Pertanyaan

4 Ber Jasarkan illustras And re, Binar da in Citra, a. Jelaskar kecer lasa n majemuk yang Ar ida temuk an pada Andre Binar dan Citr serta ielaskan alasan Anda me nilih kecerda san majemuk tersebut! b. Buatlah Ra ncanga n Program P embelaja aran Harian (RPPH) d apat me ningkatke an kecerdasan majemuk an akl Dal har is mengal ndung unsur: iden titas R PPH (KE lompok,ha ri/tanggal, waktu), Indikat or/tujuan pe mbels jaran, Kecerda san yang dikemban gkan, Tema dan materi, Ke giatan pen belaja ran (pembuk aan,int istirah at dan pe nutup), Media dan s umber belajar, Penilaian Lasesmen.

Solusi

Terverifikasi Ahli
4.2 (276 Suara)
Rashika master ยท Tutor selama 5 tahun

Jawaban

****a.** Kecerdasan majemuk yang ditemukan pada Andre Binar dan Citra meliputi kecerdasan analitis dan kreatif, sosial dan emosional, serta teknis dan fleksibilitas. Kecerdasan ini dipilih karena memungkinkan pendekatan yang lebih komprehensif dalam pembelajaran.**b.** Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH) untuk meningkatkan kecerdasan majemuk siswa mengandung unsur-unsur seperti identitas RPPH, indikator/tujuan pembelajaran, kecerdasan yang dikembangkan, tema dan materi, kegiatan pembelajaran, media dan sumber belajar, serta penilaian/latihan.

Penjelasan

****a. Kecerdasan Majemuk**Kecerdasan majemuk adalah kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis kecerdasan secara bersamaan untuk menyelesaikan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks Andre Binar dan Citra, kita dapat melihat beberapa aspek kecerdasan majemuk:1. **Analitis dan Kreatif:** Andre mungkin memiliki kemampuan analitis yang kuat, memungkinkan dia untuk memecahkan masalah dengan logika dan pemikiran kritis. Sementara itu, Citra mungkin lebih kreatif, mampu melihat peluang dan menciptakan solusi inovatif.2. **Sosial dan Emosional:** Kedua individu ini mungkin juga memiliki kecerdasan sosial dan emosional yang baik, memungkinkan mereka untuk bekerja sama dengan orang lain dan mengelola emosi dengan efektif.3. **Teknis dan Fleksibilitas:** Mereka mungkin memiliki keterampilan teknis yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan alat dan teknologi dengan baik, serta fleksibilitas untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah.**Alasan Memilih Kecerdasan Majemuk:**Memilih kecerdasan majemuk karena pendekatan ini memungkinkan kita untuk memahami dan mengembangkan berbagai aspek kecerdasan yang dimiliki oleh individu. Ini membantu dalam merancang program pembelajaran yang lebih komprehensif dan efektif.**b. Rancangan Program Pembelajaran Harian (RPPH)****Identitas RPPH:**- **Kelompok:** Kelompok kelas X- **Hari/Tanggal:** Senin, 10 Oktober 2023- **Waktu:** 08.00 - 15.00**Indikator/Tujuan Pembelajaran:**- Meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar matematika.- Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis.- Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerja sama tim.**Kecerdasan yang Dikembangkan:**- Kecerdasan analitis dan kreatif.- Kecerdasan sosial dan emosional.- Kecerdasan teknis dan fleksibilitas.**Tema dan Materi:**- **Tema:** Pemahaman Konsep Dasar Matematika- **Materi:** Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat**Kegiatan Pembelajaran:**- **Pembukaan:** Sesi orientasi dan pengenalan materi.- **Intisirah:** Diskusi kelompok dan latihan soal.- **Penutup:** Ringkasan materi dan evaluasi.**Media dan Sumber Belajar:**- Buku teks matematika.- Slide presentasi.- Aplikasi pembelajaran online.**Penilaian/Latihan:**- Quizzes dan tes harian.- Tugas kelompok dan individu.- Observasi langsung oleh guru.**2.