Pertanyaan
Unsur A, B, C, D, dan E memiliki nomor atom A =3,B= 11, C=19,D=35,E=36 ) Perhatikan penulisan konfigurasi elektron : 1s2<spasi>2s2<spasi>.... disederhanakan dengan gas mulia. Unsur A memiliki konfigurasi elektron ◻ terletak pada golongan ◻ periode ◻ Unsur B memiliki konfigurasi elektron ◻ terletak pada golongan ◻ periode ◻ Unsur C memiliki konfigurasi elektron ◻ terletak pada golongan ◻ periode ◻ Unsur D memiliki konfigurasi elektron ◻ ◻ , terletak pada golongan ◻ periode ◻ Unsur E memiliki konfigurasi elektron ◻ ◻ , terletak pada golongan ◻ periode ◻
Jawaban
2. Unsur B: Golongan 1, Periode 3
3. Unsur C: Golongan 1, Periode 4
4. Unsur D: Golongan 7, Periode 4
5. Unsur E: Golongan 8, Periode 4
Penjelasan
1. Unsur A memiliki nomor atom 3, yang berarti ia adalah lithium (Li). Konfigurasi elektronnya adalah \(1s^2 2s^1\), yang menempatkannya di golongan 1 dan periode 2 dalam tabel periodik.
2. Unsur B memiliki nomor atom 11, yang berarti ia adalah natrium (Na). Konfigurasi elektronnya adalah \(1s^2 2s^2 2p^6 3s^1\) atau [Ne] \(3s^1\), yang menempatkannya di golongan 1 dan periode 3 dalam tabel periodik.
3. Unsur C memiliki nomor atom 19, yang berarti ia adalah kalium (K). Konfigurasi elektronnya adalah \(1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 3p^6 4s^1\) atau [Ar] \(4s^1\), yang menempatkannya di golongan 1 dan periode 4 dalam tabel periodik.
4. Unsur D memiliki nomor atom 35, yang berarti ia adalah brom (Br). Konfigurasi elektronnya adalah \(1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 3p^6 3d^{10} 4s^2 4p^5\) atau [Ar] \(3d^{10} 4s^2 4p^5\), yang menempatkannya di golongan 7 dan periode 4 dalam tabel periodik.
5. Unsur E memiliki nomor atom 36, yang berarti ia adalah kripton (Kr). Konfigurasi elektronnya adalah \(1s^2 2s^2 2p^6 3s^2 3p^6 3d^{10} 4s^2 4p^6\) atau [Ar] \(3d^{10} 4s^2 4p^6\), yang menempatkannya di golongan 8 dan periode 4 dalam tabel periodik.
Konfigurasi elektron ini membantu dalam menentukan posisi unsur dalam tabel periodik, yang selanjutnya memengaruhi sifat kimia dan fisik dari unsur tersebut.
Pertanyaan Panas lebih
Frau Aghoestine ...... (lehren)English A. lehre B. lehrt C. lehrst D. lehren E. lehrte
Ing ngisor iki sing klebu tuladhane teks eksposisi yaiku.... a. Ielayu d. cerkak b. crita rakyat e. pariwara c. resep masakan Teks eksposisi iku duwen
Argumentasi pada teks eksposisi tersebut tidak terdapat pada .... a. kalimat kedua c. kalimat keenam b. kalimat keempat d. kalimat kedelapan Penegasan
Untuk sampai ke puncak bukit, ia harus melalui jalan mendaki. Awalan me- pada kata mendaki sama artinya dengan awalan me- pada kata .... a. mencangkul
Mirnayanti 21 00:21:20 Ukuran Soal A A A Uger-uger sané kaangén nyurat ring sajeroning aksara Bali kawastanin... (A) Pasang aksara Bali (B) Pasang ten
Tuliskan dua lafal yang terdapat pada QS. an-Nisā' (4): 59 yang mengandung hukum bacaan al-qamariyah dan cara membacanya! Jawab:
Putrane Werkudara sing asamane Gathotkaca yakuwe satriya mapan neng .... A. Pringgodani C. Astina B. Madukara D. Jodhipati Tandhange Gathotkaca cukat
وَاَنْزَ لُنَاً hukum bacaan pada kata yang digaris bawahi adalah .... A. izhar D. idgam bigunnah B. ikhfa E. idgam bilagunnah C. iqlab
d. Safinat ab-Najah c. Fathul quaib 8. Kiai Muhammad Sholeh bin Umar al-Samarani terkenal dengan nama Kiai Sholeh Darat, kata -Darar" pada namanya ada
Manakah huruf berikut yang disebut KO adalah... き < if 독 か
II. Isilah soal berikut dengan jawaban yang tepat! 11. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan waktu adalah .... 12. Cermati kalimat rumpang beriku
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-10! Samudra Arktik terletak di belahan Bumi bagian utara. Di antara kelima samudra, Arktik menjadi sa
Kemustahilan dalam cerita hikayat tersebut adalah . . . A. Belajar mengaji sampai tujuh tahun lamanya. B. Mendapat upah seekor burung selepas belajar
Tatilaa! Berikut ini adalah manfaat takwa kepada Allah adalah a. selalu berada di jalan yang benar b. hatinya selalu mérasa gelisah c. Mendapat dosa d
Kawaosa wicantenan menika kanthi saksama! Guru 1: "Eh Bu, kok sajak ana sing dioyak, arep tindak endi?" Guru 2: "Oh, iya Bu, iki arep nyang ruang guru