyles:
1) Division of labor - This is a characteristic of more advanced societies, whether hunter-gatherers or agricultural. It implies a level of social organization where different people specialize in different tasks.
2) Semi-sedentary (not permanently settled) - This is more typical of hunter-gatherer societies, though early agricultural communities could also be semi-sedentary before they developed permanent settlements.
3) Practicing slash and burn agriculture - This is a method of agriculture, so it is not characteristic of hunter-gatherer societies.
4) Sometimes living in cave shelters - This could be a feature of both, but is more typically associated with hunter-gatherer societies.
5) Partially reliant on marine resources - This can be seen in both hunter-gatherer and early agricultural societies, especially in coastal regions.
6) Ability to paint - This is a cultural aspect that could be present in both, but it does not directly relate to socio-economic patterns.
7) Belief in animism and dynamism - This is a spiritual belief system that could be present in both, but again, it is not directly a socio-economic aspect.
Based on this analysis, the similarities between advanced hunter-gatherer societies and early agricultural societies in terms of socio-economic patterns are most likely represented by the division of labor and the semi-sedentary lifestyle, as these are the two aspects that could feasibly be present in both types of societies.
Pertanyaan Panas lebih
11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Perubahan sistem pertanian ladang ke sistem pertanian irigasi b.Penerimaan masyarakat terhadap p
4. Bersistem dan berproses merupakan salah satu syara-syarat kelompok sosial menurut __ 5. Selain kedekatan fisik dan geografis, pembentukan kelompok
Tahun barapo Salvion dan Celis mangaluakan pengertian mampatandokan anggota kaluarga? 1993 1998 1995 1997 5 points
1. Integrasi nasional atau bangsa adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan perbedaan dalam suatu negara ","B":"p pointing repair party phunan
c. zaman neozoikum c. Zaman tersier II. ESSAY 1. Sejarah berasal dari kata "syajaratun" dan diserap kebahasa melayu yaitu "gajirah" kebudan dalam baha
10.Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang 11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Pe
41. Dalam bidang seni budaya dan arsitektur,Khalifah Al-Mansur membangun kota Bagdad yang berbentuk bundar dan di tengahnya dibangun __ Al-Qasr Al-Zah
1. Setelah menguasi kongsi dagang di Batavia kini Banten menjadi saingan bagi VOC di perairan Selat Sunda sehingga menginginkan wilayah banten juga ta
Sama menjadi sebab Islam mudah di terima di Indonesia! 1. Apa perbedaan gelar Tengku dan Teuku pada keraiaan terima di Indonesia Sebutkan nama rain
A. server )2. Kendial di mana gollak penyelenggara yecara ctomatis skan monganggap tim voli tersebut moskipan belum bertanifing pada inut __ permainny
Lambang utama dari sila ke -2 Pancasila adalah rantai berwarna emas dengan warna dasar merah dan rantai tersebut tidak putus-putus . Makna dari bentuk
Orang melayu mengenal lambang pada bentuk ini , terutama yang berkaitan dengan kepercayaan dalam agama Hindu dan Budha. Adalah makna dari atap __ a. A
38. Tempat-tempat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah __ majelis taklim Masjid madrasah pesantren 39. Setelah kemb
Pada gelombang ketiga muballigh yang datang ke Nusantara adalah ulama __ a. Ahli politik b. ahli sufi C. Ahli fiqih d. A dan b benar Pada saat Kerajaa
Dumpak perubahan sosial terhadap kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat mengakibatkan stress, depresi, dan frustasi adalah __ a. cultural animosty b.