Pertanyaan
12. Asesmen alternatif dalam penilaiar pembelajaran digunakan karena tes tertulis tidak mampu mengukur kemampuan siswa sesuai dengan __ A. perkembanga n jaman B. tuntutan kurikulum C. keadaan yang sebenarnya D. harapan orang I tua 13. Proses belajar tidak akan pernah berakhir, karena apa yang telah kita pelajari harus selalu disesuaika dengan keadaan selalu berubah (learning is context-dependent). Pendapat ini dikemukakan oleh __ A. R. Spiro B. Brunner C. Wittrock D. C Rogers 14. Informasi yang diperoleh melalui i asesmen alternatif memilik i arti penting untuk remediasi, karena mampu memberikan informasi tentang __ A. kemampuai n anak secara individual B. posisi anak dalam suatu kelas C. mata pelajaran terbaik D. kecerdasan interpersonal 15. Salah satu pertanyaar yang dapat membantu guru pada saai mengidentifikas pengetahuan dan keterampilan yang akan dimiliki siswa dan keterampinengeriakar tugas, adalah __ 17. Pak Mardi ingin menyusun suatu rubn menilai kemampi an siswa kelas satu terinci, mulai dari cara anak memegang pensil, terinci.duduk sampai hasil tulisann pedomar penilaian yang dimaksud termasuk rubrik __ A. holistik B. analitik C. pendek D. panjang 18. Folder yang merupakan tempa penyimpanan hasil karya siswa harus disusun __ A. secara individual, setiap siswa memiliki satu folder B. berdasarkar mata pelajarai 1. tiap mata pelajaran memiliki satu folder C. berdasarkan jenis kelamin, satu folder untuk laki-laki dan satu folder untuk perempuan D. secara umum dalam arti satu folder untuk satu kelas 19. Hasil karye siswa dapat dimasukkan dalam folder portofolio, hasil tersebut merupaka hasil karya yang telah lolos dari seleks i berdasarkan __ A. kriteria tertentu B. kebijakan guru C. keinginan siswa D. kebijakan sekolah __
Solusi
Jawaban
**12. Asesmen alternatif dalam penilaian pembelajaran digunakan karena tes tertulis tidak mampu mengukur kemampuan siswa sesuai dengan __**C. keadaan yang sebenarnya**13. Proses belajar tidak akan pernah berakhir, karena apa yang telah kita pelajari harus selalu disesuaikan dengan keadaan yang selalu berubah (context--dependent). Pendapat ini dikemukakan oleh __**C. Wittrock**14. Informasi yang diperoleh melalui asesmen alternatif memiliki arti penting untuk remediasi, karena mampu memberikan informasi tentang __**A. kemampuan anak secara individual**15. Salah satu pertanyaan yang dapat membantu guru pada saat mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan siswa dan keterampilan mengerjakan tugas adalah __**(Pertanyaan ini tampaknya tidak lengkap atau terpotong, sehingga sulit untuk memberikan jawaban yang tepat tanpa informasi lebih lanjut.)**17. Pak Mardi ingin menyusun suatu rubrik menilai kemampuan kelas satu secara terinci, mulai dari cara anak memegang pensil, duduk sampai hasil tulisannya. Jenis pedoman penilaian yang dimaksud termasuk rubrik __**B. analitik**18. Folder yang merupakan tempat penyimpanan hasil karya siswa harus disusun __**A. secara individual, setiap siswa memiliki satu folder**19. Hasil karya siswa dapat dimasukkan dalam folder portofolio, hasil tersebut merupakan hasil karya yang telah lolos dari seleksi berdasarkan __**A. kriteria tertentu