Pertanyaan

15 ah satu langkah penting dalam membarijun sekolah yang inklusif adalah __ Menerapkan seleksi ketat berdasarkan prestasi untuk menentukan peserta didik yang diterima Menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi penuh bagi semua peserta didik Menyediakan kelas khusus untuk semua peserta didik berkebutuhan khusus. Mengadakan program pembelajaran yang sama untuk semua peserta didik tanpa menyesuaikan kebutuhan mereka

Solusi

Terverifikasi Ahli
4 (218 Suara)
Geeta veteran ยท Tutor selama 9 tahun

Jawaban

** Menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi penuh bagi semua peserta didik

Penjelasan

**Untuk membangun sekolah yang inklusif, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dapat berpartisipasi penuh dalam kegiatan belajar mengajar. Ini melibatkan penciptaan lingkungan yang mendukung dan adaptif terhadap kebutuhan individu.1. **Menerapkan seleksi ketat berdasarkan prestasi untuk menentukan peserta didik yang diterima** - Ini bertentangan dengan prinsip inklusi karena akan mengesampingkan peserta didik yang mungkin memerlukan dukungan tambahan.2. **Menciptakan lingkungan yang mendukung partisipasi penuh bagi semua peserta didik** - Ini adalah pendekatan yang paling sesuai dengan konsep inklusi. Dengan menciptakan lingkungan yang inklusif, sekolah dapat memastikan bahwa semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, dapat berpartisipasi dan berkembang secara optimal.3. **Menyediakan kelas khusus untuk semua peserta didik berkebutuhan khusus** - Meskipun ini bisa menjadi bagian dari strategi inklusi, pendekatan ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari stigma dan memastikan bahwa peserta didik tidak merasa terpisah dari teman-teman sebayanya.4. **Mengadakan program pembelajaran yang sama untuk semua peserta didik tanpa menyesuaikan kebutuhan mereka** - Ini bukan pendekatan yang efektif karena tidak mempertimbangkan kebutuhan individu dari peserta didik, yang merupakan inti dari pendidikan inklusif.**