Pertanyaan
Cultur stelsel berarti system tanaman, tetapi istilah ini kemudian berkembang menjadi tanam paksa karena __ A Pemerintah colonial sengaja mengganti namanya B - . Adanya berbagai penolakan dari rakyat C terbebani dan tidak Rakyat merasa suka D dilakukan dengan Pelaksanaan system System ini terlalu lama
Jawaban
Penjelasan
Cultur stelsel, atau sistem tanam paksa, adalah sebuah kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada abad ke-19. Awalnya, istilah Cultur stelsel merujuk pada sistem tanaman yang dijalankan dalam konteks kolonial, namun seiring waktu, kebijakan ini berkembang menjadi sistem tanam paksa. Perubahan istilah ini mencerminkan realitas yang dialami oleh rakyat yang diwajibkan menanam tanaman tertentu (seperti tebu, kopi, dan tembakau) untuk memenuhi kuota ekspor Belanda. Mereka diharuskan menyerahkan sebagian besar hasil panennya kepada pemerintah kolonial, seringkali dengan upah yang sangat rendah atau tanpa upah sama sekali.
Pilihan jawaban yang tersedia mencerminkan berbagai perspektif terkait dengan perubahan nama dan implementasi dari Cultur stelsel menjadi tanam paksa. Pilihan A menyiratkan bahwa pemerintah kolonial sengaja mengganti namanya, namun tidak ada bukti historis yang mendukung hal ini. Pilihan B dan C menunjukkan reaksi negatif dan penolakan dari rakyat terhadap sistem ini, yang memang terjadi, tetapi bukan alasan utama mengapa istilah tersebut berubah. Pilihan D, yang menyatakan bahwa pelaksanaan sistem dilakukan dengan paksaan, adalah yang paling akurat. Sistem ini menjadi dikenal sebagai tanam paksa karena pemerintah kolonial secara paksa menerapkan kebijakan ini kepada rakyat, sering kali dengan konsekuensi berat bagi mereka yang tidak mematuhi.
Dengan demikian, perubahan istilah dari Cultur stelsel menjadi tanam paksa lebih disebabkan oleh cara pelaksanaannya yang dipaksakan dan menindas, bukan karena perubahan nama secara sengaja oleh pemerintah kolonial atau karena penolakan rakyat semata.
Pertanyaan Panas lebih
11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Perubahan sistem pertanian ladang ke sistem pertanian irigasi b.Penerimaan masyarakat terhadap p
4. Bersistem dan berproses merupakan salah satu syara-syarat kelompok sosial menurut __ 5. Selain kedekatan fisik dan geografis, pembentukan kelompok
Tahun barapo Salvion dan Celis mangaluakan pengertian mampatandokan anggota kaluarga? 1993 1998 1995 1997 5 points
1. Integrasi nasional atau bangsa adalah usaha atau proses mempersatukan perbedaan perbedaan dalam suatu negara ","B":"p pointing repair party phunan
c. zaman neozoikum c. Zaman tersier II. ESSAY 1. Sejarah berasal dari kata "syajaratun" dan diserap kebahasa melayu yaitu "gajirah" kebudan dalam baha
10.Perubahan yang mendasar meliputi struktur-struktur sosial dan berlangsung dalam waktu yang 11. Yang termasuk evolusi dibidang sosial adalah __ a.Pe
41. Dalam bidang seni budaya dan arsitektur,Khalifah Al-Mansur membangun kota Bagdad yang berbentuk bundar dan di tengahnya dibangun __ Al-Qasr Al-Zah
1. Setelah menguasi kongsi dagang di Batavia kini Banten menjadi saingan bagi VOC di perairan Selat Sunda sehingga menginginkan wilayah banten juga ta
Sama menjadi sebab Islam mudah di terima di Indonesia! 1. Apa perbedaan gelar Tengku dan Teuku pada keraiaan terima di Indonesia Sebutkan nama rain
A. server )2. Kendial di mana gollak penyelenggara yecara ctomatis skan monganggap tim voli tersebut moskipan belum bertanifing pada inut __ permainny
Lambang utama dari sila ke -2 Pancasila adalah rantai berwarna emas dengan warna dasar merah dan rantai tersebut tidak putus-putus . Makna dari bentuk
Orang melayu mengenal lambang pada bentuk ini , terutama yang berkaitan dengan kepercayaan dalam agama Hindu dan Budha. Adalah makna dari atap __ a. A
38. Tempat-tempat belajar dan menuntut ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah adalah __ majelis taklim Masjid madrasah pesantren 39. Setelah kemb
Pada gelombang ketiga muballigh yang datang ke Nusantara adalah ulama __ a. Ahli politik b. ahli sufi C. Ahli fiqih d. A dan b benar Pada saat Kerajaa
Dumpak perubahan sosial terhadap kebudayaan bangsa Indonesia yang dapat mengakibatkan stress, depresi, dan frustasi adalah __ a. cultural animosty b.