AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Kesehatan / 1. Buatlah rencana pembelajaran ipas tentang rantai makanan untuk mengemban akan kemampuan psikomoto

Pertanyaan

1. Buatlah rencana pembelajaran ipas tentang rantai makanan untuk mengemban akan kemampuan psikomotorik pada anak Sekolah Dasar!
zoom-out-in

1. Buatlah rencana pembelajaran ipas tentang rantai makanan untuk mengemban akan kemampuan psikomotorik pada anak Sekolah Dasar!

Tampilkan lebih banyak
190
Jawaban
3.9 (239 suara)
avatar
Anika elit · Tutor selama 8 tahun

Jawaban

Rencana Pembelajaran IPA:

Rantai Makanan (SD)

Tema: Ekosistem dan Rantai Makanan

Tujuan Pembelajaran:

* Siswa dapat menjelaskan konsep rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
* Siswa dapat mengidentifikasi peran produsen, konsumen, dan pengurai dalam rantai makanan.
* Siswa dapat membuat model rantai makanan sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.
* Siswa dapat menunjukkan kemampuan psikomotorik dalam membuat model rantai makanan.

Metode Pembelajaran:

* Ceramah
* Diskusi
* Demonstrasi
* Praktik

Alat dan Bahan:

* Gambar rantai makanan
* Kertas karton
* Gunting
* Lem
* Pensil warna
* Bahan-bahan untuk membuat model rantai makanan (misalnya: kertas origami, plastik, kain, dll.)

Langkah-langkah Pembelajaran:

1. Pendahuluan (15 menit)

* Guru mengajukan pertanyaan pemantik tentang apa yang siswa ketahui tentang makanan dan hewan.
* Guru menjelaskan konsep rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan gambar.
* Guru menjelaskan peran produsen, konsumen, dan pengurai dalam rantai makanan.

2. Kegiatan Inti (45 menit)

* Diskusi: Siswa berdiskusi tentang contoh rantai makanan yang mereka ketahui.
* Demonstrasi: Guru mendemonstrasikan cara membuat model rantai makanan sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.
* Praktik: Siswa membuat model rantai makanan sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan.
* Presentasi: Siswa mempresentasikan hasil karya mereka dan menjelaskan rantai makanan yang mereka buat.

3. Penutup (15 menit)

* Guru memberikan rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
* Guru memberikan tugas rumah untuk siswa mencari contoh rantai makanan lainnya.

Penilaian:

* Psikomotorik: Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan siswa dalam membuat model rantai makanan.
* Kognitif: Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan siswa dalam menjelaskan konsep rantai makanan dan jaring-jaring makanan, serta peran produsen, konsumen, dan pengurai.

Differensiasi:

* Untuk siswa yang membutuhkan bantuan tambahan, guru dapat memberikan panduan dan bantuan dalam membuat model rantai makanan.
* Untuk siswa yang sudah memahami konsep rantai makanan, guru dapat memberikan tugas tambahan untuk membuat model jaring-jaring makanan.

Keterkaitan dengan Kemampuan Psikomotorik:

* Kegiatan membuat model rantai makanan membantu siswa mengembangkan kemampuan motorik halus, seperti memotong, menempel, dan mewarnai.
* Kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan kemampuan motorik kasar, seperti memegang gunting dan lem.
* Selain itu, kegiatan ini juga membantu siswa mengembangkan kemampuan koordinasi mata dan tangan.

Catatan:

* Guru dapat menyesuaikan rencana pembelajaran ini dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
* Guru dapat menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku, internet, dan video, untuk memperkaya materi pembelajaran.
* Guru dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan memberikan kesempatan untuk bertanya, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil karya mereka.

Semoga rencana pembelajaran ini bermanfaat!
Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

How should a pt transition from tube to oral feeding ?

Antidiabetic Agents inhaled human insulin • Not indicted for COPD, lung disease, or smoking patients • Bronchospastic

Show-growing, locally destructive skin tumor

Suffocation is: a. The loss of memory and thinking and reasoning abilities b. A sudden event in which people are killed and injured c. When breathing

All employees must be trained in first aid & at a minimum must know: ➢ Location of the first aid kit ➢ How to stop bleeding by direct pressure with ga

Anticlinal Bend [Monocline]

Cultural factors contributing to excess body fat

Acquired Brain Injury

When deciding whether or not to transport a patient to the hospital using lights and sirens to the hospital, what information carries the most weight

SATA a nurse is planning discharge teaching on tracheostomy care for an older client. what factors does the nurse need to assess before teaching this

An external insulin pump is prescribed for a client with diabetes mellitus. When the client asks the nurse about the functioning of the pump, the nurs

Patient is an example of a _________.

Ophtho: 1) visual loss, photophobia, and ocular pain and discharge after cataract surgery - dx = _____ 2) recent dental or sinus infxn, + eyelid swell

Throughout the animals' clinic or hospital stay, the veterinary technician frequently assesses and reassesses patients' status. They should alert the

78) The motion that should be used to cleanse the incision site when a sterile dressing is changed is...