AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Biologi / h Guru kelas V hendak melakukan kegiatan praktikum mengenai lekosistem. Uraikan KPS (Keterampilan Pr

Pertanyaan

h Guru kelas V hendak melakukan kegiatan praktikum mengenai lekosistem. Uraikan KPS (Keterampilan Proses Sains) yang akan dilakukan siswa! 12 Bapak Beni sedang mengajar
zoom-out-in

h Guru kelas V hendak melakukan kegiatan praktikum mengenai lekosistem. Uraikan KPS (Keterampilan Proses Sains) yang akan dilakukan siswa! 12 Bapak Beni sedang mengajar materi mengenai wujud benda. Bapak Beni hendak menerapkan model pembelajaran interaktif di kelasnya. Susunlah langkah/syntak yang harus dilakukan Bapak Beni sesuai dengan materi yang akan diajarkan! 13 Menurut Anda bagaimana cara penerapan konsep klasifikasi makhluk hidup di sekolah 14 Jelaskan dan berikan contoh: a. Adaptasi morfologi pada tumbuhan b. Adaptasi fisiologi pada hewan c. Adaptasi tingkah laku pada manusia

Tampilkan lebih banyak
165
Jawaban
4.5 (194 suara)
avatar
Harish lanjutan · Tutor selama 1 tahun

Jawaban

Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Praktikum Ekosistem

Berikut KPS yang dapat dilakukan siswa dalam praktikum ekosistem:



1. Mengamati:

* Siswa mengamati berbagai komponen ekosistem, seperti tumbuhan, hewan, air, tanah, dan udara.
* Siswa mencatat ciri-ciri dan interaksi antar komponen ekosistem.
* Siswa menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar, lup, atau kamera untuk mengamati detail.

2. Mengklasifikasikan:

* Siswa mengelompokkan komponen ekosistem berdasarkan ciri-ciri yang sama, seperti jenis tumbuhan, jenis hewan, atau jenis habitat.
* Siswa membuat tabel atau diagram untuk mempermudah klasifikasi.

3. Mengukur:

* Siswa mengukur faktor-faktor lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan pH tanah.
* Siswa menggunakan alat ukur yang sesuai, seperti termometer, hygrometer, dan pH meter.

4. Menginterpretasi:

* Siswa menganalisis data yang diperoleh dari pengamatan dan pengukuran.
* Siswa menarik kesimpulan tentang hubungan antar komponen ekosistem.

5. Mengkomunikasikan:

* Siswa mempresentasikan hasil pengamatan dan analisisnya secara lisan atau tertulis.
* Siswa menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan gambar, tabel, atau diagram.

6. Meramalkan:

* Siswa memprediksi dampak perubahan lingkungan terhadap ekosistem.
* Siswa merumuskan solusi untuk menjaga kelestarian ekosistem.

Langkah-langkah Pembelajaran Interaktif Materi Wujud Benda

Berikut langkah-langkah pembelajaran interaktif yang dapat dilakukan Bapak Beni:



1. Tahap Apersepsi:

* Bapak Beni mengajukan pertanyaan pembuka untuk menguji pengetahuan awal siswa tentang wujud benda.
* Contoh pertanyaan: "Apa saja yang kalian ketahui tentang wujud benda? Berikan contoh benda padat, cair, dan gas!"

2. Tahap Eksplorasi:

* Bapak Beni memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan eksplorasi melalui kegiatan demonstrasi atau percobaan sederhana.
* Contoh: Menunjukkan es batu yang mencair, air yang mendidih, dan balon yang mengembang.
* Siswa diminta untuk mengamati perubahan wujud benda dan mencatat hasil pengamatan.

3. Tahap Elaborasi:

* Bapak Beni memberikan penjelasan tentang konsep wujud benda dan sifat-sifatnya.
* Bapak Beni menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti gambar, video, atau simulasi.
* Siswa diajak berdiskusi dan bertanya jawab tentang materi yang dipelajari.

4. Tahap Konfirmasi:

* Bapak Beni memberikan latihan soal untuk menguji pemahaman siswa tentang wujud benda.
* Bapak Beni memberikan umpan balik dan koreksi terhadap jawaban siswa.

5. Tahap Evaluasi:

* Bapak Beni memberikan kuis atau tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi wujud benda.
* Bapak Beni memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.

Penerapan Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup di Sekolah

Konsep klasifikasi makhluk hidup dapat diterapkan di sekolah melalui berbagai cara, seperti:



* Pengamatan langsung: Siswa dapat mengamati berbagai jenis makhluk hidup di lingkungan sekitar sekolah, seperti tumbuhan di taman sekolah, hewan di kebun binatang, atau mikroorganisme di air kolam.
* Penggunaan media pembelajaran: Siswa dapat belajar tentang klasifikasi makhluk hidup melalui gambar, video, atau simulasi.
* Kegiatan praktikum: Siswa dapat melakukan praktikum sederhana untuk mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri tertentu, seperti bentuk tubuh, cara berkembang biak, atau habitat.
* Proyek penelitian: Siswa dapat melakukan proyek penelitian sederhana tentang klasifikasi makhluk hidup, seperti mengidentifikasi jenis tumbuhan di taman sekolah atau mengklasifikasikan jenis hewan di kebun binatang.

Adaptasi Makhluk Hidup

a. Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan:

* Contoh: Kaktus memiliki daun yang berduri untuk mengurangi penguapan air di daerah kering.
* Penjelasan: Adaptasi morfologi adalah penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Kaktus memiliki daun berduri untuk mengurangi penguapan air di daerah kering, sehingga dapat bertahan hidup.

b. Adaptasi Fisiologi pada Hewan:

* Contoh: Unta memiliki kantung air di punuknya untuk menyimpan air dalam waktu lama.
* Penjelasan: Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi organ tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Unta memiliki kantung air di punuknya untuk menyimpan air dalam waktu lama, sehingga dapat bertahan hidup di daerah kering.

c. Adaptasi Tingkah Laku pada Manusia:

* Contoh: Manusia menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari panas dan dingin.
* Penjelasan: Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian perilaku makhluk hidup terhadap lingkungannya. Manusia menggunakan pakaian untuk melindungi diri dari panas dan dingin, sehingga dapat bertahan hidup di berbagai kondisi cuaca.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

4. Perhatikan gambar berikut! Apa kegunaan komponen pada gambar di samping? Jawab:

9. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. Bioproses yang terjadi pada tahapan yang ditunjuk oleh X adalah .... A. proses replikasi materi gen

Perhatikan struktur virus berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7 . 6. Antigen p24 merupakan protein komponen kapsid HIV. Terdapat sekitar 2.000 mol

4. Perhatikan gambar siklus hidup virus berikut. a. Bagaimana terjadinya kondisi nomor 3, 4, dan 5 ? Jelaskan. b. Apa yang terjadi pada virus setelah

Nita mendapat tugas untuk menanam tanaman hias di rumah. Nita membeli rak baru yang akan digunakan untuk meletakkan pot tanaman hias. Rak yang dibeli

7. Retrovirus memiliki asam nukleat berupa RNA, tetapi dapat menginfeksi sel inang yang asam nukleatnya berupa DNA. Struktur yang mendukung perubahan

Perhatikan bagian yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut! Pada siklus lisogenik terjaid proses penggabungan DNA bakteri dengan DNA virus diseb

Seorang siswa SMA meneliti mengenai pengaruh limbah pabrik tahu terhadap kesehatan masyarakat di Desa Sidoharjo. Untuk memperoleh data, sebaiknya samp

(3) Inti sel mengandung RNA. (4) Berkembang biak pada sel yang hidup. (5) Membran sel membungkus materi genetik. (6) Berupa paket protein yang dapat d

5. Homo habilis merupakan makhluk yang menyerupai manusia dan primata. Mengapa disebut dengan habilis? Jawab:

Fungsi dari bilangan kuantum azimuth (I) adalah ... A. Menunjukkan letak elektron dalam inti atom. B. Menunjukkan letak elektron pada kulit atom. C. M

Kulit disebut sebagai alat ekskresi karena dapat mengekskresikan berbaai zat, termasuk air. Air disekresikan melalui kelenjar keringat yang disebut se

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Reaksi terang menyediakan energi untuk siklus Calvin. (2) Siklus Calvin terjadi di grana. (3) Senyawa penambat mat

Berdasarkan perannya komponen biotik terdiri atas tiga macam, yaitu produsen, konsumen dan pengurai. Manakah dari makhluk hidup dibawah ini bersifat a

Pengambilan napas dalam renang gaya bebas dilakukan pada saat ... Pergantian gerakan lengan Melakukan dorongan Tebasan kaki Di dalam air Pembalikkan