Pertanyaan
Seorang guru akan mengajarkan Kompetensi Dasar (KD) aspek keterampilan berikut dalam pembelajaran. ''4.3. "Melalui mengamati objek dan menyimak penjelasan guru tentang cara menggambar, siswa dapat menggambar bunga menggunakan pensiri warna dengan benar' Pertanyaan. a. Sebutkan 5 kriteria rumusan tujuan pembelajaran yang tepat! b. Berikan dan tuliskan penilaian Anda tentang rumusan tujuan pembelajaran di atas beserta lebih dari 1 alasan penilaian tersebut!
Solusi
Jawaban
a. 1. Spesifik 2. Terukur 3. Relevan 4. Fleksibel 5. Berorientasi pada siswab. 1. Spesifik: Rumusan tujuan pembelajaran ini spesifik karena menjelaskan secara jelas apa yang harus dicapai oleh siswa, yaitu menggambar bunga menggunakan pensil warna dengan benar. 2. Terukur: Tujuan ini terukur karena dapat dinilai dengan melihat hasil gambar bunga yang dibuat oleh siswa. 3. Relevan: Tujuan ini relevan karena sesuai dengan kurikulum dan membantu siswa mengembangkan keterampilan menggambar. 4. Fleksibel: Tujuan ini fleksibel karena dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. 5. Berorientasi pada siswa: Tujuan ini berorientasi pada siswa karena fokusnya adalah pada kemampuan siswa untuk menggambar bunga.
Penjelasan
a. Kriteria rumusan tujuan pembelajaran yang tepat meliputi:1. Spesifik: Tujuan pembelajaran harus jelas dan spesifik, sehingga siswa mengetahui apa yang harus dicapai.2. Terukur: Tujuan pembelajaran harus dapat diukur keberhasilannya, misalnya melalui tes atau observasi.3. Relevan: Tujuan pembelajaran harus relevan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.4. Fleksibel: Tujuan pembelajaran harus cukup fleksibel untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan siswa.5. Berorientasi pada siswa: Tujuan pembelajaran harus berfokus pada siswa dan kebutuhan mereka.b. Penilaian terhadap rumusan tujuan pembelajaran di atas:1. Spesifik: Rumusan tujuan pembelajaran ini spesifik karena menjelaskan secara jelas apa yang harus dicapai oleh siswa, yaitu menggambar bunga menggunakan pensil warna dengan benar.2. Terukur: Tujuan ini terukur karena dapat dinilai dengan melihat hasil gambar bunga yang dibuat oleh siswa.3. Relevan: Tujuan ini relevan karena sesuai dengan kurikulum dan membantu siswa mengembangkan keterampilan menggambar.4. Fleksibel: Tujuan ini fleksibel karena dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.5. Berorientasi pada siswa: Tujuan ini berorientasi pada siswa karena fokusnya adalah pada kemampuan siswa untuk menggambar bunga.